Posts

Showing posts with the label Resep Ayam

Resep Ayam Woku Mudah dan Bumbunya Meresap, Maknyusss!!!

Image
Assalamu’alaikum Wr. Wb. Entah kenapa pagi ini mamak mager sekali, jangankan nyiapin bahan dan bumbu untuk persiapan maksi, masak untuk sarapan juga belum πŸ™ˆ. Tanda-tanda apa ini sodara? Ya udah deh mau posting ini aja dulu, sapa tau abis ini jadi rajin πŸ€ͺ. ____________________________________________ AYAM WOKU by, @susie.agung (IG) Bahan : 1/2 ekor ayam kampung muda (potong sesuai selera) 2 ikat kemangi (petiki daunnya) 5 lembar daun jeruk purut (iris halus) 2 tangkai daun bawang (potong kasar) 1 lembar daun pandan (potong kasar) 1 lembar daun kunyit, iris halus 2 batang serai (memarkan) 1 buah tomat, potong kasar 1 buah jeruk nipis (ambil airnya) Secukupnya garam,gula & minyak goreng Bumbu Ulek Kasar : 7 butir bawang merah 4 siung bawang putih 8 buah cabe merah keriting 2 butir kemiri sangrai 10 buah cabe rawit merah & hijau (bs ditmh/dikurangi sesuai selera) 1 ruas jahe 1 cm kunyit  Cara Membuat : Cuci bersih ayam, lumuri air jeruk

Resep Ayam Paprika, Inspirasi Hidangan Ayam yang Mudah dan Lezat

Image
AYAM PAPRIKA by, @andinskitchen (IG) Bahan-bahan : 6 potong paha ayam yang sudah diungkep *goreng setengah kering 1 buah paprika besar *buang bijinya lalu potong2 5 siung bawang putih *geprek 1/2 buah bawang bombay ukuran sedang *potong Secukupnya garam Secukupnya kaldu bubuk 1 sdm maizena *larutkan dengan air secukupnya Bumbu cair : 1 sdm kecap manis 1 sdm saos tomat 1,5 sdm saos lada hitam 1 sdm gula pasir *boleh tambah 250 ml air Langkah memasak : Tumis bawang putih hingga harum dan matang.  Masukkan bumbu cair lalu didihkan. Masukkan ayam, beri garam dan kaldu bubuk. Aduk rata lalu masukkan paprika. Aduk sebentar. Masukkan larutan maizena. Aduk hingga mengental dan koreksi rasanya.  Terakhir masukkan bawang bombay.  Aduk sebentar, matikan api, dan sajikan.

AYAM GORENG KETUMBAR. Berasa Aroma Ketumbarnya. Anak-anak Sukaaaa Sekali πŸ˜‹

Image
Ini moms, ayam goreng dengan versi berasa aroma ketumbarnya. Saya dan anak-anak sukaaaa sekali. Oiya, untuk menggoreng ayam ini agar tidak mudah gosong gunakan api kecil ya.. karena pada bumbunya ada menggunakan gula merah, makanya mudah sekali gosong. Kemudian versi ayam ketumbar ini tidak saya ungkep, hanya di marinasi selama 1 malam, keesokannya baru saya goreng, jadi bumbunya sudah resap ke dalam ayam. Enak deh.. Kalau diungkep dulu juga ini bakalan enak deh.. AYAM GORENG KETUMBAR By. @siska_dewi_lestari BAHAN : - 1kg ayam, potong-potong BUMBU : 7 siung bawang putih, parut 4 sdm ketumbar bubuk 4 sdm gula merah 1/2 bh jeruk nipis 2 sdm kecap asin 1 sdm garam (sesuaikan selera asinnya) 1 sdm tepung sagu CARA MEMBUAT : 1. Beri ayam dg perasan jeruk nipis, kecap asin, bawang putih, gula merah, ketumbar bubuk, garam dan tepung sagu. Aduk rata. Marinasi kemudian saya simpan di kulkas pd bagian chiller atas (saya selama 1 malaman). 2. Goreng pada minyak yg telah dipanaskan dg api kecil. G

