Posts

Showing posts from March, 2020

Resep CILOK, Jajan Enak, Cocok Buat Jualan!

Image
CILOK By @dessivilast (ig) Bikin camilan enak, murah, meriah.. ini bikinnya dibantu anak gadis. Makannya agak sedikit kurang bulat ye kan mak,😅 Gpp lah yaa itung2 belajar bikin camilan ga tau matangnya aja 😁 Source: ustadzah aisha . CILOK Bahan-bahan: 250 g Tepung terigu 200 g Tepung kanji 400 ml Air panas (mendidih) 40 ml Minyak goreng 250 g Tepung roti Bumbu: Garam secukupnya Merica bubuk secukupnya Bawang putih di haluskan (optional) Pelengkap: Saus kacang Cara membuat: Campur tepung terigu dan bumbu2 aduk sampai rata, masukkan air mendidih aduk sampai rata, lalu masukkan minyak aduk kembali sampai rata sisihkan tunggu sampai hangat. ▪Setelah hangat masukkan tepung kanji uleni sampai kalis, setelah kalis. siap di bentuk bulat. Bisa diisi sosis/telur puyuh/keju cheddar Rebus dalam air mendidih hingga cilok mengapung tandanya sudah matang Sajikan dengan saus kacang atau sesuai selera Selamat mencoba

Es Pudding Buah Resep ala @mrs.wijaya

Image
Es Pudding Buah-- Resep ala @mrs.wijaya (ig) Bahan pudding : 1 bks agar2 putih (7g) 1/2 bks nutrijell kelapa muda (7,5g) 200-250 gula pasir 1300 ml susu cair full cream Bahan es lainnya: (buah bisa ditambah buah apa sj sesuai selera dan potong2/serut sesuai selera) 1/4 bh semangka uk sedang 1/4 bh blewah uk sedang 2 bh alpukat uk besar 2 kaleng buah leci kalengan 1 kaleng susu kental manis Air secukupnya Es batu secukupnya Cara memasak: Pudding susu : dlm panci campur semua bahan pudding jadi satu aduk rata, didihkan sambil diaduk (jika tdk suka terlalu manis beri gula 200 gr, jika suka manis beri gula 250 gr) Angkat dan hilangkan uapnya sebentar lalu tuang ke loyang,dinginkan pada suhu ruang kemudian masukkan kulkas, potong2/serut sesuai selera Dalam wadah, masukkan potongan pudding beserta bahan es lainnya, aduk rata koreksi rasa, tuang kegelas/mankok, sajikan. (bisa ditambah sirup sesuai selera, bunda tdk pke karena anak2 lebih suka pke susu saja). . Selamat mencoba ☝️

Resep Pisang Rambutan, Cocok Buat Cemilan Bersama Keluarga

Image
Pisang Rambutan by @fridajoincoffee (ig) Bahan-bahan: 5 buah pisang, potong menjadi 3 5 sdm terigu 2 sdm tepung beras 75 ml air 2 sdm gula pasir ¼ sdt garam 25 lembar kulit pangsit, potong halus Cara Membuat: Campur terigu, tepung beras, gula, garam dan beri air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, sampai adonan kental dan lengket. Masukkan pisang, aduk rata.  Letakkan pisang diatas potongan kulit pangsit, sambil diratakan kulit pangsit menutupi permukaan pisang. Goreng dengan minyak panas sampai matang dan kering. .. .. Note : adonan tepung bisa diganti tepung instan pisang goreng merk andalan emaknyaaaaa .

Cara Membuat Kwetiau Goreng, Praktis dan Tidak Ribet

Image
Resep praktis ini dari @yunitaanwar. (ig) Selamat mencoba ya gaesss! Kwetiau Goreng Bahan-bahan : 250gr kwetiau basah 15 buah udang, bersihkan kotorannya dan sisakan ekor 5 buah bakso sapi, iris 3 buah telur ayam 4 siung bawang putih, cincang halus 5 sdm kecap manis 1 sdm kecap asin 1 sdt kecap ikan 1/2 sdt garam 1/4 sdt merica 2 batang daun bawang, iris serong segenggam tauge cabai rawit ijo (optional) minyak goreng Cara membuat : Seduh kwetiau dengan air panas kemudian tiriskan. Tumis bawang putih dengan minyak goreng (jangan terlalu sedikit minyaknya) hingga harum kemudian masukkan udang dan potongan bakso. Masukkan telur dan di orak arik. Masak hingga udang berubah warna. Masukkan kwetiau dan tuang kecap manis, kecap asin, kecap ikan, garam dan merica. Aduk rata dan koreksi rasa. Masukkan daun bawang dan tauge. Tumis sebentar dan angkat. Kwetiau goreng siap disajikan. Selamat mencoba

Cara Membuat Asinan Buah, Seger Menggoda

Image
ASINAN BUAH by @aras_galeri (ig) Bahan-bahan: Buah segar, saya pake nanas + mangga muda + jambu merah (Bisa di tambah dengan kedondong, salak, ubi merah, pepaya muda, jeruk bali dll sesuai selera) Bumbu: 10 cabe merah kriting 5 cabe rawit merah (boleh di skip kalo gak suka pedes) Seujung sendok terasi goreng, larutkan dengan sedikit air panas lalu di saring (biar kuah asinan gak kotor) 1/2 sdm asam jawa larutkan dengan air lalu di saring (boleh di ganti cuka) Garam dan gula pasir Cara membuat: Cuci bersih buah segar, potong-potong lalu bilas dengan air matang (aqua) tiriskan Ulek cabe dan garam, lalu rebus dengan air (sekitar 3-4 gelas), tambahkan gula pasir, larutan terasi dan air asam jawa, masak sampai mendidih sambil di icip-icip kuahnya agar pas dengan selera, tunggu sampai dingin lalu campurkan dengan buah potong Dinginkan asinan di kulkas, bisa di sajikan dengan taburan kacang tanah goreng kalo suka .. sy skip kacang goreng krn kurang suka Selamat mencoba

Resep AYAM TALIWANG cobain resepnya @cheche_kitchen

Image
AYAM TALIWANG by @cheche_kitchen (ig) Bahan-bahan : 1 ekor ayam boiler / ayam kampung pejantan yg masih muda. 1 bh jeruk nipis 1 sdt Garam / secukupnya 500 ml santan / lebih (dari butir kelapa) Minyak goreng secukupnya 1 sdm gula merah Jika suka kaldu bubuk secukupnya Bumbu Halus : 20 bh / lebih cabe merah keriting / secukupnya 10 bh rawit setan (lombok) / secukupnya 7 siung bawang putih 12 siung bawang merah / lebih 1 sdm terasi, bakar / sangrai (sesuai selera) 5-6 kemiri Garam secukupnya . Cara membuat : Lumuri ayam dengan jeruk nipis & garam, diam 30-45 menit sampai air jeruk meresap. Panaskan minyak goreng secukupnya, tumis bumbu halus hingga harum, lalu tambahkan gula merah, aduk-aduk. Tambahkan santan, aduk sampai mendidih. Tambahkan ayam, masak hingga daging ayam empuk & meresap. Dan kuah menyusut. Lalu bakar sambil sesekali bumbu diolesi hingga bagian luarnya mengering & sajikan. Selamat mencoba

