Posts

Showing posts with the label Kue Tradisional

Resep Wingko Babat Homemade. Gampang dan Anti Gagal!

Image
Ada yang sudah pernah bikin Wingko di rumah? Kita coba bikin sendiri yuk! caranya ternyata mudah kok. Camilan tradisional yang dikenal dengan sebutan Wingko Babat ini merupakan makanan khas tradisional Indonesia berbahan dasar tepung beras ketan, kelapa parut, dan gula. Biasa nya di kemas cantik dalam bentuk kecil2 sebagai oleh2 khas suatu daerah.. Khusus nya Lamongan. Ini resep dan cara bikinnya gampaang banget.. Dan anti gagal lohh, juga rasanya empuk gk keras.. Monggo di coba... WINGKO BABAT By Dhiah Oddie Bahan : 150 gr tepung beras ketan 200 gr kelapa parut setengah tua 150 ml santan/ air 100 gr gula pasir 1/2 sdt garam 1 sdt vanili Cara membuat : 1. Campur semua bahan, aduk rata. 2. Panaskan cetakan dengan api sedang, tuang 1 sdk sayur adonan. Tutup cetakan dan panggang sampai kecoklatan sambil sesekali di balik2. 3. Angkat dengan bantuan sendok. Dan wingko babat siap di sajikan. Sumber

RESEP BOLU KOJO LABU KUNING. LEMBUT, LEGIT, SUPER GURIH!

Image
Dari hasil baca-baca beberapa artikel mengenai makanan untuk anak-ana dan balita (mpasi), alah satu bahan makanan yang banyak direkomendasikan adalah labu kuning. Ternyata nilai gizi dan manfaat labu kuning ini sangatlah besar. Warna oranye pada labu kuning menandakan kandungan beta karoten yang cukup tinggi. Labu kuning juga sumber vitamin C dan kalsium yang baik. Selain itu labu kuning rendah lemak, rendah kalori dan tinggi serat. Nah, kalau bunda punya stok labu kuning dan bingung mau dimasak apa selain kolak, bisa cuba resep kue kojo yang satu ini. Hasilnya lembut dan enak bund, layak dicoba untuk camilan sambil ngeteh atau ngopi sore. Bolu Kojo Labu Kuning by Umma Hana Bahan-bahan : 400gr labu kuning kukus 250ml santan kental 5 butir telur 1.5 gelas gula 250gr tepung terigu segitiga Cara Memasak : Labu dan santan di blender sisihkan Kocok gula dan telur Masukkan labu dan santan yg sdh di blender tadi. Masukan sedikit demi sedikit terigu Panggang di baking pan yg sudah di olesi mar

Resep Kue Apem Tape Pandan. Wangii Banget! Bikinnya Juga Gampang, Wajib Dicoba Yaaa😊

Image
Kue apem, meskipun merupakan kue tradisional yang sederhana, namun ternyata banyak juga variannya. Setelah tempo hari kita mengulas resep apem gula merah, kali ini kita bahas apem versi pandan. Apemnya gak kalah ENAK dengan versi Gula merah yg pernah saya bikin dulu, Ke'dua nya sama enak πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹, tapi saya lebih suka si ijo pandan, wangiiiiii banget πŸ˜„. Yang mau bikin versi gulamerah cukup gula pasir diganti gulamerah / aren yaa. Bikin'nya juga Gampang dan Wajib dicoba yaaa😊 Kue Apem Tape Pandan by vitakwee Bahan 1 180 grm gula pasir 100 cc endapan air pandan 1/4 sdt garam Cara:  campur semua bahan, didihkan sampai gula pasir larut. Biarkan dingin Bahan 2 250 grm tepung terigu 125 grm tape singkong, haluskan 250 cc santan kental 1 sdt ragi instan Cara : Campur semua bahan 2 aduk dengan whisk sampai adonan rata, tuang air pandan aduk sampai rata dan tidak bergerindil. Diamkan 1jam. Oles loyang uk. 18cm dengan minyak sayur tuang adonan keloyang, kukus selama 35menit dengan api se