KULIT AYAM KRISPI ALA KFC. Super Kranci. Enak Banget Buat Lauk

Image
Bagi para penggemarnya, kulit ayam kadang lebih disukai dibanding dagingnya sendiri. Terutama kulit goreng crispy yang renyah tapi empuk. Tapi ternyata bikin kulit ayam goreng ini gampang-gampang susah moms. Salah adonan atau salah bikin malah bisa bikin kulitnya alot atau keras. Nah, kalau mau bikin kulit ayam krispi ala KFC yang renyah dan empuk, monggo ikuti resep yang berikut ini aja ya: Kulit Ayam Krispi Ala KFC by Annisaa Hawarizmi Bahan Kulit: 500 g kulit ayam, bersihkan, keringkan dengan tisu. bumbu marinasi : kunyit bubuk, garam, lada bubuk, bawang putih haluskan. Campur jadi satu bumbu marinasi, remas2 bumbu marinasi ke kulit ayam. Diamkan dalam kulkas selama minimal 1 jam. (Supaya bumbu meresap) Tepung kering: 250 g tepung terigu protein tinggi Garam sesuai selera Kaldu jamur sesuai selera Lada bubuk sesuai selera 1 sdt baking powder DA 2 sdm tepung maizena Bahan Celupan: 150 ml air 2 sdm adonan tepung kering Cara: 1. Adonan kering: Campur jadi satu tepung kering, aduk rata.

Semua Orang Bisa Membuat Nugget Ayam Udang Super Lezat Ini

Image
Bisa dibilang, Nugget ini merupakan salah satu menu lauk yang wajib ada di kulkas rumah kita. Praktis banget, baik buat sekedar dijadikan camilan, atau dijadian lauk makan saat repot dan nggak sempat masak. Anak-anak juga biasanya suka banget sama nugget ini.  Tapi kalau bisa nuggetnya bikin sendiri ya. Karena kalau beli kita tidak tau kandungan dagingnya berapa banyak, juga kualitas daging dan tambahan kimia lain yang kita nggak tahu. Bikin nugget itu gampang kok moms, simak caranya berikut ini ya: Nugget Ayam Udang Bahan 350gr fillet ayam (giling/cincang halus) 15gr udang kupas (giling/cincang halus) 1 btg wortel (parut dgn parutan keju) 1 batang seledri (iris halus) 3 siung bawang putih (haluskan) 1/4 siung bawang bombay merah (haluskan) 1 sdt bubuk kari (boleh dilewati) 4 sdm tp maizena 1 sdm tp terigu 1 butir telur 50gr keju parut 1 sdt garam 1/2 sdt lada Bahan pelapis: Tepung terigu Putih telur Tepung panir Cara membuat: 1. Campur semua bahan, aduk rata, masukkan di loyang yang t

RESEP TONGSENG AYAM FAVORIT. Mantul Banget Rasanya

Image
Tongseng adalah hidangan berkuah seperti gulai, namun dengan rempah yang lebih kaya sehingga rasanya lebih kuat. Biasanya daging yang digunakan untuk bikin tongseng adalah daging kambing. Tapi kali ini kita mencobanya menggunakan daaging ayam. Ternyata uenaakk juga yah. Cocok buat mereka yang nggak doyan kambing. TONGSENG AYAM BAHAN : 1 ekor ayam uk 800 grm,sy potong jd 12 bagian, lalu ksh air jeruk nipis yg banyak,diamkan 15 mnt lalu cuci kembali 2 buah tomat,potong wedges Kol secukupnya,di iris kasar (sy pake 8 lbr) 2 batang daun bawang Cabe rawit merah utuh (sy pake 20 buah) 2 ruas lengkuas muda,memarkan 3 batang sereh,memarkan Kecap manis sesuai selera (sy pake 4 sdm) 1 bungkus kecil santan instan (uk 65ml) 2 lembar daun salam 7 lembar daun jeruk Garam & gula secukupnya 1,2 liter air kurang lebih Bawang goreng utk taburan BUMBU HALUS : 15 buah bawang merah 5 siung bawang putih 5 butir kemiri sanggrai 1 ruas kunyit,bakar dulu biar ga langu 1 ruas jahe 10 buah cabe merah keriting

Dagingnya Dihaluskan Dulu, Baru Dibikin Pepes Ayam. Tampilannya Unik, Rasanya Juga Asik. Ide Jualan Nih Moms

