Posts

Showing posts with the label Aneka Masakan

Resep Sosis Bakar Enak, Gurih Buat Cemilan Anak di Sore Hari

Image
Cemilan yang pasti Anak Anak doyan nih.. Dari pada beli yuk buat sendiri moms.. . SOSIS _BAKAR By @echi_raffani2016 (IG) Bahan Bahan : 5 bh sosis Ayam premium 2 sdm kecap manis 2 sdm Saos tomat 1 sdm saos sambel 1 sdm fibercreme 1 sdt bawang putih bubuk 1/4 merica bubuk 1 sdm Saos tiram 1 sdm Margarin Langkah : Campur semua bahan aduk rata, lalu balurkan ke sosis yang sudah dikrat krat! Panggang sosis sambil diolesi sisa bumbunya.  Bolak balik sampai matang dan sajikan.

Resep Kwetiau Nyemek Pedas Segar, Mudah dan Spesial

Image
KWETIAW NYEMEK PEDES Oleh: @banususanto (IG) Bahan: 400 gr kwetiaw basah 2 butir telur, diorak arik 250 gr fillet ayam, iris tipis 1 bonggol pak choy, potong-potong 1 tangkai daun bawang, iris 1 buah tomat, potong-potong 5 buah bakso sapi, iris 2 sdm minyak wijen 2 sdm kecap ikan Minyak untuk menumis 600 cc kaldu ayam 2 buah jeruk limau 1 sdm gula pasir Lada halus, garam secukupnya Bumbu dihaluskan: 8 siung bawang merah 5 siung bawang putih 4 buah cabe merah besar 1 buah tomat 15-20 buah cabe rawit merah Pelengkap: Bawang merah goreng, acar, kerupuk Cara Memasak: Tumis bumbu halus hingga harum, setelah harum masukkan ayam, bakso, dan telur orak arik. Masak hingga ayam berubah warna. Masukkan kaldu ayam, didihkan.  Setelah mendidih masukkan kwetiaw, pak choy, tomat, dan daun bawang.  Tambah kecap ikan, minyak wijen, gula, garam, dan lada halus. Masak hingga sayuran layu, cicipi dan koreksi rasa. Matikan api, tambahkan perasan jeruk limau.  Sajikan selagi masih panas bersama bahan peleng

Resep Nastar Keju Lembut dan Empuk Anti Gagal

Image
NASTAR KEJU By.@lisna_lisnawati71 (IG) Bahan : ------------ 450 gr tepung terigu segitiga biru 200 gr Mentega blue band 100 gr margarin palmia 3 butir kuning telur 100 gr gula halus 100 gr tepung maizena 2 sdm muncung susu bubuk 1/2 sdt vanili bubuk Bahan untuk Olesan : -------------------------------- 2 butir kuning telur 2 sdm minyak goreng Sedikit pewarna makanan Kuning Telur Bahan Isian : ---------------------- Selai Nanas Topping : --------------- Keju Kraff parut secukupnya Cara Membuatnya : ------------------------------- Kocok : Telur, Mentega, margarin, susu bubuk, gula halus dan vanili bubuk hingga tercampur rata Masukkan Tepung terigu dan tepung maizena yang telah di ayak sedikit demi sedikit,aduk dengan spatula hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan Siapkan loyang, olesi dengan mentega tipis² Ambil sedikit adonan, bentuk bulat dan pipihkan, tengahnya beri isian selai Nanas,lalu tata adonan di loyang, lakukan hingga adonan habis Oles dengan bahan olesan, lakukan hin

Resep Donat Lonjong Keju Basic Donat Cocok untuk Pemula So Simple dan Empuk

Image
Membentuk donatnya pake cetakan oval. Banyak yang kritis, klo donat emang mestinya di cetak, dan gak pake dirounding rounding kayak bikin roti. Klo pendapat mak Ayoe pribadi , mau pake metode apapun silahka yang penting happy sama hasilnya. So simple.. Ini aku pake resepnya basic Donat ( tanpa kentang ) Resep Donat Lonjong Keju by @ayoe_widya83 (IG) Bahan A : 200 gr tepung protein tinggi ( cakra , komachi , cakra emas , hime dll ) 50 gr tepung protein sedang ( segitiga biru , bola salju dll ) 35 gr gula pasir  butiran halus 15 gr susu bubuk 4 gr ragi instant  1  kuning telur ( 20 gr )   +/- 125 gr air es Bahan B : 30 gr butter / margarine 3 gr  garam  Cara : Campur bahan A uleni hingga kalis, lalu masukkan bahan B, uleni hingga elastis .  Bulatkan. Istirahatkan adonan 30 menit ( tutup dgn plastik wrap / mangkok )! Gilas adonan pake rolling pin ( bukan ditinju ya )  buang gasnya.  Bulatkan lagi.  Istirahatkan lagi 15 menit hingga adonan rilex.   Kemudian gilas /pipihkan lagi hingga kete