Resep Bolu Santan 3 Warna Kekinian, Enak dan Mudah Dibuat

Image
BOLU SANTAN 3 WARNA by @dapoersikoko (IG) Bahan: 125 gr tepung terigu protein rendah 175 gr gula pasir 6 btr telur uk sedang 125 ml santan kental 1/2 sdt garam halus 1 sdt baking powder 1/2 sdt pasta vanili 1/2 sdt pasta pandan 1/2 sdt pasta coklat  Cara Membuat: Panaskan oven 170°C. Siapkan loyang uk 21,5 x 10 x 7 cm, olesi margarin dan taburi tepung terigu Kocok gula, telur dan vanili dengan mixer sampai mengembang pucat selama 20 menit. Masukkan terigu dan baking powder yg sudah diayak terlebih dahulu, aduk balik perlahan. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan sampai rata. Bagi adonan menjadi 3 bagian sama rata, beri tiap bagian dengan pasta yg berbeda, aduk rata perlahan. Tuang adonan coklat ke dalam loyang, panggang selama 15 menit. Keluarkan, tuangi adonan vanila, panggang selama 15 menit.  Keluarkan, tuangi adonan pandan, letakkan di rak atas, panggang 15 menit lagi. 

Resep Bianca Sponge Cake Anti-Gagal Bikin Penasaran

Image
Bianca Sponge Cake by @fridajoincoffee (IG) Bahan: 300 gr Bianca Sponge Cake Premix 6 butir telur 20 gr SP/TBM 150 gr mentega cair Cara Membuat: Campurkan semua bahan, kecuali mentega cair. Kocok pelan 1 menit hingga tercampur rata, lalu naikkan kecepatan, kocok selama 6 menit. Tuang mentega cair hangat, kocok dengan kecepatan sedang selama 2 menit. Tuang adonan dalam cetakan yang telah dioles margarin dan ditabur tepung. Panggang selama 30 menit dengan suhu 185°C atau sampai matang. Catatan: Loyang diameter 21 cm

Resep Churros Simple dan Anti-Gagal Tanpa Mixer

Image
CHURROS Source @yunitaanwar (IG) Rebake @vinsfoodie (IG) Bahan: 100 grm metega asin 250 ml air 1 sdm gula pasir 150 g tepung terigu 1 sdt Vanilli 3 butir telur ayam Minyak unk menggoreng Gula pasir (Gula butiran halus/castor) Bubuk kayu manis Cara Membuat: Lelehkan metega asin, air, gula pasir dalam panci sampai larut! Masukkan tepung terigu dan vanilli, aduk sampai adonan rata dan menggumpal. Matikan api tunggu dingin. Masukkan telur satu persatu, aduk sampai rata, pindahkan le piping bag yg sudah di beri spuit bintang. Panaskan minyak goreng, semprot kan adonan ke dalam minyak. Goreng churros hingga kuning kecoklatan. Gulingkan churros ke dalam gula halus dan bubuk kayu manis selagi panas. Siap disajikan!!

Resep Sambel Mangga Muda Pedas Enak dan Mudah. Yuk Save Bund!!!

Image
SAMBEL MANGGA by @aras_galeri (IG) Bahan : 1 buah mangga ukr kecil *sy pake mangga apel yang udh kuning, rasanya manis-manis ashem, bisa ganti mangga muda / mangga mengkal lainnya 10 cabe merah kriting 5 cabe rawit merah Segenggam rawit ijo 1 tomat merah ukr kecil 1/2 sdt terasi matang 1 jeruk limo Garam & gula pasir secukupnya Caranya : Goreng cabe & tomat 1/2 matang, pake sedikit minyak, asal aja ya gorengnya! Lalu ulek kasar tambahkan terasi matang, garam, gula pasir, mau pake penyedap silahkan sesuai selera masing-masing. Lalu campurkan dengan irisan mangga, tetesi air jeruk limo!!!

Resep Tumis Tahu Daging Sapi Cincang Buat Olahan Tahu yang Ga Bete

Image
Tumis Tahu Daging Sapi Cincang By @yendaniels (IG) Bahannya : 4 bh tahu potong dadu, goreng sisihkan Daging sapi secukupnya cincang halus, taburi sedikit garam dan merica bubuk 3 bawput geprek lalu cincang halus Seruas jahe geprek, 1 lbr daun salam 3 cabe merah cincang kasar 3 bawmer iris 1 bh tomat sedang, iris Rawit utuh secukupnya Cara : Tumis bawput dan jahe sampai harum! Masukkan daging cincang, tumis sampai matang, masukkan bawmer, cabemerah, rawit, tomat dan daun salam, beri garam, kecap asin, saos tiram dan kecap manis...aduk! Tambahkan sedikit air, masukkan tahu goreng, aduk! Biarkan bumbu meresap...masukkan 1 sdt larutan maizena, taburi daun bawang! Siap disajikan!!!

Resep Cakwe Mengembang yang Garing Di Luar dan Empuk di Dalam, Buat Konsumen Capek Bulak-balik

Image
Siapa yg gk kenal cakwe.. roti teman makan bubur ayam.. yg jg camilan paling lezat di cocolin saus asam manis.. Bny di jual abang2 pinggir jalan.. biasanya barengan sama roti goreng wijen.. murah meriah lagi. Ternyata setelah baca2 resep yg banyak bersliweran.. gampang banget. CAKWE Bahan Biang : 3 sdm air hangat 1 sdt ragi instan 1 sdt tepung terigu 1/4 sdt garam (Campur jd satu dan diamkan 15 menit) Bahan 1 : 250 grm tepung cakra 150 ml air 1/2 sdt garam 1/2 sdt baking soda 1/2 sdt baking powder 1 sdm minyak goreng Cara Membuat : Campur bahan 1 dng bahan biang, aduk rata! Tuang air sedikit demi sedikit, sampai adonan pas.. Kemudian uleni sampai kalis. Diamkan di wadah tertutup selama 2-3 jam. Kempiskan adonan, taburi terigu tipis2 dan gilas kira2 2 cm, potong memanjang 12 cm dan lebar 2 cm Tumpuk 2 adonan lalu tekan bagian tengah dng tusuk sate. Goreng dng minyak banyak sampai ke dua sisi nya kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan!!! Saus : 2 siung bawang putih, haluskan 4 buah cabe

Resep Tahu Kriwil Krispi Mudah, Hemat dan Bikin Betah di Rumah

Image
Yang Doyan makan Tahu mana suaranyaa 😅 Mama mryam suka bgt makan tahu, makanan orng indonesia semua kalangan. Biasanya d goreng, nah untuk kreasi goreng pake resep nya bunda @mrs.wijaya . Jadi Tahu kriwil, lucu ya namanya TAHU KRIWIL by @hilmi_fitriani87 (IG) Bahan : 500 gr tahu Putih 5 sdm tepung terigu 2 sdm tepung maizena 3 siung bawang putih haluskan 1 sdt merica bubuk Garam secukupnya Minyak untuk menggoreng secukupnya How to Make : Haluskan tahu menggunakan garpu, lalu campur semua bahan jadi satu (kecuali minyak goreng) aduk rata dan koreksi rasa! Supaya Kriwil, tahu tidak perlu dibentuk atau di bulat-bulat cukup ambil adonan dengan menggunakan sendok makan atau garpu. Panaskan minyak,goreng adonan tahu hingga matang.saat menggoreng, pastikan adonan tahu terendam minyak. Angkat dan tiriskan. Selagi panas sajikan dengan cocolan sambal kecap atau saus sambal.