Image
Met pagi menjelang siang moms! Kali ini ada resep Pepes Ayam Yang Super nikmattt dari Dada.Tastes πŸ˜‹. Cara bikinnya unik dan menarik, hasilnya pun istimewaaa! Sambil bakar sambil comotttπŸ˜… selamat mencoba ya teman-teman πŸ™†‍♀️ Pepes Ayam By  @dada.tastes Bahan : 300 grm dada ayam 1 butir telur 1 lbr daun kunyit 3 lbr daun jeruk 50 ml santan Garam, kaldu bubuk dan gula secukupnya Bahan halus : 6 butir bawang bawang merah 4 siung bawang putih 2 btg serai 1 cm jahe 2 cm kunyit bakar 1 cm lengkuas 2 butir kemiri 1 sdt ketumbar 1 sdt jintan 8 bh cabai merah keriting 2 bh cabai rawit Cara membuat : 1. Haluskan daging ayam dan bumbu halus, sisihkan. 2. Panaskan minyak di wajan tumis bahan halus sampai wangi masukkan daun kunyit, daun jeruk, santan, garam, kaldu bubuk dan gula secukupnya, tumis hingga agak kering. 3. Angkat, campurkan ke dalam daging ayam yang telah di haluskan dan pecahkan sebutir telur. 4. Aduk sampai rata dan bungkus dengan daun pisang, lakukan sampai habis. 5. Kukus selama

Resep Kitchen Katsu Super Gampang, Kesukaan Anak-anak

Image
Ini dia salah satu menu paling mudah dan favorit anak² Mak. Aseliiiiikkk gampang banget bikinnya, mak. Pastikan ayamnya tipis sedang yaa, supaya matangnya sampe ke dalam. Dan bumbu rendaman bener2 meresap, jadi ga cuma garing kriuk, tapi jg gurihnya dapet. Tepung pelapis boleh diganti tepung bumbu serbaguna favorit maknya .. dan ayam ga harus dibelah 4, bisa dibelah jadi agak kecil sesuai porsi anak. Dan enjoy cooking maaaaakkk .. .. Chicken Katsu by @fridajoincoffee Bahan: 1 fillet dada ayam, belah 4 sama besar 3 siung bawang putih ½ sdt lada bubuk ½ sdt garam Bahan Tepung Pelapis: 5 sdm tepung terigu segitiga 1 sdm maizena ½ sdt bawang putih bubuk ½ sdt garam ½ sdt kaldu bubuk 1 butir telur, kocok lepas 125 gr tepung panir Cara Membuat: 1. Haluskan bawang putih, lada dan garam di cobek. Balurkan bumbu ke daging ayam, sambil digeprek2 daging ayamnya hingga tipis, tujuannya supaya ketika digoreng matang merata. Diamkan sampai 30 menit. 2. Campurkan tepung pelapis. Balur ayam dengan tep

AYAM KEMANGI BUMBU PEDASS. Walau Ga Laper, Pas Mateng Tetep Aja Nyiduk Nasi 2 Piring πŸ˜†

Image
Yang suka pedes mari merapat. Menu yang satu ini memang sulit dihindari. Buktinya kalo masak ini si suami yang katanya ngga laper pas mateng tetep aja nyiduk nasi 2 piring πŸ˜† . AYAM KEMANGI BUMBU PEDASS πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯ . Made by  @novita._.sari Bahan : 1 ekor ayam kampung potong 6 bagian atau sesuai selera, ungkep dengan bumbu ayam goreng, goreng jangan terlalu kering . 25 buah cabe rawit merah (boleh lebih boleh kurang, sesuai selera) 10 buah cabe merah keriting 13 siung bawang merah, iris tipis 8 siung bawang putih, 5iris , 3 haluskan 1 sachet terasi uk kecil (bakar) Segenggam kemangi, ambil daunnya 2 batang daun bawang, iris Garam , gula, bumbu kaldu instan secukupnya Air 150 ml Cara Membuat : 1. Ulek kasar cabai rawit merah, dan cabe merah keriting ,sisihkan. Haluskan 3 siung bawang putih dan terasi. 2. Tumis bawang merah dan bawang putih iris, hingga harum, lalu masukan cabe yg sudah di ulek kasar. Setelah harum dan matang, masukkan air, kemangi, daun bawang dan bumbu lainnya. Aduk lalu ko

Resep Serundeng Ayam Suwir. Cukup Tambah Nasi Anget, Anak-anak Makannya Lahap Banget