Resep Indian Beef Curry Mudah, Mewah Ala Restaurant

Image
INDIAN BEEF CURRYπŸ₯˜⁣⁣ By. @eunice_euston⁣⁣ (IG) Oh iya Bunda tolong kasih penilaian masakan ini ya nilai 1 - 10 yaaaa πŸ™πŸ˜πŸ˜⁣ Bahan :⁣⁣ ☘500 gr daging sengkel sapi( daging sapi biasa juga bole), potong dadu⁣⁣ ☘1 buah tomat(haluskan)⁣⁣ ☘3 sdm bumbu Indian Curry ☘6 buah rawit merah⁣⁣ ☘2 sdm daun ketumbar segar(potong2)⁣⁣ ☘garam, penyedap jamur secukupnya⁣⁣ ☘air matang secukupnya⁣⁣ ☘Secukupnya minyak untuk menumis⁣⁣ ☘1 sdm daun ketumbar segar(potong2 )⁣⁣ ⁣⁣ Bumbu halus ( haluskan kecuali daun salam):⁣⁣ ☘10 butir bawang merah⁣⁣ ☘3 siung bawang putih⁣⁣ ☘2 cm jahe⁣⁣ ☘6 buah cabe kriting merah⁣⁣ ☘2 lbr daun salam⁣⁣ ⁣⁣ Cara Memasak :⁣⁣ Rebus sebentar daging sengkel di dalam air yang sudah mendidih..angkat tiriskan⁣⁣ Tumis bumbu halus sampai wangi ... lalu masukkan tomat yg sdh dihaluskan.. tumis sebentar sampai wangi.. lalu masukkan daging sengkel..aduk rata⁣⁣ Kemudian masukkan Bubuk Indian Curry aduk rata.. masak sebentar. Tambahkan air secukupnya kira2 melewati permukaan daging ⁣⁣ Tambahkan

Resep Telur Balado Enak dan Sederhana

Image
TELUR BALADO by Susie.agung (IG) Bahan: 7 butir telur ayam 2 lembar daun jeruk 1 sdm gula merah, sisir 1 sdt penyedap jamur Secukupnya garam dan lada bubuk . Bumbu Halus: 8 butir bawang merah 3 siung bawang putih 1/2 buah tomat 15 cabe merah keriting 2 cabe merah besar 1 sdt terasi matang Cara Membuat: Rebus telur lalu kupas, goreng sebentar dalam minyak panas sampai berkulit, sisihkan. Tumis bumbu halus sampai wangi, tambahkan daun jeruk, aduk rata masukkan gula merah, kaldu jamur, garam dan lada bubuk, aduk2 sampai bumbu matang, tuangi sedikit air dan biarkan mendidih. Setelah mendidih masukkan telur, kecilkan api, masak sampai bumbu meresap, matikan api,  Sajikan!!!

Resep Lodeh Rebung dan Tahu Mudah, Nikmat yang Selalu Banyak Penggemarnya

Image
Assalamu’alaikum.... Masih musim hujan ya jadi masih banyak rebung di pasar atau di tukang sayur. Mumpung musim mamak suka beli, biasanya dibuat sayur ataupun isian lumpia. Nah kali ini rebungnya mamak masak lodeh campur tahu, ini enak banget, apalagi dibikin agak pedes MasyaAllah nikmat banget πŸ‘. Pokok e jangan lodeh ndeso gini favorit mamak banget πŸ₯°_______________________________________________ LODEH REBUNG & TAHU by Susie.agung (IG) Bahan: 500 gram rebung 5 lonjor kacang panjang, potong2 6 buah tahu pong goreng, potong2 800 ml santan (dari 1/2 butir kelapa) 3 lembar daun salam 3 lembar daun jeruk 10 cabe rawit utuh 4 buah cabe hijau keriting, iris serong 1 ruang lengkuas, memarkan 1/2 sdt kaldu jamur Secukupnya garam dan gula merah . Bumbu halus: 8 butir bawang merah 4 siung bawang putih 3 butir kemiri, sangrai 1 sdm ketumbar, sangrai 1 ruas kencur 5 buah cabe merah keriting 10 buah cabe rawit (sesuai selera) 3 cm kunyit, bakar Cara Membuat: Ambil bagian rebung yang muda saja