Resep Ongol-ongol Sagu Gula Merah. Kenyal, Lembut, Dan Berasa Banget Gula Merahnya 😍

Image
Ongol-ongol Gula merah by @vitakwee Ciri khas kue ini adalah teksturnya yang kenyal dan lembut, serta rasa manis nan gurih jadi satu. Dua hal inilah yang membuat ciri khas sekaligus daya tarik dari kue ongol-ongol. Wajib coba deh moms pokoknya....Uenakkk banget!, berasa banget gula merahnya😁. Cusss resep yak 😊 Bahan 1: 400 gram gula merah 100 grm gula pasir 900 cc air (aku santan encer) Garam secukupnya Daun pandan Cara : campur semua bahan, didihkan sampai gula larut. Sisihkan Bahan 2 500 grm sagu (aku tapioka tani) 500 cc santan (dari 1 butir kelapa) 1 sdm minyak goreng Cara :   1. Campur semua bahan, aduk rata. Tuang bahan 1 ( cairan gula merah ) yang masih panas, aduk rata. Saring. 2. Panaskan kukusan (lapisi tutup dengan serbet) oles minyak ke loyang uk. 24cm. 3. Kukus perlapis sampai adonan habis, kukus lagi 20menit. ( mau langsung semua adonan juga bisa ya moms, cuma dikawatirkan matang'nya kurang rata). Tiap menuang adonan diaduk rata dulu ya. 4. Dinginkan, alasi pisau d

Onde-onde Ketawa. Garing dan Merekah Sempurna!

Image
Onde-onde ketawa atau ngakak. Nama yang aneh ini terinspirasi dari bentuk kue yang merekah lebar seperti orang yang sedang tertawa. Kue kering klasik ini berbahan dasar tepung terigu dan memiliki tekstur yang sangat renyah. Bentuknya yang kecil mungil dengan balutan biji wijen di bagian luarnya akan membuat anda yang mencicipinya jadi ketagihan. Onde-onde Ketawa by mylittleprinceirham Bahan: 500 gr tepung terigu protein rendah (kunci biru) 1 sdt baking Powder Double Acting (BPDA) 150 gr gula pasir 50 gr margarine 1 sdt vanilli 4 butir telur (harus suhu ruang biar mau ketawa onde onde nya) Bahan lain: 500 ml air (tadi aku gak pki air) 100 gr wijen putih 1 ltr minyak goreng Cara Membuatnya: Campur tepung terigu dan BPDA, aduk rata. Sisihkan. Kocok mentega dan gula pasir hingga lembut, masukkan telur satu persatu sambil tetap dikocok sampai mengembang. - Matikan mikser. Tuang terigu kedalam adonan telur, aduk rata dan uleni perlahan sampai bisa dipulung. Bentuk bulat seperti bola ping-pon

Resep Kue Ku Aroma Pandan. Wangi dan Lembuuuttt!

Image
Nyamiiiiiii πŸ˜‹, kue Ku yang satu ini menggunakan pewarna alami dari daun pandan. Hasilnya? Wangi pandannya aduhaii semerbak kemana-mana😘. Selain itu, meski udah dingin, tapi tetep lembut lo kue ku nya... Hayukkk yang mau coba bikin, cusss resep yaa😊 Angkuh Kue alias Kue Ku by Vitakwee Bahan isi  200 grm kacang ijo kupas, rendam 1 jam. Kukus selama 30menit (saya berikut kentang dikukus bareng ya moms) 200 cc santan encer 120 gula pasir Vanili Garam Daun pandan Caranya: Blender kacang ijo yang sudah dikukus dengan santan, sebentar saja jangan terlalu halus. Lalu masak dengan api kecil, masukan vanili, garam, daun pandan, masak sampai kalis dan dapat dipulung. Sisihkan. Bahan kulit 250 grm tepung ketan 150 grm kentang kukus, haluskan 200 cc santan kekentalan sedang + jus daun pandan suji (saya daun pandan aja) 25 grm gula pasir 1/2 sdt garam 1 sdm olive oil Vanili bubuk Caranya: 1. Panaskan santan, jus pandan sampai hangat, masukan gula,garam,vanili dan kentang yg sudah dihaluskan, ulen

RESEP PUTRI MANDI by Aiz. Cakeppppp-nyaaa!

