Posts

Showing posts from January, 2020

RESEP LAPIS SAGU. Rasakan Kelezatan di Setiap Lapisannya 😍😍

Image
Kue Lapis sagu adalah salah satu kue basah atau jajan pasar yang sampai sekarang masih sangat populer dan banyak digemari oleh semua kalangan selain rasanya yang kenyal, lapis sagu ini juga enak dan lezat.  Kangen sama kue ini? bikin sendiri aja yuk bun! Lapis Sagu / Kue Pepe by Debbie Ariesthea Bahan : 250gr Tepung Sagu 50gr Tepung Beras 750gr Santan Kekentalan Sedang 250gr Gula Pasir 1/4 sdt Garam 6 lbr Daun Pandan, sobek2 biar lebih wangi 3 lbr Daun Suji Cara Membuat : 1. Rebus santan bersama gula, garam dan daun pandan. Masak sampai gula larut. Biarkan hangat. 2. Blender daun pandan yg direbus tadi bersama daun suji kasih santan sedikit aja sampe bisa diblender aja. Saring 2x. Sisihkan. 3. Masukkan tepung sagu dan tepung beras direbusan santan tadi. Aduk2 sampai rata, saring. 4. Timbang 120 gr adonan buat yg warna merah. Lalu sisa adonan bagi jadi 2 bagian. Caranya timbang berat keseluruhan adonan lalu bagi 2. (Adonan buat yg putih lebih banyak sedikit ya dr adonan buat yg hijau).

BOLU KOJO by @dellasuzura. Lembuut, Beraroma Wangi Pandan πŸ˜‹πŸ˜‹

Image
Ngopi sore kali ini ditemenin bolu kojo. Bolu nyo wong palembang πŸ’šπŸ’š. Berbeda dengan kebanyakan kue bolu lainnya yang empuk dan mengembang, Bolu kojo ini teksturnya padat, dan memberi sensasi lain dalam menikmatinya. Bolu ini juga bertekstur lembuut, beraroma wangi pandan, legit manis dan gurih santan πŸ˜‹πŸ˜‹. Bunda di rumah bisa coba bikin kue ini, cara bikinnya pun cukup mudah dan simpel. BOLU KOJO by @dellasuzura Bahan: 4 butir telur 800ml santan ( saya 600ml santan instan + 200ml endapan pandan) 100 gram butter 500 gram tepung terigu ( saya 400gram terigu + 100 gram maizena) 250 gram gula pasir 1/2 sdt garam 2 tetes pasta pandan Cara membuat: 1. Masak santan, butter dan garam hingga butter mencair sambil diaduk. Dinginkan. 2. Kocok telur dan gula pasir hingga larut menggunakan whisk. 3. Dalam wadah lain, campur terigu dan maizena. Tambahkan campuran kocokan telur dan gula tadi, serta larutan santan. Aduk hingga tercampur rata. Saring. 4. Kemudian tuang ke dalam loyang yang telah diol

RESEP BUBUR SINGKONG. Ini Enak Loh, Seperti Bubur Sagu Ambon

Image
Habis beli singkong nih, rencananya mau buat bikin kolak. Tapi ada daya setelah dikupas singkong nya nggak bagus alias keras..πŸ˜‚. Kalau dipaksa dibikin kolak pasti hasilnya nggak enak. Tapi nggak boleh dibuang juga dong, kan sayang kann..πŸ˜ƒ Akhirnya kepikirin dibuat makanan lain, diparut aja bikin bubur singkong. Ini enak loh seperti bubur sagu ambon. Makannya disiram dengan santan cair πŸ‘ŒπŸ‘ Nah, karena banyak yang minta resep, saya share di bawah ini, yang DM bisa liat di sini ya : Bubur Singkong by: Claudia Bahan: 1 buah singkong ukuran agak besar Air kira kira 750gr, boleh lebih kalau buburnya masih kental Gula merah 2 keping Gula pasir tergantung selera Daun pandan 3 lembar Santan kara Caranya : 1. Masak gula merah, gula pasir sampai cair. Saring lalu masukkan singkong parut dan daun pandan. 2. Masak dengan api kecil sambil diaduk sampai mengental. Koreksi rasa kalau dirasa kiranh manis, tambah gula. 3. Santan kara beri sedikit air, masak dengan api kecil. Kentalakan dengan sedikit

RESEP PUTRI MANDI by Aiz. Cakeppppp-nyaaa!

