Posts

Showing posts from April, 2020

Resep Sate Telur Puyuh Bumbu Kacang yang Lezat dan Mudah Dibuat Tak Sampai Satu Jam ala Bunda Enny

Image
Puyuh Bumbu Kacang Resep Ala @mrs.wijaya (IG) Bahan : 500 gr telur puyuh, rebus kupas 500 ml air 1 sdm fibercreme 2 lbr daun jeruk angka 8 20 gr gula merah sisir Garam secukupnya Tusuk sate secukupnya Bumbu Halus: 2 bh cabe merah besar 25 cabe rawit / sesuai selera 5 siung bawang putih goreng/sangrai 50 gr kacang tanah goreng/ sangrai Cara: Dalam wajan, masukkan semua bahan kecuali tusuk sate, koreksi rasa! Masak sambil sesekali diaduk hingga bumbu meresap kedalam telur dan kuah menyusut tinggal nyemek2, angkat! Tusuk telur puyuh menggunakan tusuk sate, letakkan diatas piring! Siramkan bumbu diatasnya. Sajikan..!!

Resep Ikan Pindang Bumbu Sambal Merah, Pedasnya Mantap..!!

Image
Ikan Pindang Bumbu Sambal Merah (3 porsi) Bahan-bahan : 6 Buah Ikan Pindang Secukupnya Minyak Goreng Bumbu Halus : 5 Siung Bawang Merah 3 Siung Bawang Putih 3 Buah Cabai Merah Besar 3 Butir Kemiri 6 Buah Cabai Rawit 1 Buah Tomat Kecil Secukupnya Garam & Gula Langkah : Bersihkan Ikan Pindang dan buang kepala nya. Panaskan minyak goreng. Goreng Pindang sampai matang tapi jangan terlalu kering Haluskan semua bumbu tadi, tambahkan gula dan garam secukupnya. Tumis bumbu sampai harum dan tambahkan air sedikit saja. Cicipi bumbu hingga terasa sedap. Masukkan pindang yang sudah di goreng ke dalam bumbu. Masak sampai matang. Pindang Masak Merah siap dihidangkan. Selamat mencoba 'n menikmati 😘

Resep Sambal Goreng Tahu Krecek Lezat dan Pedasnya Menggoda Pake Banget

Image
SAMBAL GORENG TAHU KRECEK By. @lilyminarosa (IG) Bahan : 1 bungkus besar kerupuk kulit/krecek (ga tau brp buah/gram, beli di tkg sayur uda bungkusan) 10 bh tahu coklat, siram air panas, potong2 1 ikat kcg panjang, potong2 2 lbr daun salam Sejempol lengkuas geprek 8 lbr daun jeruk sobek2 2 bks kecil santan kara (130 ml) 1 sdm gula merah sisir Secukupnya rawit merah utuh Secukupnya garam, gula, lada, royco ayam sedikit Bumbu Halus : 5 btr bwg putih 10 btr bwg merah 5 btr kemiri sangrai/goreng 3 bh cabe merah besar 1 sdm ebi sangrai/goreng kering Cara Memasak : Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan gula merah sisir, lengkuas, daun salam, daun jeruk, tumis lagi sampai wangi Masukkan air, santan, garam, gula, lada, kaldu bubuk, aduk rata, masukkan krupuk kulit dan cabe rawit, masak sampai krupuk kulit/krecek empuk! Masukkan potongan tahu dan kacang panjang, masak lagi sebentar sampai meresap.  Koreksi rasa, sajikan..!!

Resep Kwetiau Goreng yang Enak, Sangat Praktis untuk Dicoba

Image
KWETIAU GORENG By, @debbie_ariesthea (IG) Bahan : 250 gr Kwetiau basah 1 btr Telur 5 bh Bakso ikan, iris 1 btg Daun bawang, iris 1 bh Tomat kecil, potong2 3 siung bawang putih, cincang halus 1 sdm Kecap asin Secukupnya Kecap manis, garam, kaldu jamur dan lada Minyak untuk menumis Cara Memasak : Seduh kwetiau dengan air panas kemudian tiriskan. Panaskan minyak, lalu tumis bawang putih hingga harum, masukkan potongan bakso.  Masukkan telur, buat orak arik. Masukkan kwetiau lalu tambahkan potongan tomat, kecap asin, kecap manis, garam, kaldu jamur dan lada secukupnya, aduk rata dan cepat sambil api kompor dibesarkan, koreksi rasa.  Terakhir masukkan daun bawang. Aduk kembali. Angkat dan siap disajikan.

Resep Cimol Basah/Cimol Bojot Enak dan Kenyal

Image
CIMOL BASAH/CIMOL BOJOT by, @wawawiati Bahan Cimol : 200 g tepung kanji/tapioka untuk adonan 50 g tepung kanji/ tapioka untuk cadangan kalo adonan kelembekan 50 g terigu 2 siung bawang putih dihaluskan  1/2 sdt garam /2 sdt kaldu bubuk  1/4 sdt merica  300 ml air  Bahan Taburan : 5 siung bawang putih dicincang halus, lalu goreng dg minyak secukupnya,sampai berwarna kuning keemasan  Bubuk cabe halus  bisa pakai merk aida  Bubuk cabe kasar  bisa pakai boncabe  Bubuk penyedap rasa bisa pakai royco, bumbu atom bulan dll. Cara Memask : Campur  terigu, garam, kaldu bubuk dan 200 g tepung kanji. Sisihkan!!! Masak air dan bawang putih sampai mendidih. Matikan api lalu langsung tuang air panas sedikit demi sedikit ke dlm campuran tepung.  Sisihkan tepung yg telah terkena air panas ke tepi wadah lalu tuang lg dibagian tepung yg masih kering, sisihkan lg.  Lanjutkan sampai air panas habis dan semua tepung tersiram rata. Aduk rata.  Biarkan dulu sampai tdk terlalu pa

Resep Mac & Cheese Super Yummy dan Mudah Dibuat Ala Koki Profesional

Image
MAC and CHEESE By, @susie.agung (IG) Bahan : 150 gram macaroni 4 lembar smoked beef, potong dadu 3 buah jamur kancing, iris tipis 2 sdm butter 80 gram keju cheddar parut 50 gram keju mozarella 300 ml susu cair plain 2 sdm tepung terigu 1/2bawang bombay, cincang halus 1 sdt parsley cincang Secukupnya garam, gula & lada bubuk . Cara Membuat: Didihkan air, beri sedikit garam, masukkan macaroni, rebus macaroni sampai matang, angkat & tiriskan. Panaskan butter dalam wajan, masukkan bawang bombay, tumis sampai wangi, masukkan smoked beef dan jamur, aduk sebentar hingga rata. Masukkan tepung terigu, aduk sampai rata, tuangi susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai rata, bumbui garam, gula dan lada bubuk, aduk rata. Masukkan keju cheddar parut & mozarella, aduk rata, masukkan macaroni, aduk hingga rata, matikan api! Sajikan segera dengan taburan parsley cincang.