Image
Masih di kampung, enaknya bikin apa yaa. Yuk kita coba manfaatin maksimal bahan-bahan & prop yang ada di kebon πŸ˜€ Resepnya nyontek di blog @bunda_didi yg diadaptasi dari majalah sedap sekejap. Putri Mandi by Izzy's Kitchen Bahan Kulit: 200gr tepung ketan putih 50gr  kentang kukus halus.. 1/2sdt garam - 1/4sdt air kapur sirih (saya skip) 200 ml air hangat Pewarna makanan warna merah, kuning & hijau 4 lembar daun pandan, untuk merebus - daun pisang, bentuk takir kotak Bahan Isi: 200gr kelapa parut kasar - 175gr gula merah, sisir 2 lembar daun pandan - 1/2sdt garam - 125 ml air Bahan Kuah: 400 ml santan, dari 1/2 butir kelapa 1sdm tepung beras - 1 sdt tepung maizena 1/2 sendok teh garam 1sdt gula pasir Cara membuat: Isi: masak bahan isi sambil diaduk sampai kering dan meresap. Bentuk bulat kecil. Sisihkan. Kuah: rebus bahan kuah sambil diaduk sampai mendidih. Sisihkan. Kulit: 1. Campur tepung ketan, kentang kukus, garam, dan air kapur sirih, aduk rata. 2. Masukkan air hangat s

Resep Kue Talam Seri Muka by @mylittleprinceirham. Cantiknyaa!

Image
Dulu, sekitar 3 tahun yang lalu sebenarnya aku udah pernah coba bikin kue talam seri muka ini tapi ternyata gagal hehe. Nah, kebetulan minggu ini ngerjain @baking_bareng yang temanya olahan pandan, jadi aku mencoba bikin lagi,, alhamdulillah kali ini berhasil! Kue Talam Seri Muka by @mylittleprinceirham  Bahan: Lapisan bawah: 500 gr beras Ketan 300 ml santan mental 300 ml air 2 sdt garam Sedikit minyak(jika memakai santan instan) Cara buat: Cuci Dan rendam beras ketan selama 4 jam,tiriskan. Campurkan dengan santan, air, garam, lalu kukus selama 30 menit. Setelah matang, padatkan dan sisihkan. Lapisan Atas: 125 gr gula castor 100 gr tepung custard 600 ml santan 200 ml air 10 lembar daun pandan(blender menggunakan air diatas).sharing 4 butir telur 1/2 sdt garam halus 1/4 sdt pasta pandan Cara buat Campurkan semua bahan, blender atau aduk sampai rata, saring di panci, lalu masak selama 2_3 menit sambil diaduk, cukup hingga ber-uap saja. Tuang diatas lapisan bawah, lalu kukus selama 30-40

Resep Ketan Serundeng. Makanan Jadul Yang Enak, Gurih dan Bikin Kenyang πŸ‘πŸ˜‹

Image
Assallamualaikum.. Sarapan Pagi ini ditemani dengan ketan serundeng 😊. Dulu pas kecil sukaak banget sama makanan ini. Enak, gurih, dan yang jelas bikin kenyang, hehe.  Sekarang nyari yang jualan ini kok susah banget ya. Ya udah mending bikin sendiri aja, mantuul! BAHAN: 500 Gr beras ketan yang sebelumnya sudah direndam kurleb 1 jam 250 ml santan kekentalan sedang 200 gr kelapa parut untuk serundeng 2 lembar daun pandan Secukupnya Garam . BUMBU HALUS : 6 siung bawang merah 3 siung bawang putih 2 cm Kencur 3 buah cabe keriting 1 buah cabe merah besar Secukupnya cabe rawit jika ingin pedas. 2 sdm udang rebon kering 1/2 sdt ketumbar Secukupnya kunyit Secukupnya gula pasir Secukupnya garam Secukupnya kaldu bubuk PELENGKAP : 1 Batang serei keprek 2 lembar daun jeruk robek2 CARA MEMBUAT : BERAS KETAN : 1.Kukus Beras Ketan yg sudah dicuci dan direndam sampai setengah matang,matikan api. 2.Rebus santan,beri garam dan daun pandan sampai mendidih,pindahkan santan diwadah,lalu masukan beras ketan