Image
Masih di kampung, enaknya bikin apa yaa. Yuk kita coba manfaatin maksimal bahan-bahan & prop yang ada di kebon πŸ˜€ Resepnya nyontek di blog @bunda_didi yg diadaptasi dari majalah sedap sekejap. Putri Mandi by Izzy's Kitchen Bahan Kulit: 200gr tepung ketan putih 50gr  kentang kukus halus.. 1/2sdt garam - 1/4sdt air kapur sirih (saya skip) 200 ml air hangat Pewarna makanan warna merah, kuning & hijau 4 lembar daun pandan, untuk merebus - daun pisang, bentuk takir kotak Bahan Isi: 200gr kelapa parut kasar - 175gr gula merah, sisir 2 lembar daun pandan - 1/2sdt garam - 125 ml air Bahan Kuah: 400 ml santan, dari 1/2 butir kelapa 1sdm tepung beras - 1 sdt tepung maizena 1/2 sendok teh garam 1sdt gula pasir Cara membuat: Isi: masak bahan isi sambil diaduk sampai kering dan meresap. Bentuk bulat kecil. Sisihkan. Kuah: rebus bahan kuah sambil diaduk sampai mendidih. Sisihkan. Kulit: 1. Campur tepung ketan, kentang kukus, garam, dan air kapur sirih, aduk rata. 2. Masukkan air hangat s

Resep Serundeng Ayam Suwir. Cukup Tambah Nasi Anget, Anak-anak Makannya Lahap Banget

Image
πŸ‘‰Serundeng ayam suwir. Serundeng biasanya disangrai bersama ikan dan bumbunya hingga kering dan pastinya membutuhkan waktu yang lama, karena oma tidak ada waktu untuk berlama2 didapur jadi oma ambil jalan pintas, biar cepet kelapanya bunda goreng dulu, untuk rasanya kata anak2 enak, gini aja dimakan sama nasi anget pada lahap & nambah2😊. Yang mau coba monggo πŸ‘ --Serundeng Ayam Suwir-- Resep ala  @mrs.wijaya Bahan: 200 gr kelapa parut 500 gr dada ayam fillet 5 cm lengkuas geprek 3 lbr daun jeruk angka 8 2 btng serai memarkan 200 ml air 50 gr gula merah sisir 3 sdm air asam jawa Garam & penyedap jamur secukupnya Minyak goreng secukupnya Bumbu halus : 7 siung b.putih 9 siung b. merah 5 bh cabe merah besar 50 gr cabe rawit 1 sdm ketumbar 1 cm kunyit Cara : 1. Goreng kelapa parut dgn minyak secukupnya angkat tiriskan sisihkan 2. Rebus ayam dgn air secukupnya hingga empuk, angkat tiriskan lalu suwir2 dan sisihkan 3. Tumis bumbu halus beserta lengkuas, daun jeruk, serai, hingga har

Resep Kue Talam Seri Muka by @mylittleprinceirham. Cantiknyaa!