Resep Tahu Gejrot Pedasnya Nyegerin Super Enak

Image
TAHU GEJROT⁣ by, @susan_mellyani⁣ (IG) Bahan-Bahan : Secukupnya tahu ponk⁣ 3 keping gula merah⁣ 1 sdt garam⁣ 1 1/2 sdm kecap manis⁣ 1 jempol asam jawa⁣ 400 ml air⁣ Bumbu Ulek Kasar :⁣ 6 siung bawang merah⁣ 2 siung bawang putih⁣ 15 buah cabe rawit ijo⁣ Langkah Memasak :⁣ Campur gula, air, garam, kecap manis, asam jawa, didihkan di panci hingga gula larut dan agak kental, angkat lalu saring dan biarkan suhu ruang⁣! Campurkan bahan yg di ulek kasar td ke larutan gula yg sdh dingin tadi, aduk rata⁣!!! Potong2 tahu ponk lalu susun di piring saji,siram dgn kuahnya. Sajikan!!! πŸ‘

Resep Puding Coklat Lapis Enak dan Sederhana

Image
Puding Coklat Lapis ⁣⁣ Lapisan Pertama⁣⁣ Bahan : 1 bgks besar nutrijell coklat ⁣⁣ 50 gr dcc⁣⁣ 2, 5 gelas air⁣⁣ Secukupnya gula (sesuai selera)⁣⁣ 1 sdm maizena (larutkan dgn sedikit air)⁣⁣ Cara Membuat : Di rebus bareng kec. maizena yg di masukin sesaat sebelum mendidih sambil di aduk terus⁣⁣ Tuang ke cetakan Bekukan ⁣⁣!!! Lapisan Kedua⁣⁣ Bahan : 1 bungkus agar2 swallow⁣⁣ 2,5 gelas air⁣⁣ 100 gr dcc⁣⁣ 3 sdm coklat bubuk (larutkan dgn sedikit air hangat) ⁣⁣ 2-3 putih telur (mikser dgn 2 sdm gula halus sampai berjambul)⁣⁣ Secukupnya gula⁣⁣ Sejumput garam⁣⁣ Cara Membuat⁣⁣ : Campur agar2, gula dan garam, Aduk2, tambahkan air, dcc dan larutan coklat ⁣⁣ Didihkan sambil di aduk⁣⁣ Angkat, diamkan sebentar⁣⁣ Masukkan sedikit demi sedikit ke putih telur, sambil kocok perlahan⁣⁣ Tuang ke atas puding nutrijell⁣⁣ Bekukan⁣⁣!!!

Resep Ebi Furai Renyah, Tidak Melengkung dan Warnanya Bikin Menggoda

Image
Ebi Furai By @lysa_tangkulung Semangat bikinnya karena incess suka banget sama udang kalau di goreng . Ini pakai 3 lapisan baluran . Lapisan 1 lapisan kering dulu supaya nanti pas di celup ke lapisan basah ( lapisan 2 ) lebih nempel , lapisan ke 3 cuma breadcrumbs Lysa beli yg ada warna orangenya biar bagus warnanya pas di goreng ya. Bahan lapisan A : 150 gr tepung terigu segitiga/kunci 1/2 sdt garam 1/2 sdt lada 1 sdt penyedap rasa ( kaldu jamur) * Di aduk rata! ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Bahan lapisan B : 200 gr tepung terigu segitiga/kunci 1 sdt garam 1 btr telor 1 sdt lada 1 sdt penyedap rasa ( kaldu jamur) 200 ml whipping cream 150-175 ml air putih * Diaduk rata ya adonan harus kental biar udang keliatan gede . ⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Bahan lapisan C : Breadcrumbs secukupnya (Pilih yg ada warna orange biar keliatan bagus warnanya pas di goreng ya ) ( Tepung roti mix merek J food ). ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Caranya : Udang di bersihkan sisakan ekornya cuci bersih.Potong

Resep Sandwich Egg Crabstick Simple Tapi Paling Sedapp

Image
SANDWICH EGG CRABSTICK by, @idebekal (IG) Bahan : 5 biji telur 10 batang crabstik 1/2 cawan mayonis Lada putih Seasoning/cukup rasa Langkah : Cuci bersih telur (suhu ruang bukan dari dalam peti ais) Rebus air hingga mendidih. Masukkan telur, masak selama 5 minit. Kalau nak yolk yang lagi cair, masak 4 minit. Tutup api, biarkan telur didalam periuk selama 5 minit lagi. Kemudian buang air panas, bilas dengan air paip. Kupas dan lenyekkan. Celur crabstick seketika, keringkan air lenyekkan bersama telur. Masukkan mayonis, banyak ikut suka. Sukatan diatas hanya sebagai rujukan. Perisakan dengan lada putih dan seasoning/cukup rasa atau garam. Sapukan roti dengan butter, letak inti telur tadi. Potong tepi-tepi roti, siap!

Resep Ayam Woku Mudah dan Bumbunya Meresap, Maknyusss!!!

Image
Assalamu’alaikum Wr. Wb. Entah kenapa pagi ini mamak mager sekali, jangankan nyiapin bahan dan bumbu untuk persiapan maksi, masak untuk sarapan juga belum πŸ™ˆ. Tanda-tanda apa ini sodara? Ya udah deh mau posting ini aja dulu, sapa tau abis ini jadi rajin πŸ€ͺ. ____________________________________________ AYAM WOKU by, @susie.agung (IG) Bahan : 1/2 ekor ayam kampung muda (potong sesuai selera) 2 ikat kemangi (petiki daunnya) 5 lembar daun jeruk purut (iris halus) 2 tangkai daun bawang (potong kasar) 1 lembar daun pandan (potong kasar) 1 lembar daun kunyit, iris halus 2 batang serai (memarkan) 1 buah tomat, potong kasar 1 buah jeruk nipis (ambil airnya) Secukupnya garam,gula & minyak goreng Bumbu Ulek Kasar : 7 butir bawang merah 4 siung bawang putih 8 buah cabe merah keriting 2 butir kemiri sangrai 10 buah cabe rawit merah & hijau (bs ditmh/dikurangi sesuai selera) 1 ruas jahe 1 cm kunyit  Cara Membuat : Cuci bersih ayam, lumuri air jeruk

Keripik Pisang Renyah Gurih, Simple dan Murah Meriah

Image
Keripik Pisang Renyah Gurih 😍 Bahan : 1 sisir pisang kepok yang masih hijau 1 sdt kapur yang telah direndam bersama 1 liter air bersih Garam halus secukupnya Minyak goreng secukupnya Cara Membuat : Kupas semua pisang lalu iris tipis sesuai dengan selera Anda. Setelah itu rendam pisang kedalam air kapur selama 1 jam, lalu angkat dan cuci hingga bersih. Kemudian taburi pisang dengan garam hingga rata, lalu diamkan selama 10 menit. Berikutnya goreng pisang pada minyak yang sudah dipanaskan hingga matang dan garing.  Keripik pisang siap dijadikan cemilan!

Resep Sosis Bakar Enak, Gurih Buat Cemilan Anak di Sore Hari

Image
Cemilan yang pasti Anak Anak doyan nih.. Dari pada beli yuk buat sendiri moms.. . SOSIS _BAKAR By @echi_raffani2016 (IG) Bahan Bahan : 5 bh sosis Ayam premium 2 sdm kecap manis 2 sdm Saos tomat 1 sdm saos sambel 1 sdm fibercreme 1 sdt bawang putih bubuk 1/4 merica bubuk 1 sdm Saos tiram 1 sdm Margarin Langkah : Campur semua bahan aduk rata, lalu balurkan ke sosis yang sudah dikrat krat! Panggang sosis sambil diolesi sisa bumbunya.  Bolak balik sampai matang dan sajikan.

Resep Okra Udang Bumbu Merah, Bikin Nambah!!

Image
OKRA UDANG BUMBU MERAH by, @dhiahoddie (IG) Bahan : 200 gr okra, rebus 200 gr udang 1 batang serai, geprek 2 lbr daun jeruk 2 lbr daun salam 1 ruas lengkuas 1 sdm Royco Kaldu Ayam Gula dan garam secukupnya Bumbu Halus : 6 siung bawang merah 5 siung bawang putih 4 buah cabe merah 5 buah cabe rawit 1 ruas jahe 1 sdm ebi kering Cara Membuat : Tumis bumbu halus, serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas hingga harum, beri sedikit air. Masukkan udang, gula, garam dan Royco Kaldu Ayam, masak sampai udang matang. Tambahkan okra, aduk sebentar, angkat dan sajikan.