Resep Combro Kering Renyah dan Mudah Nihh. Yuk Coba!!!

Image
Combro Kering Renyah by ranny tanudibrata (cookpad.com) Bahan : 1 kg singkong yg bagus, parut kemudian peras buang airnya dan gunakan ampasnya 2 sdm tepung kanji/tepung sagu 2 lbr daun bawang di iris halus 100 gram kelapa parut peras, ambil ampasnya Secukupnya garam, gula, minyak Bahan Isi Comro: 200 gram oncom Haluskan: 2 siung bawang merah, 2 siung bawang putih 8 bh cabe rawit 2 cm kencur 1 ikat daun kemangi Langkah : Campurkan singkong, kelapa parut, daun bawang, tepung sagu dan uleni dgn merata! Tumis bumbu yg dihaluskan, juga oncom, daun kemangi, gula, garam, aduk sampai rata,jika sudah tercampur rata dan matang angkat dan dan siap untuk dijadikan isi combro. Ambil adonan combro ke telapak tangan masukan isi combro, bentuklah combro seperti pada umumnya (bulat pipih)  ! Siapkan wajan panas, goreng combro sampai warna keemasan! Sajikan selagi hangat!!!

Resep Bolu Kukus Mekar, Cocok Buat Cemilan Santai

Image
BOLU KUKUS MEKAR Rebake: @murniasri_sarifudin (ig) Source: @yusnita.erni.9 ・・・(ig) Bolu kukus mekar yang ngga maksimal mekarnya🤭. Bikin dari telur 1 butir ngocoknya pake hand mixer jadul, kayaknya kode minta dilembiru nih mixer😂. Buat ngocok bolu2an hasilnya dah kurang oke, sudah lelah dia dari dulu dipake ngulen donat😅. Bolu kukus pake resep biasa, air sodanya aja ganti susu uht. Bikin setengah resep, karena adonan ngga mau ringan padahal udah dimixer lama jadinya cuma 7 biji doang. Lumayan buat bocah, si kakak suka sih kalau yang kecil ngga mau nyentuh😅 dia sukanya donat🍩🍩, mamaknya nanti maghrib Insyaa Allah baru bisa nyobain Bahan-bahan: 2 butir telur 175 gram gula pasir 200 gram tepung terigu protein rendah (kunci biru) 125 ml sprite/air soda ( yang ini pake susu UHT full cream) 1 sdt vanilla( saya skip/ ga pake) 1/2 sdt tbm(me: sp) Cara membuat: Kocok semua bahan jadi satu kecuali sp, setelah 5 menit masukkan spnya. Kocok lagi dengan mixer speed tinggi sampai putih kental m

Resep Roti Sobek filling Coklat By @fithriya79

Image
Roti Sobek filling Coklat By @fithriya79 (ig) Bahan: 200 gr tepung terigu protein tinggi 100 gr tepung terigu protein sedang (bisa full protein tinggi, kebetulan stock habis) 50 gr gula pasir 2 sdm susu bubuk 2 sdt ragi instan 1 butir telur 130 ml air / susu cair dingin (disesuaikan, bs jadi kurang atau lebih) 45 gr margarin / butter Sejumput garam Isian: dark cooking chocolate Olesan: susu cair Topping: sesuai selera (sy skip) Cara Membuat: Dalam wadah: campur dan ayak tepung terigu dan susu bubuk, tambahkan gula pasir, dan ragi, aduk rata. Tambahkan telur, masukkan susu cair sedikit2 sambil diulen hingga hampir kalis, masukkan butter dan garam, uleni hingga kalis elastis. Bulatkan adonan, oles wadah dengan sedikit minyak goreng, taruh adonan, lalu diamkan hingga sedikit mengembang, sy 15 menit.. Bagi dan timbang adonan sesuai selera (sy bagi 19), lalu bulatkan semua adonan. Ambil adonan pertama yg dibulatkan, pipihkan adonan, beri isian, lalu bulatkan. Tata diloyang yg telah dioles t

Resep LUMPIA UDANG KULIT TAHU By @ernibryan

Image
LUMPIA UDANG KULIT TAHU By @ernibryan (ig) Bahan-bahan: 250 gr daging ayam, haluskan 200 gr udang, haluskan 2 siung bawang putih, haluskan 2 sdm minyak wijen 1 sdm saori Penyedap jamur secukupnya 50 gr tepung sagu 1 butir telur Wortel potong kecil2 secukupnya Daun bawang potong kecil secukupnya 50 gr soun rendam air panas, tiriskan lalu potong2 Cara membuat: Kulit tahu potong kotak uk 10 cm × 10 cm ( kulit tahu tdk perlu direndam air jd lgs dibungkus dgn adonan) Tahapnya: Campur smua bahan yg diatas aduk hingga rata Ambil 1 sdm adonan taruh diatas kulit tahu lalu bungkus sesuai selera Lakukan hingga habis Goreng dgn minyak yg banyak sampe matang Sajikan dgn sambal Resep sambal cuka 2 bh cabe keriting 10 cabe rawit 2 siung bawang putih 100 ml air mineral Cara membuat: Cuka secukupnya ( saya pake 1bh jeruk limau) Gula, garam secukupnya Haluskan cabe n bawang putih lalu tambahkan air, gula, garam, air jeruk Koreksi rasa sampe pas . Selamat mencoba

Resep BASIC STEAMED BUNS By @mega_dingding

Image
BASIC STEAMED BUNS By @mega_dingding (ig) Bahan-bahan: 225 gr terigu segitiga 75 gr tepung tangmien 4 gr ragi instant 30 gr gula 10 gr minyak sayur 160 gr susu cair full cream dingin Cara membuat: Mixer dng low speed sampai adonan mengumpul, kemudian naikkan speed dan lanjutkan mixer lagi sampai adonan kalis. Bagi masing2 sekitar 50 gr, tutup adonan dng plastik supaya tidak kering. Sesudah diberi isian, bulatkan. Oles susu permukaannya. Biarkan proof hingga 50% lebih besar ukurannya, kukus di kukusan yg sdh dipanaskan dng api medium, sekitar 12 menit, matikan api, biarkan sebentar dlm kukusan, angkat, dinginkan di cooling rack . Selamat mencoba

Resep Sambel Daun Jeruk Segar untuk Temani Keluarga di Rumah

Image
SAMBEL DAUN JERUK ⁣⁣by: @cheche_kitchen (IG) Bahan : 20 bh rawit lombok (rawit setan) 15-20 rawit ijo biasa 3 siung bwg putih 8 siung bwg merah 1 bh tomat merha uk besar/ 2 tomat merha uk kecil Garam seckpnya Gula pasir seckpnya 3 -4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya Asam sundai / jeruk limo seckpnya Minyak goreng yg di panaskan seckpnya Cara : Uleg semua bahan (kecuali jeruk limo/ asam sundai, daun jeruk & minya goreng) Panaskan minyak goreng bersm daun jeruk secukupnya, lalu tuang ke tempat cabe yg telah di uleg, aduk rata, tambahkan air jeruk limo/ asam sundai. Sajikan 👌 Note: Jika suka silahkan tmbhkn terasi/ gula merah, kaldu bubuk, tp ini selera wong minang doyan nya begini aja resepnya 😁 Daun jeruk diuleg sekalian bersm cabe jg boleh ya moms..suka" aja, kdg mak jg suka diuleg sekalian sm cabe.