Image
Dulu, sekitar 3 tahun yang lalu sebenarnya aku udah pernah coba bikin kue talam seri muka ini tapi ternyata gagal hehe. Nah, kebetulan minggu ini ngerjain @baking_bareng yang temanya olahan pandan, jadi aku mencoba bikin lagi,, alhamdulillah kali ini berhasil! Kue Talam Seri Muka by @mylittleprinceirham  Bahan: Lapisan bawah: 500 gr beras Ketan 300 ml santan mental 300 ml air 2 sdt garam Sedikit minyak(jika memakai santan instan) Cara buat: Cuci Dan rendam beras ketan selama 4 jam,tiriskan. Campurkan dengan santan, air, garam, lalu kukus selama 30 menit. Setelah matang, padatkan dan sisihkan. Lapisan Atas: 125 gr gula castor 100 gr tepung custard 600 ml santan 200 ml air 10 lembar daun pandan(blender menggunakan air diatas).sharing 4 butir telur 1/2 sdt garam halus 1/4 sdt pasta pandan Cara buat Campurkan semua bahan, blender atau aduk sampai rata, saring di panci, lalu masak selama 2_3 menit sambil diaduk, cukup hingga ber-uap saja. Tuang diatas lapisan bawah, lalu kukus selama 30-40

RESEP BUBUR SUMSUM by @manty_ravika. Legit dan Lembuuutt!

Image
Bubur Sumsum yang satu ini enak, legit dan lembuttt, saking lembut nya meluncur blesss ditenggorokan πŸ˜‹πŸ˜Š. Nggak terasa, Mamak udh ngabisin 2 mangkok hihi.. πŸ˜„πŸ˜Š BUBUR SUMSUM by @manty_ravika Bahan : 100 gram tepung beras 1/2 sdt garam 3 lembar daun pandan, simpulkan 800 ml santan dari 1/2 butir kelapa Bahan Kuah: 100 ml air 200 gram gula merah, iris halus ( pilih yg kualitas bagus ) 2 lbr daun pandan, simpulkan  Cara membuat : Larutkan tepung beras dgn sebagian santan, garam, dan sisihkan Didihkan sisa santan, masukkan daun pandan , pake api sedang saja. Tuang campuran tepung yang dibuat sebelumnya tadi, terus aduk hingga terlihat matang dan kental Membuat Saus : Campur semua bahan Kuah dan Rebus hingga larut dan kental lalu saring Siram saus gula merah di atas bubur sumsum ...enakk πŸ‘πŸ»πŸ˜„ Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.. Sumber

Resep Ketan Serundeng. Makanan Jadul Yang Enak, Gurih dan Bikin Kenyang πŸ‘πŸ˜‹

Image
Assallamualaikum.. Sarapan Pagi ini ditemani dengan ketan serundeng 😊. Dulu pas kecil sukaak banget sama makanan ini. Enak, gurih, dan yang jelas bikin kenyang, hehe.  Sekarang nyari yang jualan ini kok susah banget ya. Ya udah mending bikin sendiri aja, mantuul! BAHAN: 500 Gr beras ketan yang sebelumnya sudah direndam kurleb 1 jam 250 ml santan kekentalan sedang 200 gr kelapa parut untuk serundeng 2 lembar daun pandan Secukupnya Garam . BUMBU HALUS : 6 siung bawang merah 3 siung bawang putih 2 cm Kencur 3 buah cabe keriting 1 buah cabe merah besar Secukupnya cabe rawit jika ingin pedas. 2 sdm udang rebon kering 1/2 sdt ketumbar Secukupnya kunyit Secukupnya gula pasir Secukupnya garam Secukupnya kaldu bubuk PELENGKAP : 1 Batang serei keprek 2 lembar daun jeruk robek2 CARA MEMBUAT : BERAS KETAN : 1.Kukus Beras Ketan yg sudah dicuci dan direndam sampai setengah matang,matikan api. 2.Rebus santan,beri garam dan daun pandan sampai mendidih,pindahkan santan diwadah,lalu masukan beras ketan