Resep Bolu Bumbu Spekuk Enak, Wangi Cocok Banget Buat Temen Ngopi

Image
Bolu bumbu spekuk, biasanya bolu ini dicetak diloyang, tapi karena lagi males moles2 loyang akhirnya mamak tuang aja di paper cup , praktis gak perlu dipotong2 juga, hehehe... Bolu ini rasanya enak dan wangi sekali karena memakai bumbu spikuk, buat temen ngopi cocok banget selama #dirumahaja. BOLU BUMBU SPEKUK by, @susie.agung (IG) Bahan : 3 butir telur 75 gram gula palem 1/2 sdt cake emulsifier 50 ml santan kental (me: kara) 125 gram tepung terigu 1 sdt bumbu spekuk Taburan : Secukupnya almond/kenari cincang Secukupnya keju parut Cara Membuat : Kocok telur, gula palem dan cake emulsifier hingga mengembang. Masukkan tepung terigu dan bumbu spekuk sambil diayak, aduk balik sampai rata.  Masukkan santan, aduk rata. Masukkan kedalam cetakan yang sudah dioles margarin dan ditaburi terigu (me paper cup), taburi atasnya dengan parutan keju dan irisan almond/kenari. Panggang dlaam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 170 darcel selama 30 menit

Resep Klepon Labu Kuning, Manisnya Bikin Ngiler!!

Image
Minggu lalu beli labu kuning, awalnya kepikiran untuk bikin kolak, tapi ingat di kulkas masih punya sisa kelapa parut sisa bikin ongol-ongol, akhirnya berubah haluan jadi bikin klepon aja. Ini enak banget deh, hasilnya lembut & sedikit kenyal, jadi makin legit berpadu dengan gula merah yang lumer.. πŸ‘Œ Klepon salah satu kue tradisional favorit mamak sejak kecil, selalu jadi oleh2 yang ditunggu kalau emak pulang dari pasar 😍. ________________________________________________ KLEPON LABU KUNING by, @Susie.agung (IG) Bahan-bahan : 500 gram labu kuning (tanpa kulit) 250 gram tepung ketan putih 1 sdt garam Isian : Secukupnya gula merah, potong2 Taburan: 1/2 butir kelapa setengah tua, parut 1 lembar daun pandan, potong2 Sejumput garam Cara membuat : Kukus labu kuning sampai matang, angkat lalu haluskan dengan garpu, sisihkan. Campur kelapa parut dengan garam dan pandan, remas2 lalu kukus 15 menit, angkat dan sisihkan. Campur labu halus dengan tepung ketan,

Resep Bakmi Goreng Mudah, Lezat Bikinan Kedai Kaki Lima

Image
Masak yg praktis2 lagi nih teman2, olahan mie memang jadi pilihan disaat malas masak yg ribet, bisa dibikin goreng ato kuah. Kali ini saya bikin bakmi dengan bahan sederhana aja tambahannya, yuk langsung menuju ke resep dulu, barang kali bisa buat ide menu sarapan teman-temen. Bakmi Goreng by, @luis_widarto (IG) Bahan-bahan : 100 gr mie telur pipih 1 butir telur, kocok lepas 6 buah bakso sapi, iris bulat 7 lembar daun sawi, iris kasar 2 batang seledri, rajang kasar 1 batang daun bawang, rajang kasar 3 sdm kecap manis 1 sdm kecap asin 1/2 sdt merica bubuk Garam dan kaldu bubuk secukupnya 3 sdm minyak goreng untuk menumis Bawang merah goreng untuk taburan Bumbu halus : 6 siung bawang merah 3 siung bawang putih 2 butir kemiri Cara membuat : Rebus mie pakai air mendidih sebentar saja sampai lemas, tiriskan. Panaskan minyak, masukkan telur kocok buat orak arik kasar, sisihkan dipinggir wajan, masukkan bumbu halus, tumis sampai harum. Selanjutnya tambahka

Resep Mie Tek Tek Spesial Rumahan Enak dan Mudah Bikinnya

Image
Mie Tek Tek by, @uminyanada.kitchen (IG) Bahan-bahan : 1 bungkus mie burung dara, rebus, sisihkan 1 butir telur 2 buah sosis, potong-potong 1 buah tomat, potong-potong 5 cabe rawit merah 2 lembar sawi putih, iris 1 batang daun bawang, iris 1 sdt Kecap manis 2 sdm Saos sambal 1 sdm Saos tomat Gula, garam, kaldu jamur, merica, bubuk cabe secukupnya. Air secukupnya Bumbu halus : 5 buah cabe merah keriting 6 buah cabe rawit merah 3 siung bawang merah 1 siung bawang putih Cara membuat : Tumis bumbu halus sampai matang dan wangi, masukan telur kemudian orak-arik. Masukan saos sambal, saos tomat, kecap manis. Aduk rata. Tambahkan air kemudian masukan mie, sayur, sosis, cabe dan bumbu-bumbu.  Aduk rata, masak sebentar, koreksi rasa, angkat dan sajikan.

Resep Roti Pizza Mini Homemade, Dijamin Empuk dan Lezat

Image
Roti Pizza Mini by, @wrkitchen (IG) Bahan-bahan : 180 gr tepung cakra 70 gr tepung segitiga 10 gr susu bubuk 35 gr gula pasir 5 gr fermipan 1 kuning telur 140 ml air dingin 1/2 sdt garam 45 gr butter Topping : Sosis, bayam, saos spaghetti, bawang bombay dan mozarella atau keju leleh. Cara membuat : Campur bahan kering. Lalu masukkan kuning telur, dan air sedikit-dikit. Uleni hingga kalis. Masukkan garam dan butter. Uleni kalis elastis. Diamkan 45 mnt. Sementara itu siapkan toppingnya. Kempiskan adonan dan bagi jd 15 bagian (sekitar 30-an gr), bulatkan dan diamkan 10 menit. Tekan adonan pake tangan sampai ketebalan yg diinginkan. Oleskan saos dan topping sesuai selera. Diamkan lagi 15-20 menit. Panggang suhu 190-200°C sampe matang.

Resep Woku Telur Bulat yang Enak dan Sederhana

Image
WOKU TELOR BULET by @andinskitchen (IG) Bahan-bahan : 6 butir telur rebus *goreng Secukupnya garam dan kaldu bubuk Secukupnya kemangi *petik Secukupnya air jeruk nipis 200 ml air Bumbu Daun : 1/2 lembar daun kunyit 2 batang serai *geprek 3 lembar daun jeruk 1 lembar daun pandan 2 lembar daun salam Bumbu halus : 2 buah cabai merah besar *boleh skip 5 buah cabai merah keriting 6 buah cabai rawit merah 7 siung bawang merah 4 siung bawang putih 1 buah tomat ukuran sedang 1/2 sdt kunyit bubuk 1/2 sdt lada bubuk Langkah membuat : Tumis bumbu halus dan bumbu daun hingga harum dan matang.  Masukkan air lalu didihkan.  Masukkan telur, garam, dan kadu bubuk.  Masak hingga bumbu meresap dan air menyusut. Masukkan daun kemangi lalu aduk rata.  Beri air jeruk nipis kemudian koreksi rasa.  Sajikan..!!