Resep Tenggiri Goreng Saus Asam Gurih Enak, Sederhana dan Praktis

Image
Tenggiri Goreng Saus Asam Gurih By @lusiaa_vv (IG) Bahan: 400 gram ikan tenggiri 1 sendok teh asam jawa + 150 ml air (remas" buang ampas) 1 sendok mkn FiberCreme 3 sendok mkn kecap manis 3 butir bawang merah(iris kasar) 8 cabe rawit (iris") Secukupnya: Garam, lada dan gula. Cara Masak: Cuci bersih ikan diair mengalir lalu marinated 30 mnt dengan dikit garam dan lada. Setelah 30 mnt goreng ikan sampai matang. Sisihkan Didihkan air asam lalu masukan FiberCreme dan kecap manis. Masak sampai mengental baru masukan ikan goreng tadi, potongan bawang merah dan cabe rawit. Bumbui dikit garam dan gula aduk rata.tes rasanya bila sudah pas manis asam gurihhh dan pedasnya. Angkat sajikan!!! SELAMAT MENCOBA!⁣⁣

Resep Sambal Beberok Khas Lombok Lezat Mudah, Wajib Coba Nih Bund

Image
SAMBAL BEBEROK KHAS LOMBOK Oleh @tiaskaryaps (IG) Bahan: 6 bh terong hijau bulat 3 bh timun 6 bh kacang panjang 10 bh bawang merah 1 bh jeruk limau Minyak wijen secukupnya Sambal / bumbu halus: 15 bh cabe rawit 2 bh tomat 1/2 sdt terasi, dibakar Gula & garam secukupnya Cara: Potong2 semua bahan, terong, timun, kacang panjang dan bawang merah.. 2. Campurkan semua bahan terong, kacang panjang, timun dan baqang merah Tambahkan dengan sambal Beri sedikit minyak wijen Aduk2 rata, kemudian beri perasan jeruk limau Siap disajikan dengan lauk pauk dan nasi hangat .

Resep Ongol-ongol Ubi Kayu Mudah Inspirasi Cemilan untuk Di Rumah Aja

Image
ONGOL-ONGOL UBI KAYU☘🍠 By @nglaisui (IG) =========================== Bahan: 700 gr ubi kayu (singkong) yg sdh di parut halus. 200 gr gula pasir. 250 ml air santan dari 1/2btr kelapa parut. 25 gr tepung kanji/tapioka. 1 bks agar-agar bubuk. 1/2 sdt vanili bubuk. 1 sdt garam. BAHAN UTK BALURANNYA: 1bh kelapa setengah tua,di parut kasar, pakai parutan keju, setelah di parut, lalu di kukus selama 10 menit. (spy kelapa tahan dan tdk cepat basi), setelah di kukus, taburi dgn sedikit garam, lalu di aduk2..sampai tercampur rata, lalu sisihkan..... 🍠☘ Cara Membuatnya: ===================== Campur semua bahan,lalu di aduk sampai tercampur rata,lalu di bagi rata menjadi 2 bagian, satu bagian tambahkan 5 tetes pewarna makanan cair warna hijau muda,dan satu bagian lagi tambahkan 5 tetes pewarna cair warna merah muda. Siapkan 2bh loyang uk:10 x 21cm (loyang brownies), olesi dgn minyak seluruh bagian loyangnya, lalu tuang adonannya ke masing2 loyang, lalu di kukus selama 30 menit, pada kukusan yg t

Resep Bola Ubi Coklat Lumer Mudah Enak Bisa untuk Jualan

Image
Bola Ubi Coklat Lumer by @bosenkurus.id (IG) Bahan: 1,2 kg ubi kuning 200 gr coklat batang 8 sdm tepung terigu 50 gr susu bubuk 2 sdm krimer kental manis 40 gr gula pasir (sesuai selera) 100 gr tepung panir, utk lapisan Cara Membuatnya: Kukus ubi hingga matang, angkat dan haluskan ubi, kemudian dinginkan. Campur dalam wadah tepung terigu, susu bubuk, gula pasir dan krimer kental manis, aduk rata. Ambil adonan, pipihkan lalu isi dgn coklat batang, bulatkan dan baluri dgn tepung panir.  Lalukan sampai habis. Goreng bola ubi dgn api sedang hingga berubah warna menjadi keemasan, angkat dan sajikan hangat-hangat.

Resep Bandeng Presto Bikin Mudah Makannya Bund

Image
Ikan bandeng sebenarnya guriih di goreng gitu aja tapi kalo ndak di presto susah makannya ya harus mbeteti duri halusnya, rawan kleleken😅😅 Ini salah satu penghuni freezer selain lauk ungkep2an BANDENG PRESTO by @lestarisahidin Bahan : 1,5 kg bandeng, buang isi perutnya, cuci bersih dan kucuri dengan jeruk nipis Bumbu Halus : Kunyit 30 gr Jahe 30 gr Bawang putih 1 bungkul, 9 siung Ketumbar sangrai 1 sdm Garam 1 sdm Kaldu jamur 1 sdt Bumbu Cemplung : Sere 5 barang, ambil putihnya geprek Daun salam 10 lembar Daun jeruk 10 lembar Cara Membuat : Siapkan panci presto, tambahkan air secukupnya, jangan sampai melebihi sarangannya presto Tata daun salam, daun jeruk dan sere di atas sarangan presto, untuk bumbu cemplung bisa di taruh diatas bandeng ya, sesuaikan selera! Tambahan bumbu halus dengan sedikit air, lumuri bandeng dengan bumbu sampai rata Susun bandeng yang sudah dibumbui di presto Masak dengan api besar, setelah berdesis kecilkan api masak kira2 45 menit  Tunggu sampai presto dingi

Resep Oseng Soun Enak Sederhana

Image
Oseng Soun⁣⁣ By : @byviszaj⁣⁣ (IG) Bahan : ⁣⁣ 2 bungkus mie soun⁣⁣ 1 sdm saos tiram⁣⁣ Kecap manis secukupnya⁣⁣ Garam⁣⁣ Gula⁣⁣ ⁣⁣ Bumbu :⁣⁣ 8 bawang merah, iris"⁣⁣ 4 bawang putih, iris"⁣⁣ 3 cabe merah, iris"⁣⁣ 15 cabe hijau, iris"⁣⁣ Sejempol lengkuas, geprek⁣⁣ 1 Sereh, geprek⁣⁣ 2 daun salam⁣⁣ ⁣⁣ Caranya :⁣⁣ Rendam mie soun pada air biasa sampai lunak, tiriskan⁣⁣ Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan semua sisa bahan bumbu, tumis sampai matang⁣⁣ Masukkan saos tiram, sedikit air dan kecap manis, gula , garam, cek rasa. Tambahkan soun aduk rata sampai matang dan bumbu meresap⁣⁣

Resep Sambal Pecak Mudah Anti-Gagal

Image
SAMBAL PECAK By: @resepyayay (IG) Bahan : 🌶 4 biji cabe ijo 🌶6 biji cabe rawit merah 🌶5 biji bawang merah 🌶2 biji bawang putih 🌶1 biji tomat, potong dadu 🌶 gula, garam, penyedap rasa Cara Membuat : 1Ulek cabe ijo cabe rawit ,gula garam ,penyedap rasa ,(jangan terlalu halus) menyusul bawang putih. Iris bawang merah ,lalu tumis sebentar ,masukkan tomat, aduk rata lalu masukkan cabe yg sudah di ulek, aduk sebentar,matikan api. Sajikan !!!