TEMPE PENYET SAMBAL KENCUR. Menu Sederhana Yang Bikin Nafsu Makan Menggila

Image
Hujannya lebat, Alhamdulillah... Sarapan simpel kami di pagi ini, walaupun simpel tapi bikin kangen.. yuk buka ricecooker 😁. Terkadang bingung dan bosen ya kalo makan ayam atau ikan terus atau unsur protein hewani lainnya. Menu sederhana ini menjadi salah satu alternatif saya kalo lagi bosen ikan dan ayam.. Malah gawatnya menu ini bisa bikin nafsu makan lho..πŸ˜…. Kalau kurang suka bawang putih mentah yg hanya dikucuri minyak panas gini, boleh juga bawang putihnya digoreng sebentar sampai layu 😊. TEMPE PENYET SAMBAL KENCUR By: @siska_dewi_lestari BAHAN : 8 potong Tempe Cabe rawit sesuaikan Kencur 3 cm 3 siung Bawang putih 3-5 lembar Daun jeruk, buang tulangnya Garam secukupnya Sedikit gula CARA MEMBUAT : 1. Tempe, rendam dengan air garam, kemudian goreng pada minyak yg telah dipanaskan sampai matang, angkat. 2. Uleg bawang putih + kencur + daun jeruk + cabe rawit, beri sedikit gula dan garam secukupnya. Setelah itu beri beberapa sendok minyak panas dr menggoreng tempe. 3. Kemudian peny

Resep Puding Santan Gula Merah. Bahan2nya Murah, Tapi... Rasanya Enak, Lembut dan Seger!

Image
Puding santan dan gula merah... hmm puding paling simple dan praktis. Bahan2nya murah, tapi... rasanya enak, lembut dan seger! Penampilannya juga cantik, karena setelah di tuang di cetakan, nanti adonan santan dan gula merahnya akan terlihat terpisah sehingga seperti dua lapis pudingnya. Puding Santan Gula Merah By: @cynthiahali Bahan - bahan : 1 bks agar agar bubuk 200 gr gula merah 1 sdm gula pasir Santan kental 200 ml Air 800 ml Garam 1/2 sdt Daun pandan 2 lembar Cara Membuat : Rebus gula merah dan air sampai gula larut. Saring. Campur air gula merah dan santan kental, masukkan agar2 bubuk, gula pasir , garam dan daun pandan. Masak sambil di aduk hingga mendidih. Tuang di cetakan puding sesuai selera. Dinginkan di kulkas. Sajikan. Selamat mencoba yaa... Sumber

Resep Puding Nutrisari Jeruk. Seger Banget!

Image
Penasaran banget sama Puding Nutrisari Jeruk.. Sekali ini bikin dan nyoba2, rasanyaaaaa hohohoooo, rasa jeruk! πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ .. Maaf, ini iseng nyoba2 doank yaa, tapi hasilnya mantap juga mak! Puding Nutrisari Jeruk by @fridajoincoffee Puding Lapis Bawah: 2 sachet Nutrisari Jeruk 120 gram Kental Manis Putih 1 sachet bubuk agar (7 gram) 500 ml air Puding Lapis Atas: ¼ sachet Nutrisari Jeruk ½ sachet bubuk agar 3 sdm gula pasir 250 ml air Jeruk kalengan / jeruk segar Cara Membuat: 1. Buat Puding Lapis Bawah: campurkan semua bahan, aduk rata hingga larut. Nyalakan api kecil, aduk2 puding hingga mendidih. Biarkan hingga uapnya hilang. Lalu tuang ke dalam cetakan. Dinginkan, tapi tidak sampai padat. 2.  Buat Puding Lapis Atas: campurkan semua bahan, aduk rata hingga larut. Nyalakan api kecil, aduk2 puding hingga mendidih. Biarkan hingga uapnya hilang. 3. Letakkan jeruk di atas puding lapis bawah, lalu tuang puding lapis atas, pelan2 dengan bantuan sendok. Lalu dinginkan. 4. Sajikan selagi dingin.