Resep Tahu Sosis Saos Tomat, Cepat dan Gampang Buatnya, Lezat dan Terlihat Mewah Pula

Image
TAHU SOSIS SAOS TOMAT by, @andinskitchen (IG) Bahan-bahan : 4 buah sosis *potong potong 2 buah tahu putih besar *potong potong 7 siung bawang putih *geprek 1 sdm tepung sagu (bisa maizena) *larutkan asal larut Secukupnya daun bawang Bahan II : 2 sdm kecap manis 2 sdm gula pasir 4 sdm saos tomat 1/2 sdm kecap asin 300 ml air Secukupnya garam Secukupnya kaldu bubuk Langkah membuat : Tumis bawang putih hingga harum dan matang. Masukkan bahan 2 lalu didihkan. Masukkan tahu dan sosis lalu masak hingga matang dan meresap.  Koreksi rasanya lalu masukkan larutan maizena.  Aduk hingga mengental! Sajikan dengan irisan daun bawang.

Resep Cumi Hitam Bumbu Kunyit Gurih, Enak Banget dan Tidak Alot

Image
Karena pakai kunyit untuk menghilangkan bau amis, jadi warna cumi gak hitam pekat seperti biasa saya masak cumi hitam. Ini bumbunya lain yaa, baru. Ini rasanya gurih karena pakai ketumbar juga. Btw.. ini sengaja dimasak kering dan gak pakai tambahan air soalnya cumi sudah mengeluarkan air saat dimasak. Alot? Nggak lah. Kepalanya uda ilang πŸ˜‚ aku makananin. CUMI HITAM BUMBU KUNYIT by, @andinskitchen (IG) Bahan-bahan : 500 gram cumi *cuci tanpa membuang tintanya Sesuai selera cabai rawit hijau Secukupnya garam Secukupnya gula Secukupnya kaldu bubuk Bumbu halus : 5 siung bawang putih 8 siung bawang merah 1/2 sdr ketumbar bubuk 1/2 sdt kunyit bubuk Bumbu daun : 2 lembar daun salam 4 cm jahe *geprek Langkah memasak : Tumis bumbu halus dan bumbu daun hingga harum dan matang. Masukkan cumi lalu aduk hingga cumi berubah warna.  Saat cumi mengeluarkan air, masukkan cabai, garam, gula, dan kaldu bubuk. Tekan2 perut cumi agar keluar tintanya.  Masak terus hi

Resep Dorayaki Khas Madu Filling yang Lembut, Empuk dan Mulus

Image
Assalamualaikum Wr. Wb. Met pagi teman semua.. 😘😘 yuukk sarapan.. Bikin dorayaki dengan khasnya taste madu filling pasta kacang merah. DORAYAKI Recook by, @aniktriwina (IG) Bahan-bahan : - 2 butir telur - 75 gr gula kastor - 1 sdm madu - 130 gr tepung protein rendah - 50 ml susu cair/ bisa air biasa - 1/2 sdt baking soda - 3 sdt air tambahan Bahan Isian : - Pasta kacang merah (resep pasta kacang merah lain kali saya share) Cara membuat : Kocok telur dng whisk tambahkan gula dan madu aduk hingga gula larut Larutkan baking soda dlm susu cair kemudian tuang ke adonan telur dan gula, tambahkan tepung secara bertahab sambil diayak, aduk rata jng over mix. Diamkan 30 menit tutup dng plastik/kain Setelah 30 menit tambahkan 3 sdt air agar tidak terlalu kentalPanaskan teflon tanpa oles apapun, tuang dng ukuran sesuai selera, masak hingga kecoklatan pada kedua sisi. Ambil 1 lembar kulit dorayaki taruh isian lalu taruh 1 kulit lg rekatkan.  Sajikan. Tips : Sete

Resep Mie Bogor Kuah Merah Lengkap, Segar, Mudah dan Lezat

Image
MIE BOGOR KUAH MERAH by, @andinskitchen (IG) Bahan-bahan : 500 gr daging *potong dadu Secukupnya kaldu bubuk Secukupnya garam 1,5 liter air Bumbu halus : 12 siung bawang merah 8 siung bawang putih 1 sdt lada bubuk 5 butir kemiri 1/4 sdt pala bubuk 4 buah cabai merah besar Bumbu daun : 12 lembar daun jeruk 6 lembar daun salam 3 batang serai *geprek 7 cm jahe kupas *geprek 5 cm lengkuas *geprek Bahan Risol Bihun : Secukupnya kulit lumpia siap pakai 150 gr bihun jagung *seduh dengan menambahkan sedikit minyak, tiriskan 5 siung bawang merah 3 siung bawang putih 1 batang daun bawang iris 1 butir telur kocok *perekat Secukupnya lada bubuk Secukupnya kaldu bubuk Pelengkap : Kol iris Toge mentah Tomat potong Daun bawang iris Seledri iris Kecap manis Bawang goreng Emping Sambal rawit rebus Jeruk limau Mie basah *krn gak ada jd pakai mie inul pipih seduh setengah mateng aduk pakai sedikit minyak goreng Langkah Soto : Pada panci presto

Resep Ayam Paprika, Inspirasi Hidangan Ayam yang Mudah dan Lezat

Image
AYAM PAPRIKA by, @andinskitchen (IG) Bahan-bahan : 6 potong paha ayam yang sudah diungkep *goreng setengah kering 1 buah paprika besar *buang bijinya lalu potong2 5 siung bawang putih *geprek 1/2 buah bawang bombay ukuran sedang *potong Secukupnya garam Secukupnya kaldu bubuk 1 sdm maizena *larutkan dengan air secukupnya Bumbu cair : 1 sdm kecap manis 1 sdm saos tomat 1,5 sdm saos lada hitam 1 sdm gula pasir *boleh tambah 250 ml air Langkah memasak : Tumis bawang putih hingga harum dan matang.  Masukkan bumbu cair lalu didihkan. Masukkan ayam, beri garam dan kaldu bubuk. Aduk rata lalu masukkan paprika. Aduk sebentar. Masukkan larutan maizena. Aduk hingga mengental dan koreksi rasanya.  Terakhir masukkan bawang bombay.  Aduk sebentar, matikan api, dan sajikan.

Resep Sup Krim Sosis dan Jagung, Sehat dan Praktis. Anak Zaman Now Pasti Suka!!

Image
SUP KRIM SOSIS DAN JAGUNG by, @andinskitchen (IG) Bahan-bahan : 5 buah sosis *iris 2 buah jagung *sisir 8 sdm susu bubuk full cream dilarutkan dengan 1 liter air 3 sdm terigu Secukupnya garam Secukupnya kaldu bubuk Secukupnya oregano Bumbu : 1/2 buah bawang bombay ukuran sedang *cincang 5 siung bawang putih *cincang Langkah membuat : Tumis bumbu hingga harum dan matang kecoklatan.  Masukkan sosis dan jagung. Aduk hingga jagung matang.  Masukkan terigu lalu aduk rata. Masukkan susu lalu didihkan. Beri garam dan kaldu bubuk.  Jika teman2 pakai keju silakan masukkan cream cheese atau keju parutnya. Aduk rata sampai mendidih dan agak mengental.  Koreksi rasanya.  Sajikan dengan taburan oregano. Note : Teman2 kalau mau tambahin cream cheese atau keju parut silakan ya.. atur jumlahnya sesuai selera. Aku gak pake soalnya si kembar alergi keju. Teman2 bs ganti larutan susu bubuk dengan 1 liter susu uht full cream.