Resep Skotel Tahu Mudah Kreasikan Masakan Tahu yang Enak

Image
*SKOTEL_TAHU⁣ By @echi_raffani2016 (IG) Bahan-bahannya : 5 buah Tahu kuning⁣ Wortel*diparut⁣ Daun bawang*diiris⁣ 2 bh Telur Ayam⁣ 4 bh Bawang merah⁣ 4 bh Cabe merah *boleh.gak.pake.juga⁣ 3 bh Bawang putih⁣ Garam halus⁣ Kaldu bubuk ayam⁣ Langkahnya⁣ : Hancurkan Tahu lalu masukkan wortel, daun bawang dan bumbu yg telah diHaluskan *bawang dan cabe terlebih dahulu.  Masukkan telur lalu beri garam dan kaldunya. lalu di Kukus menggunakan cetakan*gak perlu oles minyak. Selama 30 menit. Angkat! Bisa disajikan langsung ataupun digoreng lagi😉⁣ Skotel tahu Siaap Disajikan Moms😊⁣ *Bisa jadi 15 buah

Resep Agar-agar Kering Praktis dan Mudah, Jadikan Pilihan Jajanan Nikmat Bagi SI Kecil

Image
Resep Agar-agar Kering Bahan : 1 bungkus (7 gr) agar2 swallow 1 sdt (5 gr) nutrijell plain/tawar 200 gr gula pasir 300 ml air Sesuai selera Essence buah2an Sesuai selera Pewarna makanan Langkah: Aduk rata agar2, jeli bubuk dan gula pasir. Sisihkan Didihkan air, masukkan campuran agar2. Aduk hingga mendidih kembali. Bagi adonan jd bbrp warna, beri essence jika suka. Tuang adonan ke dalam loyang atau cetakan lain. biarkan mengeras Potong2 atau lepaskan dari cetakan. Jemur selama 3-5 hari hingga mengering dan muncul lapisan gula putih di permukaannya. Simpan dalam toples dan sajikan. Bila tak mau pakai metode jemur, manisan bisa dikeringkan di depan kipas angin (blm coba kl oven apakah bs keluar lapisan putih).

Resep Pisang Goreng Pasit Mudah dan Kriuk. Cocok Banget Buat Jualan Takjil Nihh

Image
Assalamu’alaikum... PISANG GORENG PASIR By. @susie.agung (IG) Bahan: 8 buah pisang kepok matang Minyak untuk menggoreng Adonan basah: 7 sdm terigu 3 sdm tepung beras 1 sdm gula pasir 1-2 sdt garam 1/4 sdt vanila Secukupnya air, (sampai kekentalan yang diinginkan) Pelapis: Secukupnya tepung panir Cara Membuat: Kupas pisang lalu belah 2 (boleh bentuk kilas kalau suka) Campur semua bahan pencelup, tuangi air sedikit2 sampai kekentalan yang diinginkan. Masukkan pisang dalam adonan pencelup, gulingkan keatas tepung panir sampai rata, goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai matang kekuningan, angkat, tiriskan, sajikan hangat.

Resep Dadar Gulung Pisang Coklat, Buat Jajanan Sehat untuk Ide Jualan Di Kantin Nihh

Image
DADAR GULUNG PISANG COKLAT (Jajanan favorit semua orang rumah) @nisa_bakhtiar (IG) Bahan Kulit : 250 gr tepung terigu (segitiga) 2 butir telur 2 sdm gula pasir 2/3 sdt garam Pasta coklat (sampai warna yg diinginkan) 550 ml air 30 ml minyak sayur Bahan Vla : 50 gr DCC 70 gr SKM coklat 1 sdm gula pasir (sesuai selera) 200 ml air 1 sdm terigu (larutkan dg sedikit air) Bahan Lain : 10 buah pisang matang (raja, pipit, kepok, tanduk) Garnis suka-suka Cara : Untuk vla, aduk semua bahan kecuali terigu, rebus sampai mendidih pake api sedang, masukkan larutan terigu, masak sampai mengental, matikan api, angkat, sisihkan. Untuk kulit, campur semua bahan, aduk menggunakan whisk sampai rata, saring. Diamkan 15 menit. Potong pisang menjadi 2 bagian (kurleb 5cm) apabila kepanjangan boleh potong sedikit ujungnya. Lalu goreng/kukus sebentar. Sisihkan. Dadar kulit coklat dg cara menuang 1 sendok sayur ke dalam teflon/wajan anti lengket. Pake api kecil, jangan dibalik, tunggu sampai agak kering pinggirny

Resep Singkong Fantasi Gampang Bikinnya, Ketagihan Makannya

Image
Singkong Fantasi by: @jarohaguswinarni ⁣ (IG) Bahan:⁣ 1 kg singkong⁣ 200 gr gula pasir⁣ 100 gr tapioka⁣ 1 bks agar2 plain⁣ Vanili dan garam⁣ 200 gr kelapa parut⁣ 2 lbr daun pandan⁣ Pewarna makan⁣ ⁣ Cara:⁣ Kukus kelapa parut dg daun pandan selama 20 menit, angkat, sisihkan.⁣ Kupas singkongnya, cuci bersih, parut, peras dg kain bersih, tampung airnya, diamkan sampai mengendap.  Buang airnya, ambil endapannya campurkn dg parutan singkong td. Tambahkan bahan yg lain kecuali pewarna dan kelapa. Aduk rata.  Bagi adonan mjd 3, masing2 beri warna, aduk rata.  Siapkan loyang (sy pakai loyang 3 sekat), alasi dg plastik/daun pisang, oles dg minyak.  Tuang adonan, ratakan, kukus sampai matang, kurang lebih selama 30 menit. Angkat dinginkan, keluarkan dari loyang, potong2, baluri dg kelapa parut.  Tata di piring saji, siap disajikan.⁣

Resep Kue Talam Ubi Ungu Mudah dan Bahannya Mudah Dicari!!!

Image
Bikin kue talam ini mudah banget loh, bahannya pun mudah dicari. Oia bahan yang untuk lapisan ungunya resep aslinya dari santan, tapi ku ganti pakai susu cair. Jadi cuma bahan lapisan putih aja yang aku pakaiin santan. Rasanya tetap enak.. Cuss resepnya ❤️ Kue Talam Ubi Ungu By @susan_gracia (IG) BAHAN A : 200 gr ubi ungu, di rebus, haluskan. 200 ml susu Cair 70 gr tepung tapioka/sagu 30 gr tepung beras 3 sdm munjung gula halus 1/2 sdt garam BAHAN B : 170 gr santan kental 30 gr tepung beras 15 gr tepung tepung tapioka/sagu 3/4 sdt garam Caranya : Dalam 1 wadah campurkan smua bahan A aduk2 sampai rata. Dan diwadah yang lain campurkan semua bahan B aduk rata sampai halus (tidak bergerindil) Panaskan kukusan dan Olesi cetakan dengan minyak goreng tipis aja. Tuang adonan A ke dalam cetakan, setinggi 3/4 cetakan. Kukus -/+10 menit. Setelah itu tuang adonan B (adonan putih/santan) sampai penuh. Kukus lagi -/+15 menit/hingga matang. Angkat dan dinginkan baru keluarkan dari cetakan.