Resep Bolu Tape Keju by @fridajoincoffee. Empuk dan Mengembang πŸ‘

Image
Kali ini mak Frida bikin Bolu Tape Keju, resep dah lama Mak Frida simpen. Sebenarnya jarang bikin Bolu Tape, biasanya seringan bikin Prol Tape, karena ga perlu mikser2. Kalo ditanya teksturnya, bedaaa yaa antara Prol Tape dan Bolu Tape. Kalo Prol Tape lebih padat dan lembut, kalo Bolu Tape ini ngembang dan empuk. Jyuuukkk ngopi sore mak! Bolu Tape Keju by @fridajoincoffee Bahan: 4 kuning telur 3 putih telur 150 gram gula pasir halus 1/2 sdt vanili bubuk 150 gram tepung terigu protein sedang 200 gram tape singkong, buang seratnya, campur dengan 1 sachet santan instan (65ml), haluskan dengan garpu 100 gram margarin cair Keju parut untuk topping Loyang tulban diameter 20cm Cara Membuat: 1. Kocok telur, gula pasir dan vanili sampai kental berjejak. 2. Masukkan ½ bagian terigu, ½ bagian tape, ½ bagian margarin cair, aduk rata, masukkan kembali sisa2 bagian tadi secara bergantian, aduk rata (teknik aduk balik dengan spatula). 3. Masukkan ke dalam loyang tulban yg sudah dioles dg margarin dan

Ayam Bakar Taliwang Dengan Bumbu Melimpah. Lezatnya Meresap ke Dalam

Image
Ayam taliwang ini emang ciri khasnya penuh bumbu yah, jadi pas dibakar bisa diolesi bumbu banyak-banyak. Ini enak, pas diungkep aja wangi bumbunya semerbak ke seisi rumah 😁. Apa lagi pas dibakar, bikin perut benar-benar ga sabaran pingin diisi 😣. Ayam Bakar Taliwang By @dada.tastes Bahan: 1 ekor ayam kampung 2 bh jeruk kunci/nipis 1 sdm kecap manis 100 grm gula merah sisir 3 lbr daun jeruk sobek2 2 btg sereh geprek 500 ml santan + air Garam secukupnya Timun iris Bumbu halus: 10 bh cabe keriting 3 bh cabe rawit 10 bh bawang merah 6 bh bawang putih 2 sdt terasi bakar 1 bh tomat 1 cm kencur Cara membuat: 1. Bersihkan ayam belah dua, marinasi ayam dgn jeruk kunci/nipis. 2. Panaskan minyak di wajan tumis bumbu halus, sereh geprek dan daun jeruk sampai wangi. 3. Masukkan ayam aduk rata. 4. Tambahkan santan, air, gula merah, kecap manis dan garam ungkep ayam. 5. Masak Ayam sampai empuk bumbu mengental. 6. Panggang bolak balik dgn grill pan sambil di olesi sisa bumbu tadi. 7. Angkat dan saji

Resep Apem Panggang. Bahannya Sederhana, Bikinnya Gampang, Hasilnya Mantap!

Image
Cemilan sore tadi bikin apem, kue tradisional yang nggak ada matinya, hehe. Kita bikin yang simpel2 aja kali ini. Bikinnya jugadikit aja, cuma dapet 1 setengah cetakan aja 😁. Bagi yang mau bikin banyak, resepnya tinggal dikalikan dua yaaa πŸ˜‹. Apem Panggang by @fithriya79 Bahan: 60 gr tape singkong 90 gr gula pasir 130 gr tepung beras 35 gr tepung terigu protein sedang 1/2 sdt ragi instant 220 ml santan kekentalan sedang (sy 65 gr santan instan + air) 1 lembar daun pandan (sy skip lupa 😁) Cara membuat: 1. Rebus santan dengan daun pandan hingga mendidih, matikan api. Sisihkan dan biarkan hingga hangat. 2. Dalam wadah, haluskan tape sambil dibuang sumbunya, tambahkan gula, aduk hingga menyatu dan lembut. 3. Campur adonan tape, tepung beras, terigu, dan ragi. Tambahkan santan sedikit sedikit sambil diaduk2 terus hingga rata dan adonan terasa ringan. Diamkan adonan kurleb 1 jam (sy 40 menit), tutup dg kain / serbet dapur. 4. Panaskan cetakan dengan api kecil. Setelah 1 jam, aduk adonan se

RESEP KULIT RISOLES. Recommended Banget Mak!