Resep Apem Panggang. Bahannya Sederhana, Bikinnya Gampang, Hasilnya Mantap!

Image
Cemilan sore tadi bikin apem, kue tradisional yang nggak ada matinya, hehe. Kita bikin yang simpel2 aja kali ini. Bikinnya jugadikit aja, cuma dapet 1 setengah cetakan aja 😁. Bagi yang mau bikin banyak, resepnya tinggal dikalikan dua yaaa πŸ˜‹. Apem Panggang by @fithriya79 Bahan: 60 gr tape singkong 90 gr gula pasir 130 gr tepung beras 35 gr tepung terigu protein sedang 1/2 sdt ragi instant 220 ml santan kekentalan sedang (sy 65 gr santan instan + air) 1 lembar daun pandan (sy skip lupa 😁) Cara membuat: 1. Rebus santan dengan daun pandan hingga mendidih, matikan api. Sisihkan dan biarkan hingga hangat. 2. Dalam wadah, haluskan tape sambil dibuang sumbunya, tambahkan gula, aduk hingga menyatu dan lembut. 3. Campur adonan tape, tepung beras, terigu, dan ragi. Tambahkan santan sedikit sedikit sambil diaduk2 terus hingga rata dan adonan terasa ringan. Diamkan adonan kurleb 1 jam (sy 40 menit), tutup dg kain / serbet dapur. 4. Panaskan cetakan dengan api kecil. Setelah 1 jam, aduk adonan se

Resep Bika Ambon Ekonomis. Praktis!, Bikinnya Cukup Pake Wajan Teflon

Image
Masih ingat ya dulu sekitar 2 thn lalu hitsnya bika ambon ekonomis resepnya mba Diah 😍😍. Saya pun jadi jatuh hati, apalagi bagi yang tidak punya cetakan bika ambon ataupun bagi mama muda yg blm punya oven bisa dicoba pake teflon seperti yang diajarkan sama mba Yoenita ini. Sungguh bermanfaat. Soal hasilnya? hemm lembut halus kenyalnya pas πŸ˜‹ Trimakasih bnyak resep dan tekniknya mba Diah dan mba Yun 😘😘. BIKA AMBON EKONOMIS by @aniktriwina Hasil 8 buah Cetakan Aluminium cup D bawah 5,5 cm D atas 7 cm tinggi 3 cm Cetakan tdk perlu dioles apapun. Setelah agak dingin dia akan lepas dng sendirinya Bahan-bahan: 100 gr tepung kanji 50 gr tepung protein sedang 100 gr gula pasir 2 butir telur kocok lepas 1 sdm margarin cairkan 200 ml santan (65ml kara + air) rebus dengan sere, dan daun jeruk 1/4 sdt vanili bubuk dan garam Beberapa tetes pewarna kuning (tdk harus ya bs diskip) Bahan biang: 50 ml air 1 sdt gula pasir 1 sdt ragi instan Langkah: 1. Campur semua bahan biang aduk rata dan diamkan

Resep Cenil Kanji. Kenyal-kenyil Gak Bisa Berhenti Ngunyah!