Resep Ikan Patin Acar Kuning Enak dan Sederhana

Image
IKAN PATIN ACAR KUNING By @deviirwantari (IG) Bahan : 1 ekor ikan patin 1 buah wortel potong korek api 1 buah timun buang tengahnya, potong korek api 4 buah tomat hijau kecil potong bulat 1 buah air jeruk nipis Air secukupnya Bumbu Cemplung : 2 batang serai, ambil putihnya. Memarkan 5 lembar daun jeruk buang tulangnya 2 daun salam 2 cm lengkuas memarkan Secukupnya garam dan lada bubuk 1/2 sdt kaldu jamur 1-2 gula sachet untuk diabetes Bumbu Halus : 8 bawang merah 3 bawang putih 2 ruas kunyit 1 ruas jahe 5 butir kemiri Cara Membuat : Cuci bersih ikan, buang ingsang dan kotorannya. Lalu potong jadi 4 bagian. Kucurin air jeruk nipis diamkan selama 10 menit! Panaskan dandang atau kukusan masak sampau air mendidih! Dalam wadah pinggan tahan panas, letakkan ikan, masukkan bumbu halus, bumbu cemplung, timun, wortel, tomat dan air. Aduk sampai semua tercampur rata! Kukus hingga ikan matang. (15 sampai 20 menit)!

Resep Lumpia Udang (LaMpa) Enak dan Bisa Buat Pengganti Nasi Nihh

Image
LaMpa Udang Khas Medan ================================ Bahan: 500gr Beras ketan,cuci bersih dan rendam selama 30 menit aja (kelamaan hasilnya ngak kenyal😙) 500 ml santan dari 1/2 bh kelapa. 1 sdm gula pasir 1/2 sdt garam 5 lbr daun pandan Cara Membuat: Beras ketan+santan+garam+gula+daun pandan di masak sampai mendidih dan santan mengering, (jgn sampai kering kali ya...cukup hanya kering aja) Lalu pindahkan ke dlm kukusan...dan di kukus sampai matang..sambil sesekali di aduk-aduk supaya matangnya merata. Setelah matang ketannya...ambil 1sdm/secukupnya (ukuran bsr/kcl sesuai selera😋)  Lalu kedua tangan pakai sarung plastik...ambil 1sdm ketan lalu remas"supaya padat..baru pipihkan dan isi dgn bahan isian secukupnya...lalu tutup rapat sambil di kepal"supaya padat..baru di bungkus daun..(seperti bks lontong/sesuai selera). Lakukan hal yg sama sampai adonan ketan habis. Setelah semua selesai di bungkus..lalu di panggang di atas pan yg telah di olesi dgn minyak. Panggang sampai d

Resep Tom Yum Soup Buat Sendiri di Rumah Buat Masakan Terasa Tambah Nikmat

Image
TOM YUM SOUP By @dapoer_mabelle (IG) Bahan: 250 gr jamur merang 150 gr cumi2 segar 100 gr bakso ikan 250 gr udang (kupas & sisakan buntutnya) Kulit dan kepala udang jgn dibuang (digunakan untuk membuat kaldu udang) 2 liter kaldu udang 7 lbr daun jeruk 3 batang serai bag putihnya (memarkan) 10 irisan laos 5 bh cabe rawit merah, potong2 Perasan air jeruk nipis (me : 15 bh jeruk nipis) 3 sdm kecap ikan Garam, gula, kaldu jamur secukupnya 1/2 cup Susu evaporated (me: carnation) Bumbu yg dihaluskan: 1 sdt ebi 3 siung bawang putih 6 butir bawang merah 5 bh cabe merah besar 10 bh cabe rawit merah Minyak untuk menumis Cara: Buat kaldu udang : masukkan kulit & kepala udang ke dlm panci. Nyalakan kompor, oseng2 kulit & kepala udang sampai wangi & agak kering lalu masukkan 2 liter air. Masak kulit & kepala udang kurang lebih 10 menit dg api sedang.  Matikan api lalu saring kepala udang & kulit udang nya. Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan bumbu yg sdh ditumis ke

Resep Ayam Saus Padang Hidangan Istimewa untuk Menu Bersantap

Image
AYAM SAUS PADANG by @mrs.nrl_setiawan (IG) Bahan: 4 potong paha ayam 1 buah bawang bombay iris panjang 1 ruas jari jahe geprek 2 lembar daun jeruk iris halus 4 sdm saus tomat 3 sdm saus bangkok Gula, garam, kaldu & merica bubuk secukupnya Air secukupnya Minyak goreng secukupnya Bumbu ungkep (dihaluskan) : 2 siung bwg putih 2 sdt ketumbar bubuk Sedikit air Bumbu halus: 4 siung bawang merah 2 siung bawang putih 5 buah cabe merah kriting Cara Membuat : Cuci bersih ayam lalu ungkep Panaskan minyak goreng yg byk,goreng ayam hingga matang,angkat dan tiriskan Tumis bumbu halus hingga harum,masukan jahe dan daun jeruk, tumis hingga bumbu matang, masukan saus tomat, saus bangkok, garam, merica, kaldu bubuk, aduk rata! Masukan bawang bombay & daun bawang, aduk rata hingga layu, beri air secukupnya,koreksi rasanya Jika rasa sudah pas masukan ayam, aduk rata dgn saus, angkat dan sajikan!!!

Resep Kulit Martabak Elastis dan Gak Mudah Robek, Tipis2 Garing Bund

Image
Kulit Martabak By. @janicaturini (IG) Source: @devhathaya (IG) Bahan : 3 sdm tepung terigu 1 sdm tepung kanji 1 sdm minyak sayur Sejumput garam Air secukupnya Caranya: Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, kanji, garam, 1 sdm minyak kemudian tuang air sedikit demi sedikit, uleni adonan sampai kalis kemudian bagi 2 Bentuk bulat kemudian rendam dgn minyak sayur ±30menit dan siap digunakan. Isi Martabak: 2 butir telur bebek 100 gr daging ayam cincang 2 batang daun bawang iris tipis 1/2 buah bwg bombai cincang 2 siung bwg putih cincang 1 sdm serbuk kari 1 sdt merica bubuk Garam/ royco secukupnya Gula jika suka Caranya: Tumis baput, bamer & bombai sampai harum, masukkan ayam, royco dan serbuk kari, masak sampai berubah warna, kemudian angkat dan dinginkan. Campur isi martabak dgn telor bebek dan irisan daun bawang, aduk rata. Siapkan adonan kulit, pipihkan di teflon, nyalakan api, tuang isi martabak kemudian lipat spt amplop, goreng hingga mateng.

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Enak Sederhana Aroma Menggoda

Image
🍃Ayam Bakar Bumbu Rujak🍃 By @yrfudie2 (IG) Bahan : 1 ekor ayam utuh (negri/kampung bebaas) 1,5-2 ltr Air untuk merebus 130ml santan kental 3 lbr daun salam 5 lbr daun jeruk 1 ruas sereh 1 ruas lengkuas Gula, garam, penyedap (menyesuaikan) Bumbu halus: 10 buah bawang merah 7 buah bawang putih 15 buah cabai merah besar 6 buah cabai rawit merah 1 ruas kunyit 1 ruas jahe 10 buah kemiri 1 sdt merica Sejumput jinten (boleh skip) Cara buat: Tumis bumbu hingga harum,masukan air tunggu mendidih Masukan daun salam,jeruk,sereh,lengkuas,gula,garam,penyedap Masukan ayam utuh lalu ungkep hingga setengah matang,setelah itu tuang santan dan masak hingga air menyusut dan ayam benar2 empuk Bakar ayam dg wajan/pan serbaguna sambil dioles2 dg sisa bumbu Ayam bakar bumbu rujak siap disajikan .