Resep Rendang Daging Mudah, Empuk, Gurih dan LEzatt

Image
Assalamu’alaikum... Dagingnya segar, sudah dipotong2 dan dikemas praktis, sangat memudahkan mamak untuk langsung eksekusi. Rendang ini cocok banget untuk stock lauk karena tahan lama, bikin agak banyak sekalian lalu dibekukan di freezer, tinggal di angetin kalau mau dikonsumsi. _______________________________________________________ RENDANG DAGING by Susie.agung (IG) Bahan: 1 kg daging sapi, iris2 agak tebal 3 butir kelapa, parut 2 liter air kelapa 2 batang serai, memarkan 5 lembar daun jeruk 3 lembar daun salam 2-3 lembar daun kunyit 1 ruas lengkuas, memarkan 3 butir cengkeh Secukupnya garam & gula . Bumbu Halus: 100 gram bawang merah 5 siung bawang putih 100 gram cabe merah keriting 1 sdm ketumbar 1 ruas jempol jahe 1/4 buah pala 1/4 sdt jinten Cara Membuat: Peras kelapa parut dg air kelapa, ambil kentalnya saja (Jgn skip air kelapa karena itu rahasia supaya dagingnya cepat empuk & manis gurih alami meski tanpa penyedap). Didihkan santan, masukkan bumbu halus, lengkuas, daun

Resep Roti Telur Praktis dan Lezat, Anti-Gagal Banget

Image
Assalamu’alaikum... Ini foto roti untuk sarapan anak2 sebelum berangkat sekolah minggu lalu, sekolah terakhir sebelum sekolah diliburkan. Menu sarapan begini paling disukai anak2, dicocol saus tomat atau saus sambal tambah sedap πŸ‘. _______________________________________________ ROTI TELUR PRAKTIS Bahan: 8 lembar roti tawar 4 lembar daging asap 4 lembar keju slice 1 bungus kecil kornet sapi 1/2 buah bawang bombay, cincang kasar 1 buah tomat, buang bijinya, cincang kasar Secukupnya saus sambal & mayonaise 3-4 butir telur Secukupnya margarin Cara Membuat: Tumis bawang bombay dengan sedikit minyak sampai wangi, masukkan kornet dan tomat , aduk sebentar, matikan api, sisihkan. Olesi satu sisi roti dengan margarin, sisihkan. Kocok lepas telur, bumbui garam & lada bubuk, masukkan tumisan kornet kedalam kocokan telur, aduk rata. Panaskan wajan anti lengket, tuangi sedikit minyak, tuangi 1 sendok sayur telur, biarkan sebentar! Letakkan 2 roti tawar diatas telur, balik lalu tata selemb

Resep Sambal Bajak Telur Puyuh Terlihat Lezatnya Banget Bund

Image
Assalamu’alaikum.... Baru seminggu anak2 belajar    #dirumahaja , tapi mamak sudah susah bedain antara weekdays atau weekend, semua hari terasa sama sekarangπŸ˜…. Semoga wabah #covid_19 ini segera teratasi dan keadaan kembali normal seperti sediakala, aamiin... Ini sambal bajak, tapi karena males ngulek sampai halus akhirnya bumbunya masih terlihat kasar begitu, tapi rasa tetap sama enaknya kok. Kalau bikin ini enaknya pakai kentang mini/kentang cherry yg kecil2 itu ya, tapi kalau gak ada pakai kentang biasa juga okeπŸ‘Œ ________________________________________________ SAMBAL BAJAK TELUR PUYUH Bahan: 20 butir telur puyuh rebus, kupas 250 gram kentang cherry (me: kentang biasa) 1 papan pete, kupas, belah 2 2 lembar daun salam 2 batang serai, memarkan 2 cm lengkuas, memarkan Bumbu Halus: 3 buah cabe merah besar 50 gram campuran cabe rawit & cabe keriting merah 8 butir bawang merah 4 siung bawang putih 1/2 sdt terasi 1 sdm gula merah Secukupnya garam Cara Membuat: Kupas kentang, cuci bers