Image
πŸ‘‰Serundeng ayam suwir. Serundeng biasanya disangrai bersama ikan dan bumbunya hingga kering dan pastinya membutuhkan waktu yang lama, karena oma tidak ada waktu untuk berlama2 didapur jadi oma ambil jalan pintas, biar cepet kelapanya bunda goreng dulu, untuk rasanya kata anak2 enak, gini aja dimakan sama nasi anget pada lahap & nambah2😊. Yang mau coba monggo πŸ‘ --Serundeng Ayam Suwir-- Resep ala  @mrs.wijaya Bahan: 200 gr kelapa parut 500 gr dada ayam fillet 5 cm lengkuas geprek 3 lbr daun jeruk angka 8 2 btng serai memarkan 200 ml air 50 gr gula merah sisir 3 sdm air asam jawa Garam & penyedap jamur secukupnya Minyak goreng secukupnya Bumbu halus : 7 siung b.putih 9 siung b. merah 5 bh cabe merah besar 50 gr cabe rawit 1 sdm ketumbar 1 cm kunyit Cara : 1. Goreng kelapa parut dgn minyak secukupnya angkat tiriskan sisihkan 2. Rebus ayam dgn air secukupnya hingga empuk, angkat tiriskan lalu suwir2 dan sisihkan 3. Tumis bumbu halus beserta lengkuas, daun jeruk, serai, hingga har

Ayam Bakar Taliwang Dengan Bumbu Melimpah. Lezatnya Meresap ke Dalam

Image
Ayam taliwang ini emang ciri khasnya penuh bumbu yah, jadi pas dibakar bisa diolesi bumbu banyak-banyak. Ini enak, pas diungkep aja wangi bumbunya semerbak ke seisi rumah 😁. Apa lagi pas dibakar, bikin perut benar-benar ga sabaran pingin diisi 😣. Ayam Bakar Taliwang By @dada.tastes Bahan: 1 ekor ayam kampung 2 bh jeruk kunci/nipis 1 sdm kecap manis 100 grm gula merah sisir 3 lbr daun jeruk sobek2 2 btg sereh geprek 500 ml santan + air Garam secukupnya Timun iris Bumbu halus: 10 bh cabe keriting 3 bh cabe rawit 10 bh bawang merah 6 bh bawang putih 2 sdt terasi bakar 1 bh tomat 1 cm kencur Cara membuat: 1. Bersihkan ayam belah dua, marinasi ayam dgn jeruk kunci/nipis. 2. Panaskan minyak di wajan tumis bumbu halus, sereh geprek dan daun jeruk sampai wangi. 3. Masukkan ayam aduk rata. 4. Tambahkan santan, air, gula merah, kecap manis dan garam ungkep ayam. 5. Masak Ayam sampai empuk bumbu mengental. 6. Panggang bolak balik dgn grill pan sambil di olesi sisa bumbu tadi. 7. Angkat dan saji

Garang Asem Ayam Kampung. Seger Banget!

Image
Seger banget deh menu ini. Pakai belimbing wuluh bikin garang asem ini asem-asem segerrr. Bikin air liur menetes dan nafsu makan mengkat! hehe Bahan-bahan: 1/2 ekor ayam (saya potong jadi 5 bagian) Secukupnya air perasan jeruk nipis 500 ml air 4 sdt fiber creme / santan Secukupnya minyak goreng Bumbu Iris : 8 siung bawang merah 4 siung bawang putih 2 pcs cabe hijau besar 5 lcs cabe merah keriting 1 ruas lengkuas 1 ruas jahe 2 batang serai Bumbu Pelengkap : 5 pcs belimbing wuluh (iris) 5 pcs cabe rawit merah (utuh) 2 pcs tomat hijau 1 pcs tomat merah 5 lembar daun salam 3 lembar daun jeruk Secukupnya gula, garam dan kaldu bubuk rasa ayam (jika suka) secukupnya Daun pisang Cara membuat: 1. Kucuri ayam dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan sebentar. Bilas dengan air bersih 2. Rebus ayam sebentar hingga kotorannya keluar. Bersihkan kembali dengan dibilas air bersih. Sisihkan 3. Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu iris hingga harum 4. Masukkan ayam. Aduk rata 5. Tambahkan air. Masak hingg

Resep Pangsit Ayam + Udang. Mau Direbus atau Digoreng? Sama Enaknya!