Resep Suwir Tongkol Pedas Penggugah Selera Makan

Image
Suwir Tongkol Pedas by @retno_anggrain (IG) Bahan: 1/4 kg ikan tongkol 2 papan pete 1 tangkai daun bawang, iris 3 buah cabe hijau keriting, iris serong 1 buah cabe merah keriting, iris serong 3 lembar daun salam 2 iris lengkuas 2 batang sereh, geprek, potong 2 Garam secukupnya Air secukupnya Bumbu Halus: 5 siung bawang merah 2 siung bawang putih 2 buah cabe merah keriting 5 buah cabe rawit Cara Membuat: Potong2 ikan tongkol sesuai selera, goreng hingga matang, kemudian disuwir2 Tumis bumbu halus, hingga harum Masukkan pete, cabe hijau, cabe merah, daun bawang, daun salam, lengkuas, sereh, aduk Tambahkan sedikit air, biarkan hingga kuah menyusut Masukkan ikan tongkol, aduk2 sebentar sampai bumbu meresap, angkat

Resep Ikan Asin Asam Manis Enak dan Sederhana Buat Si Papa Ga Bisa Keluar Rumah

Image
🐟Ikan Asin Asam Manis🐟 By: @nafisa_shidqia (IG) Bahan: 150 g ikan asin haruan (gabus) 2 sdm air asam jawa 1 papan pete Gula merah secukupnya Secukupnya garam (karna ikan sudah asin) Secukupnya penyedap Bumbu iris: 5 cabe rawit, biarkan utuh 3 cabe besar, iris serong 1 tomat, iris Bumbu halus: 5 butir bawang merah 3 butir bawang putih 20 cabe rawit 1/2 terasi Cara Memasak: Potong kecil ikan asin, cuci bersih, goreng sampai matang, sisihkan. Tumis bumbu halus sampai harum, masukan air asam jawa, gulamerah, garam, penyedap dan sedikit air, didihkan. Masukan ikan asin, aduk-aduk ratakan bumbu. Terakhir masukan pete, potongan tomat dan irisan cabe. Aduk-aduk sebentar, icip rasa, angkat. Sajikan Ps: Ikan asin sesuai selera (sepat, biawan, tenggiri dll)

Resep Tahu Goreng Cabe Masak Kecap Praktis dan Lezat

Image
Tahu Goreng Cabe Masak Kecap By @yanesthi (IG) Dapet resep tahu yang enak dari ibukku dan super gampang bikinnya. Enak banget nih dimakan sama nasi anget aja, mana pedes nampol. Tadi aku makan sama sayur lodeh. Beeeuuhh mantaap. Buat yang mau, ini resepnya yaa : Tahu putih 1 bks, dipotong 4 bagian. Aku pake tahu ini spy pas digoreng dia bisa kopong dan kering. Siram tahu dengan air garam. Diamkan sebentar lalu goreng pakai minyak yg banyak dan panas. Apinya besar ya spy tahunya kering. Sisihkan. Iris2 tipis bawang merah, bwg putih dan cabe rawit yang banyak. Utk bamer dan baputnya aku cacah lagi setelah diiris tipis. Panaskan sekitar 5 sdm minyak goreng, tumis bamer, baput dan cabe sampai matang lalu tuang kecap manis. Karena saya penyuka kecap, tadi kecap yg aku tuang banyak hehehe. Setelah itu masukkan tahu gorengnya. Aduk2 sampai semua tahu tersalut kecap. Kasi garamnya dikiiit aja ya krn udah ada rasa asin dari tahunya.

Resep Orek Tahu Tauco, Buat Kreasi Masakan Tahu Yuk Bund!!!

Image
Orek Tahu Tauco by endeus.tv Bahannya: * Tahu : 3 pcs tahu (potong dadu kecil) Garam secukupnya Tepung terigu secukupnya * Bahan lain: 2 sdm minyak sayur 3 siung bawang-merah (iris tipis) 3 siung bawang-putih (cincang halus) 1 batang kecil sereh 1 cm lengkuas (memarkan) 2 pcs cabe rawit hijau (potong kecil & buang biji) 2 pcs cabe rawit merah (potong kecil & buang biji) 5 sdm bumbu tauco 3 sdm kecap-manis ½ sdt garam ½ sdt lada hitam ¾ cup air Langkah-Langkah : Balurkan garam & lada ke potongan tahu Balurkan tahu ke tepung terigu kemudian goreng dengan 4 sdm minyak hingga coklat keemasan Panaskan 2 sdm minyak di wajan, lalu tumis bawang merah, bawang putih, sereh dan engkuas hingga harum Tambahkan cabe rawit, bumbu tauco, aduk hingga merata Masukkan tahu, tambahkan kecap manis, garam, gula, lada hitam dan air, masak hingga air berkurang Sajikan!!!

Resep Ayam Bumbu Rujak Kuah Pedas Praktis Bikin Mata Melek

Image
Ayam Bumbu Rujak Kuah by resepkoki.id (web) Bahan :  Ayam, potong sesuai selera lalu cuci bersih - 1/2 ekor Daun jeruk - 2 lembar Daun salam - 2 lembar Serai, memarkan - 1 batang Air asam jawa - 1 sdm Garam - 1/2 sdt Gula pasir - 1 sdm Gula merah, sisir - 1 sdm Minyak goreng untuk menumis - 3 sdm BUMBU HALUS: Cabe merah besar - 3 buah Cabe keriting - 2 buah Bawang merah - 5 butir Bawang putih - 4 siung Jahe - 1/2 ruas Kemiri, sangrai - 4 butir Langkah : Siapkan wadah, masukkan potongan ayam bersih, air asam jawa dan garam secukupnya. Aduk rata. Biarkan sesaat hingga meresap. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun jeruk, daun salam, dan serai. Aduk rata. Masukkan potongan ayam dan santan. Aduk perlahan dan jaga jangan sampai santan pecah. Tambahkan gula pasir, gula merah dan garam. Aduk rata. Koreksi rasanya. Masak hingga bumbu mendidih dan ayam matang. Siap disajikan. Tips: Haluskan bumbu dengan cara diuleg karena rasanya akan jauh lebih enak.