Resep Soto Ayam Sederhana dan Lezat. Buat Menggoda Selera Makan di RumahAja

Image
Assalamu’alaikum.... Mumpung pada ngumpul  #dirumahaja  , bikin soto ayam spesial yuks buat keluarga. Salah satu masakan rumahan yang banyak dijual diluaran, bikin sendiri tentu lebih hemat dan puas makannya. Jangan lupa pakai ayam kampung untuk rasa yang lebih mantullll ya πŸ‘ ____________________________________________ SOTO AYAM by Susie.agung (IG) Bahan: 1 ekor ayam kampung muda, belah 4 500 gram ceker, bersihkan 2 batang serai, memarkan 5 lembar daun jeruk 2 batang daun bawang, potong kasar 2 litet air Garam, gula & lada bubuk secukupnya Bumbu Halus: 12 butir bawang merah 6 siung bawang putih 3 butir kemiri 2 cm jahe 2 cm kunyit 2 cm kencur 1 sdt merica butiran  Pelengkap: Soun, seduh air panas lalu tiriskan Kentang, potong tipis lalu goreng kering 5 lembar daun kol, iris kasar Toge, seduh air panas, tiriskan Bawang merah goreng Seledri, iris halus Sambal rawit Cara Membuat: Didihkan air dalam panci, masukkan ceker, beri 2 lembar daun salam dan seiris jahe, rebus sampai matang,

Resep Ongol-ongol Hunkwe untuk Pengganjal Lapar di RumahAja

Image
Assalamu'alaikum Kemarin iseng bikin ongol ongol hunkwe, maklum  #dirumahaja    bawaannya laper mulu, jadi tiap hari musti muter otak untuk bikin ini-itu, secara hiburan paling menyenangkan sekarang ini adalah makan πŸ˜†. Alhamdulillah ongol ongol ini laris manis, duo bujang ngabisin sepiring penuh dalam waktu sekejap mata 😁. ______________________________________________ ONGOL ONGOL HUNKWE by susie.agung (IG) Bahan: 1 bungkus tepung hunkwe (120 gram) 200 gram gula merah, sisir 800 ml air 2 lembar daun pandan Sejumput garam Taburan (semua bahan dikukus): 1/2 butir kelapa setengah tua 1 lembar daun pandan Sejumput garam  Cara Membuat: Rebus air bersama gula merah dan 2 lembar daun pandan sampai gula larut, angkat, saring lalu dinginkan. Campur tepung hunkwe dengan air rebusan gula, nyalakan api, aduk sampai adonan mengental, angkat, tuang dalam loyang yang sudah dilapisi plastik, biarkan mengeras. Setelah mengeras potong2 sesuai selera, baluri kelapa parut yang sudah dikukus sampai r

Resep Semur Jengkol Pedas, Empuk, Mudah dan Gak Bau Buat Jadi Good Mood

Image
Biar gak makin suntuk  #dirumahaja   makan semur jengkol aja yuks, kali aja jadi good mood πŸ˜πŸ˜„ _____________________________________________ SEMUR JENGKOL PEDAS by susie.agung (IG) Bahan: 300 gram jengkol tua 6 butir bawang merah, iris tipis 1 buah tomat, potong kasar 2 lembar daun salam 5 sdm kecap manis (sesuai selera) 1 sdm gula merah, sisir 1 gelas air  Bumbu Halus: 3 siung bawang putih 2 butir kemiri 10 buah cabe merah keriting 10 cabe rawit (skip bila gak suka pedas) 1/2 sdm ketumbar 1 sdt merica butiran 1/4 buah pala Sejumput jinten Cara Membuat: Cuci jengkol, belah lalu rebus dengan air cucian beras sampai empuk ( tujuannya untuk menghilangkan bau menyengat pada jengkol). Setelah jengkol empuk angkat, bilas dengan air bersih bila perlu, tiriskan lalu memarkan. Tumis bawang merah iris sampai matang kecoklatan, masukkan bumbu halus, tomat dan daun salam, aduk rata sampai bumbu matang! Masukkan jengkol, tuangi air, biarkan mendidih lalu masukkan garam, gula merah dan kecap manis,