Image
Hari ini aku bikin cenil (koncone Lupis) buat camilan di rumah.. Gak terencana sihh, buka2 IG langsung nongol gambar Cenil yang aduhai menggoda. Setelah di telusuri ternyata resepnya mbak @aniktriwina πŸ˜πŸ˜ teman yg jago bakingan ini... Bikinna ternyata simple. Bahan utamanya cuma terigu dan tapioka, plus gula merah untuk sausnya. CENIL Bahan cenil : 75 gr tepung terigu 75 gr tepung tapioka 1/4 sdt garam Air panas secukupnya Pewarna merah, kuning, hijau Saus gula merah : 150 gr gula merah, sisir halus 1 sdm gula pasir 50 ml air 1 lmb daun pandan Baluran : Kelapa parut kukus Cara membuat : 1. Campur tepung terigu, tepung tapioka dan garam, aduk rata sambil di tuang air panas sedikit demi sedikit sampai bisa di pulung. 2. Bagi 3 adonan, masing2 beri warna merah, kuning, hijau.. Ambil secuil adonan, linting dengan telapak tangan dan masukkan pada air rebusan yg mendidih. Jika terapung, angkat dan tiriskan. 3. Saus Gula merah : campur semua bahan, aduk2 sampai sedikit mengental, angkat dan

Resep Wingko Babat Teflon Anti-Gagal. Lembut dan Legit!

Image
Wingko babat yang sati ini dibikin mirip sushi 🍣, hehe. Ini gara-gara bingung konsep foto nya, akirnya dipotong lah wingko nya jdi imut imut kayak marmut 😚 eh bukan kayak sushi 🍣 hehe .. cus lah dicoba resep nya .. ini enak pisan euyy .. lembut dan legit gituu .. Wingko Babat Teflon By : Maccby_kitchen Bahan-bahan: 250 gr Tepung Ketan Putih 200 gr Kelapa Parut Muda 100 gr Gula pasir (atau sesuai selera) 150 ml air 1 butir Telur 30 gr Mentega (Cairkan) Langkah: Campur Telur Dan Gula pasir jdi Satu, Lalu aduk smpai Gula Larut. Lalu tambahkan Garam Dan Vanilli bubuk, aduk kembali. Lalu masukan Secara bertahap Kelapa muda parut, Tepung Ketan putih Dan Air Secara bertahap yaa~ smbil terus diaduk smpai rata. Setelah rata masukan Margarine yg sudah dicairkan trlebih dahulu Dan sudah Di dingin Kan ya.. Aduk aduk rata hingga margarine benar benar tercampur Rata dgn Adonan. Panaskan Teflon dgn api sedang smpai benar benar Panas. Setelah Panas lalu olesi dgn sedikit Minyak dan tuangkan Adonan

Resep Kue Cantik Manis Nangka. Lembut dan Wangi ...

Image
Kue Cantik Manis ga harus dibungkus plastik, yaa mak. Bisa juga dicetak begini. Ini jajanan super duper gampaaaaaang banget. Bikinnya juga cepet, cuma 30 menit jadi. Termasuk kue basah favorit anak2. Asalkan pake Tepung Hunkwe Cap Boenga, hasilnya dijamin lembut dan wangi... Kue Cantik Manis by @fridajoincoffee Bahan: 60 gram tepung hunkwe 50 gram sagu mutiara 120 gram gula pasir ½ sdt garam 600 ml santan kekentalan sedang 2 lembar daun pandan 100 gram nangka potong2 Cara Membuat: 1. Rebus secukupnya air hingga mendidih. Masukkan sagu mutiara, biarkan hingga sagu mutiara menjadi bening. Angkat, lalu tiriskan, kemudian rendam dalam air dingin, supaya tidak saling menempel. 2. Larutkan tepung hunkwe dengan sebagian santan (sekitar 200 ml), aduk rata. Sisihkan. 3. Sementara itu, sisa santan (sekitar 400 ml) dicampur gula pasir, garam dan daun pandan, rebus dengan api kecil sambil diaduk2 hingga mendidih. 4. Tuang larutan hunkwe ke dalam santan yang direbus. Aduk cepat2 hingga mengental da