Image
Udah lama ga bikin risoles ya, kebetulan kemarin ada sisa telur rebus dibikinin kulit dan bungkus deh haha. Ini kulit recommend banget mak, ngga sobek pas mau gulung dan wangi ngga amis. KULIT RISOLES by : @dapur.shanty__6 BAHAN : 130 gr tepung terigu 10 gr tepung maizena 10 gr susu bubuk 1 butir telur utuh 1/2 sdt garam 2 sdm minyak goreng 300 ml susu full cream PECELUP : 1 butir telur kocok lepas Tepung panir secukupnya BAHAN ISI : Mayonaise Telur rebus Keju lembaran CARA MEMBUAT : 1. Campur tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk dan garam lalu dibuat lobang tengah dengan telur. 2. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit ke bagian kuning telurnya lalu campur sampai rata dengan whisk. 3. Masukkan 2 sendok makan minyak goreng, aduk rata. Saring adonan agar mencegah ada adonan yang menggumpal, lalu sisihkan. 4. Panaskan teflon di api sedang, untuk pertama kali oleskan teflon dg sedikit minyak tipis saja 5. Ambil 1 sendok sayur tuang dalam wajan anti lengket. Ratakan, dan tunggu sampa

Garang Asem Ayam Kampung. Seger Banget!

Image
Seger banget deh menu ini. Pakai belimbing wuluh bikin garang asem ini asem-asem segerrr. Bikin air liur menetes dan nafsu makan mengkat! hehe Bahan-bahan: 1/2 ekor ayam (saya potong jadi 5 bagian) Secukupnya air perasan jeruk nipis 500 ml air 4 sdt fiber creme / santan Secukupnya minyak goreng Bumbu Iris : 8 siung bawang merah 4 siung bawang putih 2 pcs cabe hijau besar 5 lcs cabe merah keriting 1 ruas lengkuas 1 ruas jahe 2 batang serai Bumbu Pelengkap : 5 pcs belimbing wuluh (iris) 5 pcs cabe rawit merah (utuh) 2 pcs tomat hijau 1 pcs tomat merah 5 lembar daun salam 3 lembar daun jeruk Secukupnya gula, garam dan kaldu bubuk rasa ayam (jika suka) secukupnya Daun pisang Cara membuat: 1. Kucuri ayam dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan sebentar. Bilas dengan air bersih 2. Rebus ayam sebentar hingga kotorannya keluar. Bersihkan kembali dengan dibilas air bersih. Sisihkan 3. Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu iris hingga harum 4. Masukkan ayam. Aduk rata 5. Tambahkan air. Masak hingg

IKAN MAS KUAH KUNING KEMANGI. Seger Disantap dan Dijamin Meningkatkan Nafsu Makan