Resep ES CAMPUR biji Selasih, Mantap Segerrr

Image
Es Campur by @luis_widarto (ig) Bahan-bahan : 1 buah kelapa muda, kerok buahnya 8 butir buah nangka, potong2 1 buah alpukat ukuran besar, potong2 1 sdm biji telasih, rendam dengan air 500 ml air kelapa muda es batu secukupnya Bahan Kuah Putih : 3 sdm @fibercreme 300 ml air panas 1/2 sdt garam gula sesuai selera Cara Membuat : Campur bahan kuah putih jadi satu, aduk sampai gula larut, dinginkan. Dalam wadah campur semua bahan dengan kuah putih, aduk rata, cicipi manisnya. Tuang dalam gelas es, sajikan. Selamat mencoba

Resep Gurame Asam Manis, Buat Sendiri Lebih Aman

Image
Gurame asam manis By gadis fitri afiana @gadis785 (ig) Bahan-bahan: 2 ekor Gurame (berat total 1kg), bersihkan, fillet 1 buah jeruk nipis 150-200 gram tepung bumbu instan 1/2 buah bawang bombay, iris 3 siung bawang putih, geprek, cincang halus 1 buah wortel, potong lidi 1/4 nanas ukuran kecil, potong dadu 1 batang daun bawang,iris besar serong 2 buah cabe keriting,iris sering 1/2 sdt jahe bubuk 3/4 sdt garam 2 sdm gula pasir 6 sdm saus tomat 1/2 sdt minyak wijen 1/2 sdt kecap Inggris 250 ml air 1 sdm maizena dilarutkan dengan 1 sdm air 3 sdm minyak untuk menumis secukupnya minyak untuk menggoreng ikan Cara membuat: setelah gurame dibersihkan, potong dadu fdaging filletnya,beri perasan jeruk nipis, diamkan sebentar. balur potongan fillet dan sisa utuh ikan dengan tepung bumbu instan secukupnya. goreng dengan minyak secukupnya secara bertahap sampai coklat/matang, sisihkan.  panaskan minyak, masukkan bawang putih dan bawang bombay,tumis sampai agak harum, tambahkan saus tomat, garam, gul

Resep Urab Sayuran, Mantap Bikin Nostalgia Masakan Ibu

Image
URAB SAYURAN By @retno_anggrain (ig) Bahan-bahan: 1 ikat kangkung 1 ons tauge 1 ons kacang panjang 1 ons kelapa parut 3 buah cabai merah 3 siung bawang putih 6 siung bawang merah 3 ruas kencur (yg kecil) gula garam secukupnya minyak utk menggoreng secukupnya air utk merebus sayuran secukupnya Cara Membuat: Cuci bersih semua sayuran, potong2 sesuai selera Rebus semua sayuran sampai matang Bumbu: cabe merah, bawang putih, bawang merah, kencur di ulek Tumis bumbu sampai harum Masukan kelapa parut, sangrai hingga matang Masukan sayuran yg sudah direbus, tambahkan gula dan garam, masak hingga matang urab siap dihidangkan Selamat mencoba

Resep Bakwan Kuah Khas Bangka, Seger Menggoda

Image
BAKWAN KUAH KHAS BANGKA Ala : @yulichia88 (ig) 🌹 Siang teman2 semua😍 Hari ini ngemilnya bakwan kuah aja, crt nya kemarin bikin pempek lenjer, masih ada sisa beberapa batang lenjer, tp kehabisan cocolan, jd hari ini mamak Yuli bikin kuah bakwan aja, tinggal cemplung2, makan anget2 pedes asem manis bikin nagih 😍 Met maksi ya teman2 semua, selalu semangat dan jaga kesehatan yaaaa🙏 Bahan-bahan: Pempek lenjer ato pempek bulat secukupnya sesuai selera 1 liter air bersih Bumbu halus: 4 siung bawang merah 4 siung bawang putih Secukupnya: lada bubuk, garam, gula pasir ( boleh masukkan penyedap rasa, jika teman2 yg biasa masak mengunakan penyedap ya) Pelengkap: Seledri iris kecil2 Timun iris kecil2 Bawang goreng Kecap manis bagi yg suka kuahnya item (klo aku suka kuahnya item😂 Sambal cabe Jeruk kunci Cara membuat: Dalam panci rebus air hingga mendidih, lalu masukkan pempek Panaskan wajan tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan ke dalam panci air rebusan yg sdh direbus bersama pempek t

Resep Kue Lapis, Buatnya Mudah Rasanya Enak

Image
Kue lapis ku😍 By. @merilimatmaja (ig) Bahan-bahan: 1250ml santan cair(dr 1butir kelapa) 350gr gula pasir 230gr tepung sagu cap tani 150gr tepung terigu Garam sejumput Endapan jus pandan/pasta pandan, mocha pandan seckpnya Vanila bubuk/cair 1sdt Cara membuat: Campur semua bahan( kecuali vanila,pasta pandan dan mocha) aduk smp gula nya cair,lalu saring bagi 3 adonan nya, lalu masing2 beri pasta pandan,mocha dan yg putih diberi vanila...aduk rata sisihkan panaskan kukusan,olesi loyang/cetakan dgn minyak(spy kue tdk lengket) kukus adonan perlapis dan wrn nya selang seling, setiap lapis kukus selama 5mnt...lakukan smp hbs. Setlh lapisan terakhir mateng, kukus lagi kue nya selama 10mnt angkat kue dr kukusan, biarkan dingin diloyang. Setlh dingin br dikeluarkan kuenya, lalu potong kue dgn pisau plastik yg sdh diolesi minyak. Gampang bngt kan😁, met mencoba. . Selamat Mencoba

Resep SOP SENGKEL KEMBANG, Mantap Makyuss Tenan

Image
SOP SENGKEL KEMBANG by: @eunice_euston⁣ (ig) ⁣ Bahan :⁣ 500 gr sengkel, bersihkan potong2⁣ Air matang secukupnya⁣ Daun bawang , potong2 kecil ( utk tanuran sop)⁣ ⁣ Bumbu :⁣ 2 siung bawang putih, geprek⁣ 2 sdm bawang putih goreng⁣ Secukupnya Daun bawang, potong2 5cm⁣ Secukupnya Seledri, potong2 5cm⁣ Air matang secukupnya⁣ Secukupnya :Garam, Penyedap jamur, Lada bubuk ⁣ Cara memasak:⁣ Didihkan air secukupnya , masukkan sengkel.. aduk rata..masak sebentar.. lalu buang air rebusan pertama.. tiriskan dagingnya.⁣ Masukkan air lagi dipanci.. tunggu mendidih masukan sengkel sapi dan semua bumbu. Masak sampai sengkel empuk, sajikan dgn taburan daun bawang diatasnya.⁣ Selamat mencoba

Resep Es Campur Puding Lumut Seger Menggoda Tenggorokan

Image
Resep es campur puding lumut dari @banususanto (ig) Selamat mencoba gaes 😊 ES CAMPUR PUDING LUMUT Bahan puding lumut : 1 bungkus agar-agar putih (7 gr) 120 gr gula pasir 100 cc santan kental instan 450 cc jus pandan (7 lbr pandan wangi diblender dengan 450 cc air, saring) 1 butir telur kocok lepas hingga rata sedikit garam 1/2 sdt ekstrak vanilla Bahan es campur lainnya : 1 cup manisan kolang-kaling (resep di bananosmanisankolang-kaling) 1 cup kelapa muda dikerok 1 cup alpukat mentega potong dadu 1 sdm selasih, rendam air panas, saring 200 cc sirup cocopandan 400 cc susu cair full cream 200 cc air kelapa Es batu secukupnya Cara membuat : Didihkan semua bahan puding lumut sambil diaduk cepat dengan whisk sehingga terbentuk butiran lumut kecil. Tunggu larutan puding sampai suam-suam kuku, lalu aduk-aduk agar lumutnya tersebar merata. Tuang ke dalam loyang, dinginkan hingga keras. Keluarkan puding dari loyang, potong-potong Penyajian: sajikan potongan puding lumut bersama bahan es campur