Resep Egg Roll Mudah, Krekes Cocok untuk Penghuni Toples Sajian Lebaran

Image
Assalamu'alaikum... Akhir-akhir ini  #dirumahaja   setiap buka IG nuansa bulan Ramadhan makin terasa, segala iklan sarung, sirup, biskuit, obat magg dan gak lupa aneka resep kue kering juga mulai ramai berseliwran di explore. Biar makin rame mamak ikutan nambahin lah, share resep egg rolls yang cucok banget jadi penghuni toples untuk sajian lebaran nanti. Ini bikinnya mudah banget, yang penting telaten karena musti dipanggang satu persatu. Ohya, banyak yang tanya cetakannya seperti apa dan beli dimana, nah sebenarnya cetakannya mudah didapat dipasar2 tradisional atau TBK kok, bilang aja cetakan kue semprong insyaAllah penjualnya udah paham πŸ˜‰. _______________________________________________ EGG ROLL by susie.agung (IG) Bahan A: 4 butir telur 1 sdt emulsifer 130 gram gula pasir 20 gram cheddar parut Bahan B (aduk rata): 150 gram tepung serbaguna 2 sdm tapioka/sagu 1 sdm susu bubuk 1/4 sdt vanili bubuk 1/2 sdt baking powder Bahan C: 100 gram butter/margarin , di cairkan Cara Membuat:

Resep Semur Daging Cincang Kentang Mudah, Legit, Menggiurkan! Pemecah Bingung Menu Masakan Hari Ini

Image
SEMUR DAGING CINCANG by susie.agung (IG) Bahan: 300 gram daging sapi giling 2 buah kentang (kupas, potong kotak, rendam aor) 2 buah tomat ukuran besar (potong dadu) 1 buah bawang bombay (iris tipis) 1/4 buah pala (parut) 1 sdm saus tiram 2 sdm saus tomat 2 sdm kecap manis Garam & gula secukupnya 1 sdm margarin untuk menumis Bumbu Halus: 2 siung bawang putih 1 sdt merica butiran Cara Membuat: Goreng kentang hingga matang kecoklatan, angkat, tiriskan, sisihkan. Panaskan margarin, tumis bumbu halus sampai wangi, tambahkan bawang bombay, aduk2 sampai layu, masukkan daging cincang, aduk sampai berubah warna! Masukkan kentang, bumbui garam, pala parut, gula, saus tiram, saus tomat & kecap manis, aduk rata, tuangi 1,5 gelas air, masak sampai air menyusut. Setelah air menyusut tambahkan tomat, aduk2 sampai layu, tes rasa, bila sdh pas matikan api, pindah kemangkuk saji, taburi bawang goreng! Sajikan segera.

Resep Asinan Buah Segar dan Mudah Banget. Cocok untuk Kumpul Keluarga di RumahAja

Image
ASINAN BUAH by susie.agung (IG) Bahan: 1 buah nanas 2 buah mentimun 2 buah bengkuang 1/2 buah pepaya mengkal 5 buah salak Secukupnya kacang tanah goreng untuk taburan Kuah: 1 liter air 4 cabai merah besar 10 cabai merah keriting 130 gram gula pasir (sesuai selera) 2 sdt garam 3 sdm air jeruk nipis/lemon/cuka Cara Membuat: Kupas semua buah-buahan, potong2 lalu sisihkan. Blender cabai dengan sebagian air, tuang dalam panci , nyalakan api, tambahkan gula dan garam, biarkan mendidih dan gula larut, matikan api dinginkan. Setelah dingin masukkan air jeruk nipis/lemon/cuka, aduk rata, siramkan ke buah potong sampai terendam semua, diamkan dikulkas minimal 3 jam. Sajikan asinan buah dengan taburan kacang tanah goreng.

Resep Selar Balado yang Enak, Garing Kriuk2 dan Gurih

Image
Dua hari yang lalu mamak masak ikan selar balado, ini enak banget, garing kriuk2 dan gurih. Ditemani nasi anget dan tumis kangkung udah klop banget rasanya apalagi untuk temani  #dirumahaja    πŸ‘. ______________________________________________ SELAR BALADO By susie.agung  (IG) Bahan: 500 gram ikan selar segar 1 sdm gula merah, sisir 1 sdt penyedap jamur Secukupnya garam Bumbu Halus (Ulek Kasar): 8 butir bawang merah 3 siung bawang putih 15-20 cabe merah keriting 5 cabe rawit (optional)  Cara Membuat: Bersihkan ikan dari kotorannya, cuci bersih, beri perasan jeruk nipis, diamkan 10 menit, cuci kembali lalu tiriskan. Bumbui sedikit garam & lada bubuk, diamkan 10 menit, goreng dalam minyak panas sampai kering, sisihkan! Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan gula merah, kaldu jamur dan garam, aduk2 sampai bumbu matang. Masukkan ikan goreng, aduk cepat sampai bumbu rata, angkat, sajikan!!!