Image
Suami pulang mancing tapi bingung ikan mau dimasak apa? Hmm cuma digoreng sudah oada bosen. Diapain lagi yaa. Pengen yang cepet bikinnya, seger disantap dan dijamin meningkatkan nafsu makan.  Ikan mas kuah kuning ini bisa jadi solusinya bun. Bisa pake ikan mas, nila atau ikan lainnya kok. Meskipun jenis bahannya agak banyak. tapi proses bikinnya gampang kok. Yuk cobain! IKAN MAS KUAH KUNING KEMANGI⁣ By @matthewmaureen⁣ ⁣ Bahan : 1 kg ikan mas potong sesuai selera⁣ 10 bh cabe rawit campur utuh ⁣ 5 bh cabe rawit campur iris ⁣ 4 lbr daun jeruk ⁣ 1 btg sereh di geprek ⁣ 3 papan pete kupas⁣ 2 ikat kemangi petik daun nya aja⁣ Asem kandis secukupnya ( optional )⁣ 30 ml santan kental ( boleh lebih sesuai selera )⁣ Garam ,gula secukupnya ⁣ Bumbu Yg dihaluskan: 8 siung bawang merah ⁣ 5 siung bawang putih ⁣ 3 btr kemiri ⁣ 10 bh cabe merah keriting ⁣ 5 bh cabe rawit ⁣ 1 bh kunyit uk.kecil⁣ 1 ruas jahe ⁣ 1 cm lengkuas di geprek⁣ Caranya: 1. Cuci bersih potongan ikan mas, tiriskan lalu lumuri dengan

Resep Bubur Kampiun. Tak Hanya Lezat, Tapi Juga Cantik!

Image
Apa jadinya kalau berbagai jenis bubur digabung jadi satu dalam mangkok? Jadilah Bubur Kampiun! Bubur ini tidak hanya lezat, tapi penampilannya juga sangat cantik. Sangat instagrammable, hehe. Penampilannya yang menarik, cocok juga untuk dijadikan bahan jualan. Setahu saya belum banyak orang yang jualan bubur jenis ini. RESEP BUBUR KAMPIUNBy @deviirwantari Bahan 1 (Biji Salak) : 300 gr ubi orange (dikukus) 100 gr tepung sagu Bahan kuah : 250 gr gula merah 100 gr gula pasir 2 lembar daun pandan 1000 ml air Bahan 2 (bubur sumsum): 100 gr tepung beras 500 ml santan 2-3 tetes pasta pandan 3 sdm gula pasir 1/2 sdt garam Bahan 3 (mutiara): 100 gr mutiara 2 sdm gula pasir 1000ml air Bahan 4 (ketan Hitam): 100 gr ketan hitam 3 sdm gula pasir 1/2 sdt garam Bahan 5 (Kuah Santan): 600 ml santan 150 gr gula pasir 1 sdt garam 1 helai pandan 2 sdm tepung beras Bahan 6 (pisang): 5 pisang kepok (dikukus) Cara Membuat : 1. Bahan 1 : kukus ubi sampai empuk (kurlep 20 menit) haluskan . Campur dengan tapi

Resep Cake Karamel Kukus. Dingin, Moist dan Nyoklat Banget!

Image
Alhamdulillah berhasil juga bikin cake ini, hasil liat resep di youtube chanelnya Buat Orang Lapo. Hasilnya enak, dingin, moist dan nyoklat banget. Pecinta karamel pasti suka sama cake yang satu ini. Cake Karamel Cokelat Kukus by @aniktriwina Loyang 22x11x6 cm (sebaiknya gunakan loyang yg anti lengket, tanpa dioles apapun ya). Panaskan kukusan api kecil, tutup dilapisi kain bersih Bahan Karamel:  -1½ sdm gula pasir => Dalam panci kecil panaskan gula dng api kecil hingga menjadi karamel, lalu tuang dalam loyang, sisihkan. Bahan Puding: 200 ml susu cair plain 50 gr gula pasir 2 butir telur (@ 50 gr tanpa kulit) 1 butir kuning telur ½ sdt essen vanila Langkah: 1. Panaskan susu cair dan gula dlm panci kecil bekas bikin gula karamel tadi, api kecil ya hingga gula larut, tidak smp mendidih. Sisihkan 2. Dalam wadah bersih campur telur, kuning telur dan essen vanila gunakan whisker kocok pelan saja hingga tercampur rata. 3. Lalu masukkan susu cair yg sdh direbus tadi aduk rata jng terlalu k