Resep Pangsit Goreng Ayam Renyah, Lezat dan Praktis ala Restaurant Mewah

Image
PANGSIT GORENG AYAM by, @andinskitchen (IG) Bahan Kulit : Kulit pangsit / kulit lumpia siap pakai Telur kocok untuk perekat Bahan Isi : 160 gram daging ayam tanpa tulang tanpa kulit 4 sdm tepung tapioka 1 sdt garam 1 sdt gula pasir 100 ml air es 1 butir telur 1 sdt minyak wijen 1/4 sdt kaldu bubuk 3 siung besar bawang putih Secukupnya lada bubuk 1 batang daun bawang *iris Langkah : Pada food processor, masukkan semua bahan isi kecuali daun bawang. Proses hingga halus seperti pasta.  Tempatkan pada wadah berisi irisan daun bawang, aduk rata.  Koreksi rasa dengan menggoreng sedikit adonan. Masukkan 1 sdt adonan ke dalam kulit pangsit atau kulit lumpia.  Lipat sesuai kemampuan anda dan lem dengan telur.  Goreng hingga kering dan renyah.  Sajikan..!!

Resep Gulai Ikan Belimbing Wuluh, Bumbunya Meresap Menggoda Banget

Image
Gulai Ikan Belimbing Wuluh by, @lusiaa_vv (IG) Bahan-bahan : 450 gram ikan tenggiri 5 sendok mkn FiberCreme 450 air Bumbu halus : 8 buah cabe keriting 7 butir bawang merah 3 siung bawang putih 2 cm kunyit(bakar) 2 cm jahe 3 butir kemiri(sangrai) Bumbu lain : 12 buah belimbing wuluh (belah dua) 3 cm lengkuas (geprek) 1 lembar daun kunyit 3 lembar daun salam 1 btng serai (memarkan) Secukupnya : Garam, penyedap rasa, gula dan minyak goreng Cara memasak : Cuci bersih ikan lalu kucuri air jeruk kunci diamkan sebentar lalu bilas. Tumis bumbu halus,daun kunyit,daun salam dan lengkuas dengan sedikit minyak sampai harum. Lalu tuang air dan masukan FiberCreme aduk aduk sampai mendidih baru masukan ikan masak sampai air menyusut baru masukan belimbing wuluh. Bumbui garam, penyedap rasa dan sedikit gula. Aduk rata lalu tes rasa bila sudah pas asem, asin, pedes gurihnya. Angkat dan sajikan..!!

Resep Kwetiau Nyemek Pedas Segar, Mudah dan Spesial

Image
KWETIAW NYEMEK PEDES Oleh: @banususanto (IG) Bahan: 400 gr kwetiaw basah 2 butir telur, diorak arik 250 gr fillet ayam, iris tipis 1 bonggol pak choy, potong-potong 1 tangkai daun bawang, iris 1 buah tomat, potong-potong 5 buah bakso sapi, iris 2 sdm minyak wijen 2 sdm kecap ikan Minyak untuk menumis 600 cc kaldu ayam 2 buah jeruk limau 1 sdm gula pasir Lada halus, garam secukupnya Bumbu dihaluskan: 8 siung bawang merah 5 siung bawang putih 4 buah cabe merah besar 1 buah tomat 15-20 buah cabe rawit merah Pelengkap: Bawang merah goreng, acar, kerupuk Cara Memasak: Tumis bumbu halus hingga harum, setelah harum masukkan ayam, bakso, dan telur orak arik. Masak hingga ayam berubah warna. Masukkan kaldu ayam, didihkan.  Setelah mendidih masukkan kwetiaw, pak choy, tomat, dan daun bawang.  Tambah kecap ikan, minyak wijen, gula, garam, dan lada halus. Masak hingga sayuran layu, cicipi dan koreksi rasa. Matikan api, tambahkan perasan jeruk limau.  Sajikan selagi masih panas bersama bahan peleng

Resep Nastar Keju Lembut dan Empuk Anti Gagal

Image
NASTAR KEJU By.@lisna_lisnawati71 (IG) Bahan : ------------ 450 gr tepung terigu segitiga biru 200 gr Mentega blue band 100 gr margarin palmia 3 butir kuning telur 100 gr gula halus 100 gr tepung maizena 2 sdm muncung susu bubuk 1/2 sdt vanili bubuk Bahan untuk Olesan : -------------------------------- 2 butir kuning telur 2 sdm minyak goreng Sedikit pewarna makanan Kuning Telur Bahan Isian : ---------------------- Selai Nanas Topping : --------------- Keju Kraff parut secukupnya Cara Membuatnya : ------------------------------- Kocok : Telur, Mentega, margarin, susu bubuk, gula halus dan vanili bubuk hingga tercampur rata Masukkan Tepung terigu dan tepung maizena yang telah di ayak sedikit demi sedikit,aduk dengan spatula hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan Siapkan loyang, olesi dengan mentega tipis² Ambil sedikit adonan, bentuk bulat dan pipihkan, tengahnya beri isian selai Nanas,lalu tata adonan di loyang, lakukan hingga adonan habis Oles dengan bahan olesan, lakukan hin

Resep Donat Lonjong Keju Basic Donat Cocok untuk Pemula So Simple dan Empuk

Image
Membentuk donatnya pake cetakan oval. Banyak yang kritis, klo donat emang mestinya di cetak, dan gak pake dirounding rounding kayak bikin roti. Klo pendapat mak Ayoe pribadi , mau pake metode apapun silahka yang penting happy sama hasilnya. So simple.. Ini aku pake resepnya basic Donat ( tanpa kentang ) Resep Donat Lonjong Keju by @ayoe_widya83 (IG) Bahan A : 200 gr tepung protein tinggi ( cakra , komachi , cakra emas , hime dll ) 50 gr tepung protein sedang ( segitiga biru , bola salju dll ) 35 gr gula pasir  butiran halus 15 gr susu bubuk 4 gr ragi instant  1  kuning telur ( 20 gr )   +/- 125 gr air es Bahan B : 30 gr butter / margarine 3 gr  garam  Cara : Campur bahan A uleni hingga kalis, lalu masukkan bahan B, uleni hingga elastis .  Bulatkan. Istirahatkan adonan 30 menit ( tutup dgn plastik wrap / mangkok )! Gilas adonan pake rolling pin ( bukan ditinju ya )  buang gasnya.  Bulatkan lagi.  Istirahatkan lagi 15 menit hingga adonan rilex.   Kemudian gilas /pipihkan lagi hingga kete

Resep Indian Beef Curry Mudah, Mewah Ala Restaurant

Image
INDIAN BEEF CURRYπŸ₯˜⁣⁣ By. @eunice_euston⁣⁣ (IG) Oh iya Bunda tolong kasih penilaian masakan ini ya nilai 1 - 10 yaaaa πŸ™πŸ˜πŸ˜⁣ Bahan :⁣⁣ ☘500 gr daging sengkel sapi( daging sapi biasa juga bole), potong dadu⁣⁣ ☘1 buah tomat(haluskan)⁣⁣ ☘3 sdm bumbu Indian Curry ☘6 buah rawit merah⁣⁣ ☘2 sdm daun ketumbar segar(potong2)⁣⁣ ☘garam, penyedap jamur secukupnya⁣⁣ ☘air matang secukupnya⁣⁣ ☘Secukupnya minyak untuk menumis⁣⁣ ☘1 sdm daun ketumbar segar(potong2 )⁣⁣ ⁣⁣ Bumbu halus ( haluskan kecuali daun salam):⁣⁣ ☘10 butir bawang merah⁣⁣ ☘3 siung bawang putih⁣⁣ ☘2 cm jahe⁣⁣ ☘6 buah cabe kriting merah⁣⁣ ☘2 lbr daun salam⁣⁣ ⁣⁣ Cara Memasak :⁣⁣ Rebus sebentar daging sengkel di dalam air yang sudah mendidih..angkat tiriskan⁣⁣ Tumis bumbu halus sampai wangi ... lalu masukkan tomat yg sdh dihaluskan.. tumis sebentar sampai wangi.. lalu masukkan daging sengkel..aduk rata⁣⁣ Kemudian masukkan Bubuk Indian Curry aduk rata.. masak sebentar. Tambahkan air secukupnya kira2 melewati permukaan daging ⁣⁣ Tambahkan