Resep Mangut Lele Enak, Pedas Gurih-Agak Manis

Image
Assalamu'alaikum Masak apa hari ini? Mamak cuma masak lele goreng lalapan untuk anak2 dan mangut lele buat mamak & paksu. Gak masak lainnya demi menghemat stok bahan di kulkas biar gak bolak-balik keluar untuk belanja  #dirumahaja  . Mangut lele adalah menu wajib kalau mamak main ke rumah pakde/bude yang tinggal di daerah Prambanan Jateng sana, cita rasanya pedas, gurih dan agak manis, biasanya yang dipakai lele asap, tapi pakai lele goreng juga enak. Bumbunya sangat sederhana khas bumbu kampung, tapi justru selalu bikin kangen. _______________________________________________ MANGUT LELE by susie.agung (IG) Bahan: 500 gram ikan lele segar, siangi (boleh ganti lele asap) 500 ml santan (dari 1/2 butir kelapa) 1 buah jeruk nipis 10 cabai rawit utuh 2 lembar daun salam 1 ruas lengkuas, memarkan 1 sdm gula merah, siair 1 sdt kaldu jamur Secukupnya garam Secukupnya minyak untuk menggoreng . Bumbu Ulek Kasar: 7 butir bawang merah 4 siung bawang putih 8 cabai merah keriting 6 cabai raw

Resep Pindang Ikan Gurame Simpel Segar untuk Sepanjang Hari

Image
Pindang Ikan Gurame Source @susie.agung (IG) BAHAN: 2 ekor ikan gurame ( bersihkan sebersih2nya😁 potong jadi 3 bagian ) 2 batang sereh geprek 2 ruas jahe geprek 2 ruas lengkuas geprek 2 ruas kunyit geprek 5 siung bawang putih geprek( sesuaikan selera, berhubung sy suka bawput, jdi banyakin ) 5 siung bawang merah iris2 2 lembar daun salam 2 lembar daun jeruk 7 buah cabe rawit 1 buah cabe merah besar potong serong 2 buah tomat ( potong2 ) 2 ikat daun kemangi, petik daunnya saja Garam secukupnya Gula pasir secukupnya Air putih ( dikira2 aja agar semua ikan terendam ) CARA MEMASAK: Tumis bawang putih & bawang merah hingga harum, kemudian masukkan sereh, lengkuas, jahe, kunyit, daun salam & daun jeruk. Tambahkan air putih beri garam & gulpas sambil koreksi rasa masak hingga mendidih kemudian masukkan ikan gurame, tomat & cabe. Setelah ikan matang, matikan api & tambahkan daun kemangi. Siap disajikan πŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ™

Resep Gulai Ikan Tongkol Gurih, Mudah dan Enak Buatan Rumahan

Image
GULAI IKAN TONGKOL Made by @novita._.sari (IG) 🐟Bahan : 1 ekor ikan cakalang (aku punya berat 700 gram ) 2 lembar daun salam 1 batang serai, geprek 3 lembar daun jeruk , sobek'' 1 ruas lengkuas, geprek 1 sachet santan kara 900 ml air putih 3 sdt Kaldu jamur (sesuaikan selera masing" ya) Minyak goreng 🐟Bumbu halus : 10 butir bawang merah 3 siung bawang putih 15 buah cabe merah - 5 buah cabe rawit merah 3 buah kemiri (sangrai terlebih dahulu) 2 ruas kunyit 1 ruas jahe 🐟Cara Membuat : Cuci bersih ikan yg telah dibuang kotoran nya, beri jeruk air jeruk nipis & garam lalu diamkan 15 menit'an Lalu goreng ikan sampai matang / setengah matang (sesuai selera) Dalam wajan panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus, serai, daun salam, lengkuas & daun jeruk, masak sampai harum dan matang.  Masukkan air & santan aduk rata. Masukkan ikan cakalang & kaldu jamur, masak sambil diaduk-aduk kuahnya (jangan terlalu kuat nanti ikan hancur) aduk sampai bumbu meresap dan kuah