Image
Hasil bikinan pangsit kemarin.. hihi 😁. Posting foto yang mentahnya aza ya.. Resep pangsit dari buku Easy Cook for Mom. Resepnya halal, No-MSG dan kids friendly. Kalian lebih suka pangsit rebus/ pangsit goreng? Nah resep ini bisa untuk bikin pangsit rebus maupun pangsit goreng.. Saya share resep pangsitnya ya.. ⭐️ Pangsit Goreng by @yunitaanwar ⭐️⁣ ⁣ Bahan:⁣ 150 g ayam giling⁣ 150 g udang kupas, cincang⁣ 1 sdm putih telur ayam⁣ 2 batang daun bawang, ambil putihnya, iris tipis⁣ 2 siung bawang putih, cincang halus⁣ 1 sdm tepung maizena⁣ 1 sdt minyak wijen⁣ 1 sdt gula pasir⁣ 1 sdt garam⁣ 1⁄2 sdt merica⁣ 25 lembar kulit pangsit, siap pakai⁣ Putih telur ayam (sisa bahan isi untuk merekatkan kulit pangsit)⁣ Minyak goreng untuk menggoreng⁣ Cara Membuat:⁣ Campur semua bahan kecuali kulit pangsit, aduk rata.⁣ Ambil satu lembar kulit pangsit, beri adonan isi. Lipat pangsit, rekatkan dengan putih telur supaya lipatannya tidak terbuka. Lakukan hingga adonan habis.⁣ Goreng pangsit dalam minyak yan

Ayam Goreng Pandan ala Thailand. Aroma dan Rasanya Istimewa!

Image
Punya stok daging ayam dan bingun mau dimasak apa? Cobain ayam goreng ala Thailand ini yuk! Dengan balutan pandan yang ikut digoreng, sensasi rasanya jelas beda dari ayam goreng biasanya. Yuk mak kita praktek buat kejutan menu makan di rumah πŸ˜ Kalau bisa, sebaiknya menggunakan fillet paha ayam biar hasilnya juicy dan cepet mateng pas digoreng. Ayamnya bisa disajikan bersama nasi uduk atau nasi liwet dan kremesan untuk supaya lebih mantap hehe. Bahan-bahan: 450 gr fillet paha ayam, potong jangan terlalu kecil/besar 2 bh akar ketumbar/cilantro, cacah halus (saya skip) 2 siung bawang putih, cincang halus 2 sdm kecap asin 2 sdm saus ikan (kecap ikan) 2 sdm saus tiram 1/4 sdt lada bubuk (tambahan dari saya) 1 sdm minyak wijen Secukupnya daun pandan Cara membuat: 1. Potong-potong ayam dan bersihkan. Mimi pakai sayap ayam yang di potong 2, ujungnya ga dipakai. 2. Tempatkan ayam di mangkok bertutup, beri semua bumbu2 dan aduk rata. Simpan di kulkas min 30menit. 3. Bungkus dengan daun pandan.

Pangsit Kuah Rumahan. Simple, Enak dan Segar! (plus foto step by step)

Image
Cek di kulkas cuma ada daging sedikit daging ayam dan udang secuil. enaknya dibikin apa ya? Tiba-tiba kepikiran bikin pangsit kuah, kebetulan ini memang makanan favorit suami sejak kecil. Langsung cuuss aja bikin. Untuk kulitnya bisa beli yang sudah jadi atau bikin sendiri seperti cara di sini . Hasilnya: Bergizi,lezat,praktis,bikinnya gampang banget,irit jadi banyak.. kemarin jadi sekitar 30 pdhl isian gedee gedee...soale kalo beli isinya mungil2 kurang mantap hahaha... Pangsit Kuah Rumahan by: Tintin Rayner Bahan-bahan: 200 gram Daging Ayam giling(bole ganti Sapi) 100 gram Daging Udang giling 1 batang Daun Bawang 2 siung Bawang putih,haluskan 1 sdm munjung Tepung Kanji 1 sdm Kecap Asin 1 sdm Minyak Wijen 1 sdm Saus Tiram Garam/Penyedap rasa Sedikit Gula Merica bubuk secukupnya 30 pc Kulit Pangsit kuah Bahan kuah : 1 Liter kaldu ayam 2 siung bawang putih (haluskan,tumis) Garam/Penyedap,Gula,Merica,sesuai selera Daun Bawang sesuai selera(iris tipis) Pelengkap : Sawi ijo/Pok Choy, Bawa