Resep Telur Balado Enak dan Sederhana

Image
TELUR BALADO by Susie.agung (IG) Bahan: 7 butir telur ayam 2 lembar daun jeruk 1 sdm gula merah, sisir 1 sdt penyedap jamur Secukupnya garam dan lada bubuk . Bumbu Halus: 8 butir bawang merah 3 siung bawang putih 1/2 buah tomat 15 cabe merah keriting 2 cabe merah besar 1 sdt terasi matang Cara Membuat: Rebus telur lalu kupas, goreng sebentar dalam minyak panas sampai berkulit, sisihkan. Tumis bumbu halus sampai wangi, tambahkan daun jeruk, aduk rata masukkan gula merah, kaldu jamur, garam dan lada bubuk, aduk2 sampai bumbu matang, tuangi sedikit air dan biarkan mendidih. Setelah mendidih masukkan telur, kecilkan api, masak sampai bumbu meresap, matikan api,  Sajikan!!!

Resep Lodeh Rebung dan Tahu Mudah, Nikmat yang Selalu Banyak Penggemarnya

Image
Assalamu’alaikum.... Masih musim hujan ya jadi masih banyak rebung di pasar atau di tukang sayur. Mumpung musim mamak suka beli, biasanya dibuat sayur ataupun isian lumpia. Nah kali ini rebungnya mamak masak lodeh campur tahu, ini enak banget, apalagi dibikin agak pedes MasyaAllah nikmat banget πŸ‘. Pokok e jangan lodeh ndeso gini favorit mamak banget πŸ₯°_______________________________________________ LODEH REBUNG & TAHU by Susie.agung (IG) Bahan: 500 gram rebung 5 lonjor kacang panjang, potong2 6 buah tahu pong goreng, potong2 800 ml santan (dari 1/2 butir kelapa) 3 lembar daun salam 3 lembar daun jeruk 10 cabe rawit utuh 4 buah cabe hijau keriting, iris serong 1 ruang lengkuas, memarkan 1/2 sdt kaldu jamur Secukupnya garam dan gula merah . Bumbu halus: 8 butir bawang merah 4 siung bawang putih 3 butir kemiri, sangrai 1 sdm ketumbar, sangrai 1 ruas kencur 5 buah cabe merah keriting 10 buah cabe rawit (sesuai selera) 3 cm kunyit, bakar Cara Membuat: Ambil bagian rebung yang muda saja

Resep Rendang Daging Mudah, Empuk, Gurih dan LEzatt

Image
Assalamu’alaikum... Dagingnya segar, sudah dipotong2 dan dikemas praktis, sangat memudahkan mamak untuk langsung eksekusi. Rendang ini cocok banget untuk stock lauk karena tahan lama, bikin agak banyak sekalian lalu dibekukan di freezer, tinggal di angetin kalau mau dikonsumsi. _______________________________________________________ RENDANG DAGING by Susie.agung (IG) Bahan: 1 kg daging sapi, iris2 agak tebal 3 butir kelapa, parut 2 liter air kelapa 2 batang serai, memarkan 5 lembar daun jeruk 3 lembar daun salam 2-3 lembar daun kunyit 1 ruas lengkuas, memarkan 3 butir cengkeh Secukupnya garam & gula . Bumbu Halus: 100 gram bawang merah 5 siung bawang putih 100 gram cabe merah keriting 1 sdm ketumbar 1 ruas jempol jahe 1/4 buah pala 1/4 sdt jinten Cara Membuat: Peras kelapa parut dg air kelapa, ambil kentalnya saja (Jgn skip air kelapa karena itu rahasia supaya dagingnya cepat empuk & manis gurih alami meski tanpa penyedap). Didihkan santan, masukkan bumbu halus, lengkuas, daun

Resep Roti Telur Praktis dan Lezat, Anti-Gagal Banget

Image
Assalamu’alaikum... Ini foto roti untuk sarapan anak2 sebelum berangkat sekolah minggu lalu, sekolah terakhir sebelum sekolah diliburkan. Menu sarapan begini paling disukai anak2, dicocol saus tomat atau saus sambal tambah sedap πŸ‘. _______________________________________________ ROTI TELUR PRAKTIS Bahan: 8 lembar roti tawar 4 lembar daging asap 4 lembar keju slice 1 bungus kecil kornet sapi 1/2 buah bawang bombay, cincang kasar 1 buah tomat, buang bijinya, cincang kasar Secukupnya saus sambal & mayonaise 3-4 butir telur Secukupnya margarin Cara Membuat: Tumis bawang bombay dengan sedikit minyak sampai wangi, masukkan kornet dan tomat , aduk sebentar, matikan api, sisihkan. Olesi satu sisi roti dengan margarin, sisihkan. Kocok lepas telur, bumbui garam & lada bubuk, masukkan tumisan kornet kedalam kocokan telur, aduk rata. Panaskan wajan anti lengket, tuangi sedikit minyak, tuangi 1 sendok sayur telur, biarkan sebentar! Letakkan 2 roti tawar diatas telur, balik lalu tata selemb

Resep Sambal Bajak Telur Puyuh Terlihat Lezatnya Banget Bund

Image
Assalamu’alaikum.... Baru seminggu anak2 belajar    #dirumahaja , tapi mamak sudah susah bedain antara weekdays atau weekend, semua hari terasa sama sekarangπŸ˜…. Semoga wabah #covid_19 ini segera teratasi dan keadaan kembali normal seperti sediakala, aamiin... Ini sambal bajak, tapi karena males ngulek sampai halus akhirnya bumbunya masih terlihat kasar begitu, tapi rasa tetap sama enaknya kok. Kalau bikin ini enaknya pakai kentang mini/kentang cherry yg kecil2 itu ya, tapi kalau gak ada pakai kentang biasa juga okeπŸ‘Œ ________________________________________________ SAMBAL BAJAK TELUR PUYUH Bahan: 20 butir telur puyuh rebus, kupas 250 gram kentang cherry (me: kentang biasa) 1 papan pete, kupas, belah 2 2 lembar daun salam 2 batang serai, memarkan 2 cm lengkuas, memarkan Bumbu Halus: 3 buah cabe merah besar 50 gram campuran cabe rawit & cabe keriting merah 8 butir bawang merah 4 siung bawang putih 1/2 sdt terasi 1 sdm gula merah Secukupnya garam Cara Membuat: Kupas kentang, cuci bers

Resep Soto Ayam Sederhana dan Lezat. Buat Menggoda Selera Makan di RumahAja

Image
Assalamu’alaikum.... Mumpung pada ngumpul  #dirumahaja  , bikin soto ayam spesial yuks buat keluarga. Salah satu masakan rumahan yang banyak dijual diluaran, bikin sendiri tentu lebih hemat dan puas makannya. Jangan lupa pakai ayam kampung untuk rasa yang lebih mantullll ya πŸ‘ ____________________________________________ SOTO AYAM by Susie.agung (IG) Bahan: 1 ekor ayam kampung muda, belah 4 500 gram ceker, bersihkan 2 batang serai, memarkan 5 lembar daun jeruk 2 batang daun bawang, potong kasar 2 litet air Garam, gula & lada bubuk secukupnya Bumbu Halus: 12 butir bawang merah 6 siung bawang putih 3 butir kemiri 2 cm jahe 2 cm kunyit 2 cm kencur 1 sdt merica butiran  Pelengkap: Soun, seduh air panas lalu tiriskan Kentang, potong tipis lalu goreng kering 5 lembar daun kol, iris kasar Toge, seduh air panas, tiriskan Bawang merah goreng Seledri, iris halus Sambal rawit Cara Membuat: Didihkan air dalam panci, masukkan ceker, beri 2 lembar daun salam dan seiris jahe, rebus sampai matang,