Galopuong Ondam (Klepon Rendam Santan). Enak Pakai Banget! πŸ‘Œ

Image
Makanan ini lagi rame dijual online. Bentuknya memang mirip Klepon, tapi disiram santan. Namanya Galopuong Ondam. Tapi ternyata makanan ini juga ada di banyak daerah dengan nama lain. Buat yang pernah coba pasti tau rasanya uenak banget 😍😍. Cara bikinnya juga mudah ternyata mak. Dicobain yuk! Dijamin ketagihan deh! hehe...😊 Bahan-bahan: 500 gram tepung ketan putih secukupnya Air sejumput Garam 1 butir Kelapa Diambil pati santannya Secukupnya Gula merah untuk isian seberapa 2 lembar Daun pandan Langkah-langkah: Pertama ambil mangkok/wadah masukkan tepung ketan lalu campur dengan air sedikit demi sdikit smpai bsa dibentuk bulatan. Bulatkan adonan dan isi dengan gula merah. Siap kan dandang. Masukkan pati santan dan garam aduk rata. Masukkan adonan kedalam rebusan pati santan. Jgn lupa dikasih daun pandan biar harum ya bunda. Tunggu smpai kurleb 10 menitan 😊😊 Daaaann jadiii deeehh πŸ˜„πŸ˜„ Sumber

Resep Carabikang. Jajanan Jadul Favorit, Berserat Sempurna, Yess!

Image
Baru nyoba2 maaak.. Baru sekali ini bikin Carabikang sendiri, jadi maaf kalo komposisi warnanya belum ok, dan mekarnya juga asal geprek aja. Yg penting seratnya udah dapat yesss.. In syaa'a Allaah next nyoba lagi.  Ini salah satu jajanan jadul favorit. Udah jarang yg jual yaa. Mak Frida baru sekali ini bikinCarabikang sendiri, jadi maaf kalo komposisi warnanya belum ok, dan mekarnya juga asal geprek aja. Yg penting seratnya udah dapat yesss... Nyoba resep yg pake tapioka, supaya teksturnya bisa kenyal2. Next pengen bikin lagi yg versi NCC full tepung beras. Sebenarnya pake resep mana aja asalkan sudah diuji dan tipsnya ngikutin, ga akan gagal maaaakkk... Btw, 1 resep ini jadi sekitar 20 pcs Carabikang, tapi yg difoto cuma 7.. Sisanya dah masuk perut πŸ˜‚ Carabikang by  @fridajoincoffee Bahan: 250 gram tepung beras 60 gram tepung terigu protein sedang 25 gram tepung tapioka 250 gr gula pasir 750 ml santan kental 1 sdt garam 2 lembar daun pandan Pewarna hijau muda dan merah rose Cara M

Resep Kue Pancong / Bandros Spesial. 3 Bahan Tambahan Bikin Kue Ini Jauh lebih Enak!

Image
Kue ini salah satu jajanan khas Makassar, namanya Buroncong. Tapi di beberapa daerah juga banyak yang serupa dengan nama yg berbeda. Ada yg sebut kue pancong, bandros, dsb Kue tradisional ini sudah cukup sulit dicari karena tidak banyak lagi yang jualan. Tapi gak perlu khawatir, bikin sendiri juga gampang kok. Bahkan bisa dimodifikasi sesuka hati. Resep ini misalnya, jadi spesial banget karena ada tambahan telur, susu bubuk, dan tepung maizena. Ketiga bahan tambahan ini tidak ada pada resep standar, dan membuat kue pancong ini jadi lebih enak! Bahan-bahan: 450 ml santan 140 gr tepung beras 1 sdm tepung maizena 1/4 sdt garam 75 gr gula pasir 50 gr mentega cairkan 10 gr susu bubuk 1 butir kuning telur 200 gr kelapa parut setengah tua Cara membuat: 1. Siapkan bahan-bahan 2. Campurkan tepung beras, maizena, susu, dan telur 3. Masak santan hingga mulai mendidih sambil tetap diaduk-aduk jangan sampai santan pecah, lalu angkat. Tuang sedikit demi sedikit ke dalam bahan tepung sambil diaduk ra