Resep Ongol-ongol Hunkwe untuk Pengganjal Lapar di RumahAja

Image
Assalamu'alaikum Kemarin iseng bikin ongol ongol hunkwe, maklum  #dirumahaja    bawaannya laper mulu, jadi tiap hari musti muter otak untuk bikin ini-itu, secara hiburan paling menyenangkan sekarang ini adalah makan πŸ˜†. Alhamdulillah ongol ongol ini laris manis, duo bujang ngabisin sepiring penuh dalam waktu sekejap mata 😁. ______________________________________________ ONGOL ONGOL HUNKWE by susie.agung (IG) Bahan: 1 bungkus tepung hunkwe (120 gram) 200 gram gula merah, sisir 800 ml air 2 lembar daun pandan Sejumput garam Taburan (semua bahan dikukus): 1/2 butir kelapa setengah tua 1 lembar daun pandan Sejumput garam  Cara Membuat: Rebus air bersama gula merah dan 2 lembar daun pandan sampai gula larut, angkat, saring lalu dinginkan. Campur tepung hunkwe dengan air rebusan gula, nyalakan api, aduk sampai adonan mengental, angkat, tuang dalam loyang yang sudah dilapisi plastik, biarkan mengeras. Setelah mengeras potong2 sesuai selera, baluri kelapa parut yang sudah dikukus sampai r

Resep Semur Jengkol Pedas, Empuk, Mudah dan Gak Bau Buat Jadi Good Mood

Image
Biar gak makin suntuk  #dirumahaja   makan semur jengkol aja yuks, kali aja jadi good mood πŸ˜πŸ˜„ _____________________________________________ SEMUR JENGKOL PEDAS by susie.agung (IG) Bahan: 300 gram jengkol tua 6 butir bawang merah, iris tipis 1 buah tomat, potong kasar 2 lembar daun salam 5 sdm kecap manis (sesuai selera) 1 sdm gula merah, sisir 1 gelas air  Bumbu Halus: 3 siung bawang putih 2 butir kemiri 10 buah cabe merah keriting 10 cabe rawit (skip bila gak suka pedas) 1/2 sdm ketumbar 1 sdt merica butiran 1/4 buah pala Sejumput jinten Cara Membuat: Cuci jengkol, belah lalu rebus dengan air cucian beras sampai empuk ( tujuannya untuk menghilangkan bau menyengat pada jengkol). Setelah jengkol empuk angkat, bilas dengan air bersih bila perlu, tiriskan lalu memarkan. Tumis bawang merah iris sampai matang kecoklatan, masukkan bumbu halus, tomat dan daun salam, aduk rata sampai bumbu matang! Masukkan jengkol, tuangi air, biarkan mendidih lalu masukkan garam, gula merah dan kecap manis,

Resep Egg Roll Mudah, Krekes Cocok untuk Penghuni Toples Sajian Lebaran

Image
Assalamu'alaikum... Akhir-akhir ini  #dirumahaja   setiap buka IG nuansa bulan Ramadhan makin terasa, segala iklan sarung, sirup, biskuit, obat magg dan gak lupa aneka resep kue kering juga mulai ramai berseliwran di explore. Biar makin rame mamak ikutan nambahin lah, share resep egg rolls yang cucok banget jadi penghuni toples untuk sajian lebaran nanti. Ini bikinnya mudah banget, yang penting telaten karena musti dipanggang satu persatu. Ohya, banyak yang tanya cetakannya seperti apa dan beli dimana, nah sebenarnya cetakannya mudah didapat dipasar2 tradisional atau TBK kok, bilang aja cetakan kue semprong insyaAllah penjualnya udah paham πŸ˜‰. _______________________________________________ EGG ROLL by susie.agung (IG) Bahan A: 4 butir telur 1 sdt emulsifer 130 gram gula pasir 20 gram cheddar parut Bahan B (aduk rata): 150 gram tepung serbaguna 2 sdm tapioka/sagu 1 sdm susu bubuk 1/4 sdt vanili bubuk 1/2 sdt baking powder Bahan C: 100 gram butter/margarin , di cairkan Cara Membuat:

Resep Semur Daging Cincang Kentang Mudah, Legit, Menggiurkan! Pemecah Bingung Menu Masakan Hari Ini

Image
SEMUR DAGING CINCANG by susie.agung (IG) Bahan: 300 gram daging sapi giling 2 buah kentang (kupas, potong kotak, rendam aor) 2 buah tomat ukuran besar (potong dadu) 1 buah bawang bombay (iris tipis) 1/4 buah pala (parut) 1 sdm saus tiram 2 sdm saus tomat 2 sdm kecap manis Garam & gula secukupnya 1 sdm margarin untuk menumis Bumbu Halus: 2 siung bawang putih 1 sdt merica butiran Cara Membuat: Goreng kentang hingga matang kecoklatan, angkat, tiriskan, sisihkan. Panaskan margarin, tumis bumbu halus sampai wangi, tambahkan bawang bombay, aduk2 sampai layu, masukkan daging cincang, aduk sampai berubah warna! Masukkan kentang, bumbui garam, pala parut, gula, saus tiram, saus tomat & kecap manis, aduk rata, tuangi 1,5 gelas air, masak sampai air menyusut. Setelah air menyusut tambahkan tomat, aduk2 sampai layu, tes rasa, bila sdh pas matikan api, pindah kemangkuk saji, taburi bawang goreng! Sajikan segera.

Resep Asinan Buah Segar dan Mudah Banget. Cocok untuk Kumpul Keluarga di RumahAja

Image
ASINAN BUAH by susie.agung (IG) Bahan: 1 buah nanas 2 buah mentimun 2 buah bengkuang 1/2 buah pepaya mengkal 5 buah salak Secukupnya kacang tanah goreng untuk taburan Kuah: 1 liter air 4 cabai merah besar 10 cabai merah keriting 130 gram gula pasir (sesuai selera) 2 sdt garam 3 sdm air jeruk nipis/lemon/cuka Cara Membuat: Kupas semua buah-buahan, potong2 lalu sisihkan. Blender cabai dengan sebagian air, tuang dalam panci , nyalakan api, tambahkan gula dan garam, biarkan mendidih dan gula larut, matikan api dinginkan. Setelah dingin masukkan air jeruk nipis/lemon/cuka, aduk rata, siramkan ke buah potong sampai terendam semua, diamkan dikulkas minimal 3 jam. Sajikan asinan buah dengan taburan kacang tanah goreng.

Resep Selar Balado yang Enak, Garing Kriuk2 dan Gurih

Image
Dua hari yang lalu mamak masak ikan selar balado, ini enak banget, garing kriuk2 dan gurih. Ditemani nasi anget dan tumis kangkung udah klop banget rasanya apalagi untuk temani  #dirumahaja    πŸ‘. ______________________________________________ SELAR BALADO By susie.agung  (IG) Bahan: 500 gram ikan selar segar 1 sdm gula merah, sisir 1 sdt penyedap jamur Secukupnya garam Bumbu Halus (Ulek Kasar): 8 butir bawang merah 3 siung bawang putih 15-20 cabe merah keriting 5 cabe rawit (optional)  Cara Membuat: Bersihkan ikan dari kotorannya, cuci bersih, beri perasan jeruk nipis, diamkan 10 menit, cuci kembali lalu tiriskan. Bumbui sedikit garam & lada bubuk, diamkan 10 menit, goreng dalam minyak panas sampai kering, sisihkan! Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan gula merah, kaldu jamur dan garam, aduk2 sampai bumbu matang. Masukkan ikan goreng, aduk cepat sampai bumbu rata, angkat, sajikan!!!

Resep Mangut Lele Enak, Pedas Gurih-Agak Manis

Image
Assalamu'alaikum Masak apa hari ini? Mamak cuma masak lele goreng lalapan untuk anak2 dan mangut lele buat mamak & paksu. Gak masak lainnya demi menghemat stok bahan di kulkas biar gak bolak-balik keluar untuk belanja  #dirumahaja  . Mangut lele adalah menu wajib kalau mamak main ke rumah pakde/bude yang tinggal di daerah Prambanan Jateng sana, cita rasanya pedas, gurih dan agak manis, biasanya yang dipakai lele asap, tapi pakai lele goreng juga enak. Bumbunya sangat sederhana khas bumbu kampung, tapi justru selalu bikin kangen. _______________________________________________ MANGUT LELE by susie.agung (IG) Bahan: 500 gram ikan lele segar, siangi (boleh ganti lele asap) 500 ml santan (dari 1/2 butir kelapa) 1 buah jeruk nipis 10 cabai rawit utuh 2 lembar daun salam 1 ruas lengkuas, memarkan 1 sdm gula merah, siair 1 sdt kaldu jamur Secukupnya garam Secukupnya minyak untuk menggoreng . Bumbu Ulek Kasar: 7 butir bawang merah 4 siung bawang putih 8 cabai merah keriting 6 cabai raw

Resep Pindang Ikan Gurame Simpel Segar untuk Sepanjang Hari

Image
Pindang Ikan Gurame Source @susie.agung (IG) BAHAN: 2 ekor ikan gurame ( bersihkan sebersih2nya😁 potong jadi 3 bagian ) 2 batang sereh geprek 2 ruas jahe geprek 2 ruas lengkuas geprek 2 ruas kunyit geprek 5 siung bawang putih geprek( sesuaikan selera, berhubung sy suka bawput, jdi banyakin ) 5 siung bawang merah iris2 2 lembar daun salam 2 lembar daun jeruk 7 buah cabe rawit 1 buah cabe merah besar potong serong 2 buah tomat ( potong2 ) 2 ikat daun kemangi, petik daunnya saja Garam secukupnya Gula pasir secukupnya Air putih ( dikira2 aja agar semua ikan terendam ) CARA MEMASAK: Tumis bawang putih & bawang merah hingga harum, kemudian masukkan sereh, lengkuas, jahe, kunyit, daun salam & daun jeruk. Tambahkan air putih beri garam & gulpas sambil koreksi rasa masak hingga mendidih kemudian masukkan ikan gurame, tomat & cabe. Setelah ikan matang, matikan api & tambahkan daun kemangi. Siap disajikan πŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ™

Resep Gulai Ikan Tongkol Gurih, Mudah dan Enak Buatan Rumahan

Image
GULAI IKAN TONGKOL Made by @novita._.sari (IG) 🐟Bahan : 1 ekor ikan cakalang (aku punya berat 700 gram ) 2 lembar daun salam 1 batang serai, geprek 3 lembar daun jeruk , sobek'' 1 ruas lengkuas, geprek 1 sachet santan kara 900 ml air putih 3 sdt Kaldu jamur (sesuaikan selera masing" ya) Minyak goreng 🐟Bumbu halus : 10 butir bawang merah 3 siung bawang putih 15 buah cabe merah - 5 buah cabe rawit merah 3 buah kemiri (sangrai terlebih dahulu) 2 ruas kunyit 1 ruas jahe 🐟Cara Membuat : Cuci bersih ikan yg telah dibuang kotoran nya, beri jeruk air jeruk nipis & garam lalu diamkan 15 menit'an Lalu goreng ikan sampai matang / setengah matang (sesuai selera) Dalam wajan panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus, serai, daun salam, lengkuas & daun jeruk, masak sampai harum dan matang.  Masukkan air & santan aduk rata. Masukkan ikan cakalang & kaldu jamur, masak sambil diaduk-aduk kuahnya (jangan terlalu kuat nanti ikan hancur) aduk sampai bumbu meresap dan kuah

Resep Sop Oyong Soun Mudah, Cepat dan Sehat

Image
SOP OYONG SOUN @masakanfavorit_ By @susan_mellyani (IG) __________________ BAHAN: 3 buah oyong muda,kupas potong bulat 2 buah wortel potong2 1 bungkus kecil soun seduh air panas 10 buah bakso sapi 10 buah telur puyuh kupas 1 tangkai daun bawang, seledri potong kasar Gula, garam secukupnya Kaldu bubuk secukupnya Bawang goreng 1,5 liter ai Bumbu Halus: 3 siung bawang putih 2 siung bawang merah 1/2 sdt merica butiran LANGKAH: Didihkan air di panci,masukan wortel,tumis bumbu halus hingga harum,masukan ke panci, aduk rata! Beri gula, garam, kaldu bubuk! Setelah wortel empuk masukan telur puyuh, bakso dan oyong,aduk rata dan biarkan semua matang dan koreksi rasanya Jika rasa sdh pas,matikan api, masukan soun, daun bawang dan seledri, sajikan dgn taburan bawang goreng!!!

Resep Keripik Singkong Kukus Balado HomeMade Lebih Aman untuk Temani di RumahAja

Image
Keripik Singkong Kukus Balado By @susan_gracia (IG) Bahan : 1 kg singkong Gula pasir secukupnya Garam secukupnya 1 sdm air asam jawa Bumbu Balado (Haluskan) : 5 cabai merah keriting 10 cabai rawit merah 3 siung bawang putih  Caranya : Cuci bersih singkong dan kelupas kulitnya. Cuci kembali sampai benar-benar bersih yaa. Potong seukuran sekitar 4ruas, kemudian kukus selama 30 menit. Biarkan sampai dingin. Iris tipis-tipis lalu goreng hingga kering. Tumis bumbu halus hingga bumbu wangi lalu tambahkan air asam jawa.  Masak hingga mengental, kemudian matikan api kompor, lalu masukan keripiknya, aduk rata. Biarkan dingin, simpan dalam toples.

Resep Asinan Limau Mangga Enak, Segar dan Mudah. Liatnya Bikin Madeg di Tenggorokan

Image
ASINAN LIMAU MANGGA by : @tsaniwismono (IG) Bahan : 3 buah mangga (pilih yang mengkal tapi sudah kuning), kupas, potong-potong 1 gelas air (200ml) 1/2 gelas gula pasir (110gram) 3 buah jeruk limau, peras airnya 5 buah cabe merah keriting 2 buah cabe rawit merah 1/2 sdt garam Cara Membuat : Uleg kasar cabe dan terasi dengan sebagian air, sisihkan.  Didihkan sisa air, tambahkan gula sampai larut, masukkan cabe uleg, masak sampai mendidih kembali, matikan api, dinginkan.  Tambahkan garam dan perasan jeruk limau, koreksi rasa.  Rendam irisan mangga dalam kuah asinan, simpan dalam lemari es selama 1 jam atau semalaman.  Nikmati di siang hari yang panas... Seger banget πŸ˜‹πŸ˜‹